Comscore Tracker

Resep Camilan ala Banjar, Lempeng Daun Bawang

Mirip banget sama pajeon asal Korea

Lagi mau bikin camilan dengan bahan seadanya dikulkas? Bisa aja, yaitu lempeng daun bawang. Kudapan ini adalah salah satu makanan khas daerah banjarmasin, tetapi kalau kita perhatikan mirip pancake korea. Peminat drama Korea pasti tahu kan, menu Pancake Korea yang sering disebut Pajeon?

Lempeng daun bawang sedikit berbeda dengan pajeon. Karena untuk membuat pajeon harus ada daun kucai. Namun untuk lempeng daun bawang, supaya lebih sesuai dengan citarasa dan lidah orang Indonesia biasanya menggunakan daun bawang. Rasanya lebih wangi dan sedap. Yuk, kita lirik resep lempeng daun bawang dibawah ini!

1. Bahan lempeng daun bawang

Resep Camilan ala Banjar, Lempeng Daun Bawangpotret bahan lempeng daun bawang(instagram.com/koreaagrafood

Sebelum membuat lempeng daun bawang, kita harus mempersiapkan aneka bahan dibawah ini dulu ya,

Bahan-bahan:

  • 250 gr tepung terigu.
  • 1 butir telor ayam
  • Margarin
  • 3 helai daun bawang
  • 1 buah wortel
  • 1 buah bawang bombay
  • Garam secukupnya
  • Air secukupnya
  • Penyedap secukupnya

2. Cuci dan potong daun bawang

Resep Camilan ala Banjar, Lempeng Daun Bawangilustrasi memotong daun bawang(instagram.com/jeyeskitchen)

Langkah pertama memasak lempeng daun bawang adalah mencuci bersih daun bawang, bawang bombay dan wortel. Setelah itu potong daun bawang dan bawang bombay sesuai selera. 

Siapkan parutan kasar atau dalam bahasa jawanya pasrah. Lalu pasrah satu buah wortel yang sudah dicuci. Pasrah lembut saja supaya cepat matang ketika dimasak. 

3. Campur adonan dan sayur

Resep Camilan ala Banjar, Lempeng Daun Bawangpotret adonan lempeng daun bawang(instagram.com/namji_b)

Jika semua bahan sudah dipersiapkan, proses berikutnya yaitu, masukan tepung terigu,  garam dan telur kedalam wadah. Tambahkan air matang secara bertahap sedikit demi sedikit supaya adonan tidak kental dan tidak encer.

Apabila kekentalan adonan sudah diarasa pas, masukkan potongan wortel, daun bawang dan bawang bombay yang sudah dipersiapkan. Aduk sampai rata. Tes rasanya. Sisihkan 

Baca Juga: 10 Tips Memasak Lemper Ayam yang Padat dan Pulen, Nikmat Banget!

4. Goreng menggakan panci anti lengket

Resep Camilan ala Banjar, Lempeng Daun Bawangilustrasi menggoreng lempeng(instagram.com/jeyeskitchen)

Panaskan panci anti lengket di atas kompor dengan api sedang. kemudian masukkan margarin secukupnya. Kalau panci sudah panas, saatnya memasukan adonan. Atur ketebalan dan ketipisannya, agar matangnya rata.

Jangan lupa bolak balik adonan lempeng daun bawang, sampai sedikit agak keliatan gosong. Ulangi terus sampai adonan habis. 

5. Sajikan dengan sambal favoritmu

Resep Camilan ala Banjar, Lempeng Daun Bawangpotret lempeng daun bawang(instgram.com/eastmeatsemily)

Untuk menyajikanya, letakkan lempeng daun bawang diatas piring. Sangat pas jika dipadukan dengan sambal bawang dapur yang pedas. Namun untuk menimbulkan kesan ketimur-tengahan kamu juga bisa menjadikan karih atau gulai daging kambing sebagai pendampingnya.

Selain cara pembuatannya yang simple, bahan yang diperlukan untuk membuat lempeng daun bawang pun sangat sederhana. Camilan ini juga sangat cocok disajikan saat sedang bersantai dirumah bersama keluarga tercinta. Cobain yuk, resepnya!

Selamat mencoba, semoga bermanfaat!

Baca Juga: 5 Resep Pancake dan Cara Membuat Pancake yang Simpel dan Kekinian!

Nia Aqilla Photo Verified Writer Nia Aqilla

Jelajahi Nusantara dengan resep kulinernya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya