Comscore Tracker

5 Cara untuk Menghilangkan Rasa Pahit pada Brokoli, Terapkan Yuk!

Brokoli bisa diolah menjadi lezat, kok!

Di antara semua jenis sayuran, mungkin hanya sedikit orang yang memfavoritkan brokoli. Beberapa orang menilai bahwa brokoli itu pahit dan tidak cocok di lidah. Padahal, kita bisa menghilangkan rasa pahit pada brokoli dan mengolahnya menjadi masakan yang lezat!

Mau tahu, bagaimana cara mengolah brokoli hingga rasa pahitnya hilang? Temukan jawabannya di bawah ini! Jangan lupa dicoba, ya!

1. Pilih brokoli yang paling segar

5 Cara untuk Menghilangkan Rasa Pahit pada Brokoli, Terapkan Yuk!health24.com

Hal yang pertama harus dilakukan adalah memilih brokoli yang paling segar. Brokoli segar mempunyai citarasa terbaik, terlepas dari bagaimana cara kita mengolah dan menghidangkannya nanti. Pilih brokoli yang paling hijau dan jangan pilih brokoli yang mulai menguning.

Brokoli yang segar memiliki rasa yang ringan dan tekstur yang crunchy saat digigit. Sementara, rasa pahit muncul apabila brokoli terlalu matang (overripe) dan diolah dengan cara yang kurang tepat.

2. Jangan disimpan lebih dari satu minggu di kulkas

5 Cara untuk Menghilangkan Rasa Pahit pada Brokoli, Terapkan Yuk!nypost.com

Idealnya, brokoli lebih baik diolah segera setelah kita membelinya. Apabila tidak sempat, kita bisa menyimpannya di kulkas. Namun, jangan menyimpannya lebih dari satu minggu di kulkas, ya! Mau tahu, apa alasannya?

Menyimpan brokoli di kulkas terlalu lama bisa mengganggu rasa dan kualitas sayuran. Selain menjadi layu dan teksturnya menjadi agak lembek, brokoli yang terlalu lama disimpan akan menjadi lebih pahit. Untuk mendapatkan citarasa terbaik, konsumsi segera setelah dibeli, ya!

3. Kukus brokoli sebentar sebelum diolah

5 Cara untuk Menghilangkan Rasa Pahit pada Brokoli, Terapkan Yuk!simplyrecipes.com

Berencana bikin brokoli cah sapi? Sebelum mulai memasak, disarankan untuk mengukus brokoli terlebih dahulu. Pertama-tama, isi panci pengukus dengan air setinggi satu inci, lalu biarkan air mendidih. Setelahnya, tempatkan brokoli pada keranjang pengukus.

Kukus brokoli sampai empuk, kira-kira sekitar 8-15 menit. Jangan memasak hingga brokoli terlalu empuk dan lembek, karena akan merusak tekstur dan membuatnya lebih pahit. Jaga agar warna brokoli tetap hijau cerah supaya rasa manisnya lebih terasa.

Baca Juga: Agar Bebas Amis, Ini Lho 5 Tips Cerdas Memasak Nasi Goreng Seafood

4. Memanggang brokoli membuat rasanya menjadi lebih manis

5 Cara untuk Menghilangkan Rasa Pahit pada Brokoli, Terapkan Yuk!foodnetwork.com

Dibanding dengan dikukus atau ditumis, tampilan brokoli yang dipanggang akan terlihat kurang cantik. Namun, memanggang brokoli membuat rasanya lebih enak. Saat dipanggang, brokoli akan melepaskan gula alami sehingga rasanya menjadi lebih manis dan mengkaramelisasi brokoli.

Rasa brokoli akan menjadi lebih manis, dengan tekstur yang terjaga dan rasa yang lebih lembut. Cara memanggangnya pun cukup mudah, yakni taruh brokoli yang sudah dipotong lalu oleskan dengan minyak zaitun, garam dan merica. Panggang dengan suhu 218°C selama 15-20 menit sampai warnanya berubah menjadi kecoklatan.

5. Pertimbangkan memasak brokoli dengan teknik blanching

5 Cara untuk Menghilangkan Rasa Pahit pada Brokoli, Terapkan Yuk!avocado-jam.com

Untuk membuat citarasanya menjadi lebih baik, pertimbangkan memasak dengan teknik blanching. Simpelnya, blanching adalah cara memasak sayuran dalam air mendidih selama 1-2 menit. Lalu, tiriskan sayur tersebut dan rendam atau tuang air es untuk menghentikan proses memasak.

Teknik blanching membuat tekstur brokoli jadi lebih lembut dan menghilangkan rasa pahit. Selain itu, brokoli yang dimasak dengan teknik blanching akan memiliki warna hijau segar yang enak dipandang. Tertarik untuk mencoba?

Nah, itulah lima cara mengolah brokoli supaya tidak terasa pahit di lidah. Segera praktekkan di dapur, ya!

Baca Juga: 5 Tips Cerdas Memasak Tumis Ayam agar Sajian Lebih Sedap!

Nena Zakiah Photo Verified Writer Nena Zakiah

Journalist, photographer and foodies at the same time. Interest in social & gender studies. Catch me up at my Instagram @nenazakiah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You