Comscore Tracker

7 Sup Lezat asal Vietnam, Pilihan Terbaik untuk Menghangatkan Badan

Duh, perut mendadak keroncongan nih!

Apa kuliner khas Vietnam yang kamu ketahui? Mungkin, sebagian orang akan menjawab spring rolls, banh mi, atau Vietnamese iced coffee. Vietnam juga menyediakan ragam olahan sup yang bisa dinikmati untuk menghangatkan tubuh.

Mau tahu, sup apa yang paling terkenal di Vietnam? Jangan lupa cicipi ketika kamu berkunjung ke sana, ya!

1. Bún mắm

7 Sup Lezat asal Vietnam, Pilihan Terbaik untuk Menghangatkan Badaninstagram.com/wokandkin

Pertama, kamu bisa mencoba bún mắm. Ini adalah hidangan tradisional dari provinsi Soc Trang. Bún mắm terbuat dari mie bihun beras yang dimasak dengan kaldu rasa ikan yang keruh, asin, dan difermentasi.

Lalu, diisi cumi-cumi, udang, kue ikan, perut babi panggang, dan terong. Meski kombinasi bahan yang dicampurkan terasa janggal, bún mắm digemari karena memiliki citarasa yang kaya, tutur laman Taste Atlas.

Tambahan jeruk nipis dan irisan cabai merah akan membuat bún mắm lebih segar!

2. Phở gà

7 Sup Lezat asal Vietnam, Pilihan Terbaik untuk Menghangatkan Badaninstagram.com/little_lao_kitchen

Ingin makan sup yang citarasanya lebih ringan? Coba saja phở gà! Ini adalah varietas pho tradisional yang dibuat dengan ayam. Bagian ayam yang digunakan adalah daging dada putih, lemak, dan kulit.

Agar menarik, daging ayamnya diiris dan ditata dengan rapi. Bahan yang dipakai untuk membuat phở gà adalah mie beras, saus ikan, jahe, bawang merah, bawang putih, dan daun ketumbar.

Lalu, ditambahkan irisan jeruk nipis, cabai rawit, tauge, daun kemangi atau mint, terang laman Taste Atlas.

Baca Juga: 5 Street Food yang Wajib Dicoba di Ho Chi Minh City Vietnam

3. Canh chua cá

7 Sup Lezat asal Vietnam, Pilihan Terbaik untuk Menghangatkan Badaninstagram.com/david_dimples

Sepintas, hidangan ini mirip dengan asem-asem bandeng, ya? Sederhananya, canh chua cá adalah sup ikan yang rasanya perpaduan dari manis, pedas, dan asam. Rasa asam dan segar didapat dari tomat, potongan nanas, tauge, okra, serta sayuran lain, jelas laman Taste Atlas.

Ikan yang digunakan untuk membuat canh chua cá ialah ikan mas, lele, belut, salmon, serta ikan berkepala ular. Agar lebih sedap, sup ini disajikan dengan daun ketumbar, lalu dimakan bersama dengan nasi. Hmmm, lezat!

4. Phở bò

7 Sup Lezat asal Vietnam, Pilihan Terbaik untuk Menghangatkan Badaninstagram.com/rimoco_gewuerzmanufaktur

Kalau tadi ada pho berbasis ayam, kini beranjak ke pho berbasis sapi. Kaldu phở bò dibuat dari tulang sapi, leher, betis, dan ekor sapi. Sementara, topping-nya dibuat dari gầu, yaitu daging brisket lemak yang diiris tipis, babat, tendon (gân), hingga bakso sapi (phở bò viên).

Rempah-rempah yang digunakan beragam, mulai dari ketumbar, kayu manis, adas bintang, cengkeh, dan kapulaga. Tak lupa, ditambahkan mie beras, irisan bawang bombay, bawang hijau cincang, daun ketumbar, tauge, hingga irisan jeruk nipis. Tak lengkap bila tanpa saus sriracha dan hoisin.

5. Bún bò huế

7 Sup Lezat asal Vietnam, Pilihan Terbaik untuk Menghangatkan Badaninstagram.com/theblindgoathtx

Bún bò huế dikenal lebih pedas dari sup khas Vietnam lainnya. Banyak orang menyebut rasanya kaya dan kompleks. Biasanya, orang-orang Vietnam mengonsumsi sup ini untuk sarapan. Konon, sup ini berasal dari kota Hue.

Bún bò huế terbuat dari kaldu daging babi dan sapi, mie, pasta udang, jus jeruk nipis, serai, dan rempah-rempah lain. Agar semakin fancy, terkadang ditambahkan irisan brisket atau bola kepiting, ungkap laman Taste Atlas.

6. Bún riêu

7 Sup Lezat asal Vietnam, Pilihan Terbaik untuk Menghangatkan Badaninstagram.com/chef_thuy_pham

Selanjutnya, ada bún riêu, sup mie yang berbasis kepiting. Ada beberapa versi bún riêu, tetapi yang terpopuler adalah bua riêu cua yang memakai tomat. Kaldunya selalu memakai pasta kepiting, tak lupa ditambahkan mie berjenis bihun, ujar laman Taste Atlas.

Untuk topping, ada daging kepiting, babi, tomat, tahu, tauge, sayuran hijau, dan bahkan lobster! Dari segi rasa cenderung manis dan asam, tidak terlalu pedas walau kuahnya berwarna merah membara.

7. Bún ốc

7 Sup Lezat asal Vietnam, Pilihan Terbaik untuk Menghangatkan Badaninstagram.com/yensplate

Baca Juga: 10 Olahan Khas dari Vietnam, Negara Tetangga yang Indah Pesona Alamnya

Mau sup yang lebih unik? Cobalah bún ốc. Sup ini memakai siput air tawar yang disajikan dalam kaldu berbasis tomat. FYI, bún ốc adalah makanan pokok di Hanoi, lho!

Tak lupa, diberi mie soun, tahu goreng, kue ikan, lalu ditaburi dengan cincangan daun bawang, bawang merah goreng, serta daun ketumbar. Sebagian orang suka menambahkan saus cabai dan pasta udang ke dalam bún ốc yang mereka pesan, tutur laman Taste Atlas.

Nah, itulah 7 jenis sup khas Vietnam yang perlu kamu coba. Mana yang bikin air liur menetes nih?

Download aplikasi ide resep Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Nena Zakiah Photo Verified Writer Nena Zakiah

Journalist, photographer and foodies at the same time. Interest in social & gender studies. Catch me up at my Instagram @nenazakiah and @foodgraphy_indonesia.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Diana Hasna
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya