Comscore Tracker

Resep Sambal Goreng Kering Kentang Kriuk, Sajian Pelengkap Rendang!

Gurih, pedas, dan kriuknya menggoyang lidah

Sambal goreng kering kentang merupakan olahan kentang yang diiris tipis dan digoreng kering. Setelah itu, kentang goreng diaduk dan disajikan dengan bumbu dari berbagai rempah.

Kamu bisa mengikuti resep berikut ini agar hasil dari sambal goreng kering kentang  buatanmu renyah tahan lama. Bisa jadi stok pendamping rendang di momen lebaran Idul Adha, nih!

1. Siapkan bahan yang diperlukan

Resep Sambal Goreng Kering Kentang Kriuk, Sajian Pelengkap Rendang!ilustrasi bahan(pixabay.com/Bru_nO)

Sebelum membuat sambal goreng kering kentang, ada beberapa bahan yang harus kita persiapkan terlebih dahulu. Adapun bahan-bahan tersebut yaitu:

Bahan-bahan:

  • 1 kg kentang (iris panjang, cuci, goreng sampai garing)
  • 4 buah cabai merah gendut buang bijinya
  • 8 buah cabai keriting
  • 5 buah rawit merah
  • 3 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 4 sdm gula pasir
  • 2 sdm air asam jawa
  • 1 sdt garam
  • Sedikit minyak untuk menumis

2. Kupas kentang dan iris tipis-tipis

Resep Sambal Goreng Kering Kentang Kriuk, Sajian Pelengkap Rendang!ilustrasi mengupas kentang(unplash.com/peterschad)

Langkah pertama, siapkan bahan utama kentang. Iris sebesar korek api atau bisa pakai parutan serbaguna agar lebih cepat dan praktis. Jangan lupa kentang harus dalam keadaan terendam air semua supaya tidak berubah warna dan rusak.

Jika semua kentang sudah diparut, cuci bersih kentang hingga air rendaman bening. Cuci sampai 5 kali supaya getah kentang benar-benar bersih dan hasil gorengan kentangnya renyah tahan lama.

Baca Juga: Resep Sambal Goreng Kentang Hati, Menu Nikmat dan Wajib saat Lebaran!

3. Goreng kentang sampai kering

Resep Sambal Goreng Kering Kentang Kriuk, Sajian Pelengkap Rendang!ilustrasi kentang goreng(instagram.com/fatma.wiyah)

Proses membuat sambal goreng kering kentang selanjutnya yaitu siapkan wajan penggorengan. Panaskan minyak goreng secukupnya. 

Goreng kentang dengan tiga tahap. Setelah mulai agak kering, kecilkan api. Kemudian, goreng hingga warna kecokelatan dan kering. Angkat, lalu tiriskan.

4. Goreng bumbu dan campurkan kentang

Resep Sambal Goreng Kering Kentang Kriuk, Sajian Pelengkap Rendang!ilustrasi menggoreng adonan (greatbritishchefs.com)

Tahapan berikutnya, tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga matang dan aromanya wangi. Tambahkan garam dan gula pasir secukupnya. Aduk hingga rata.

Jangan lupa tambahkan perasan jeruk limau, kemudian masukkan kentang yang sudah digoreng kering. Aduk hingga bumbu tercampur rata.

5. Sajikan sebagai pelengkap rendang

Resep Sambal Goreng Kering Kentang Kriuk, Sajian Pelengkap Rendang!potret sambal kering kentang(Instagram.com/dyah_luvkitchen)

Tahap terakhir dalam membuat sambal goreng kering kentang yaitu menyajikannya. Sajikan sambal goreng kering kentang di piring saji. Nikmati cita rasanya yang menggoyang lidah.

Sambal goreng kering kentang memiliki tekstur yang renyah dan gurih, dan biasanya paling sering terlihat pada saat lebaran Idul Adha. Ya, sambal goreng kering kentang seringkali dihidangkan sebagai pendamping rendang. Kamu sudah membuat sambal goreng kering kentang apa belum? 

Baca Juga: Resep Sambal Goreng Kentang Krecek, Nikmatnya Gak Ecek-ecek

Nia Aqilla Photo Verified Writer Nia Aqilla

Jelajahi Nusantara dengan resep kulinernya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya