Comscore Tracker

5 Bahan Alami Ini Mampu Mengempukkan Daging Secara Ajaib!

Pakai ya biar dagingnya enggak alot~

Salah satu tantangan dalam memasak daging adalah membuat daging jadi empuk sebab bumbu yang sedap terasa kurang sempurna jika daging alot saat dimakan.

Namun kamu tak perlu khawatir sebab kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk mengempukkan daging. Bahan alami ini juga mudah ditemui dan murah harganya. 

Yuk simak apa saja bahan alami tersebut!

1. Daun pepaya

5 Bahan Alami Ini Mampu Mengempukkan Daging Secara Ajaib!Dok. Pribadi

Sebuah buku karya Ir. Lukas Tersono Adi menyebutkan bahwa daun pepaya selain mengandung vitamin A, B dan C juga mengandung enzim papain. Enzim papain termasuk enzim protease yang dapat mengempukkan daging dengan memutus ikatan peptida yang terdapat pada daging.

Namun, menurut Kun Muliati dan kawan-kawan (2014) dalam Jurnal Veterinaria Medika Universitas Airlangga kekurangan penggunaan daun pepaya adalah  memberikan peningkatan rasa pahit pada daging.

Oleh karena itu cukup memarkan sedikit daun pepaya untuk mengeluarkan enzimnya lalu gunakan untuk membungkus daging selama beberapa menit agar terjadi proses pengempukkan.

2. Nanas

5 Bahan Alami Ini Mampu Mengempukkan Daging Secara Ajaib!4bc.com.au

Nanas disebut mengandung enzim bromelin. Menurut Indri Indrawan salah satu Dosen Ilmu dan Teknologi Pangan Universitas Bakrie dalam laman bakrie.ac.id, nanas mengandung salah satu jenis enzim protease yang dapat memutus ikatan peptida pada daging, enzim tersebut adalah bromelin itu sendiri.

Untuk mengempukkan daging dengan nanas, hancurkan nanas lalu rendam daging ke dalamnya selama beberapa menit.

Baca Juga: Tak Hanya Daging, Ini 5 Bagian Sapi yang Jadi Kuliner Khas Sumbar

3. Jahe

5 Bahan Alami Ini Mampu Mengempukkan Daging Secara Ajaib!ebuy7.com

Jahe juga juga mengandung salah satu enzim protease yaitu zingibain. Cara kerja jahe sama dengan enzim protease lainnya yaitu zingibain dapat mendegradasi protein dan memecah ikatan peptida pada daging sehingga daging mengempuk. 

Kamu bisa merendam daging dalam parutan jahe untuk mengempukkannya.

4. Kiwi

5 Bahan Alami Ini Mampu Mengempukkan Daging Secara Ajaib!pixabay.com/katalina23

Beberapa sumber jurnal menyebutkan bahwa kiwi juga mampu untuk mengempukkan daging. Sebabnya kiwi mengandung actinidain, salah satu enzim protease yang dapat memecah ikatan peptida pada daging.

Untuk mengempukkan daging dengan kiwi, hancurkan kiwi lalu balur ke atas daging selama beberapa menit.

5. Mangga

5 Bahan Alami Ini Mampu Mengempukkan Daging Secara Ajaib!pixabay.com/liwanchun

Serupa dengan kiwi, mangga mengandung actinidain. Seperti sudah dijelaskan, actinidain merupakan enzim protease yang mampu mengempukkan daging. Dan sama seperti dengan menggunakan kiwi, hancurkan mangga lalu balur di atas daging untuk mengempukkannya.

Sekarang sudah paham kan bahan-bahan apa saja yang berfungsi untuk membuat daging jadi empuk? Semoga tips di atas berguna bagi kamu yang doyan mengolah daging.

Baca Juga: 9 Tips Mengenali Daging Ayam yang Sudah Busuk, Jangan Dimakan! 

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya