Comscore Tracker

Resep Tako Thai, Jajanan Tradisional ala Thailand

Rasanya manis dan gurih mirip kue talam

Salah satu jajanan tradisional unik yang bisa kamu coba praktikkan di dapur adalah tako thai. Jajanan asli Thailand ini memiliki banyak penggemar. Rasanya yang manis dan gurih mirip dengan camilan khas Indonesia, kue talam. 

Wadah tako thai dibuat dari daun pandan yang besar sehingga aromanya makin wangi. Kalau penasaran dengan rasanya yang enak, kamu bisa membuat sendiri dengan resep di bawah ini.

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Tako Thai, Jajanan Tradisional ala Thailandpotret santan kelapa(instagram.com/belanga.id)

Tahap pertama dalam membuat tako thai adalah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan terlebih dahulu.

Bahan-bahan:

  • 50 gr tepung hungkwe putih
  • 500 ml santan
  • 100 gr gula pasir
  • 1/4 sdt garam
  • 1 buah jagung manis 
  • 2 buah nangka, potong kotak kecil
  • Daun pandan secukupnya untuk membuat takir talam

2. Bersihkan dan pipil jagung manis

Resep Tako Thai, Jajanan Tradisional ala Thailandpotret jagung manis(instagram.com/lapak.bunda15)

Kupas kulit jagung dan bersihkan dari rambut jagung. Cuci jagung hingga bersih dan tiriskan. Untuk memipil jagung, potong 1 jagung menjadi 2 bagian. Kemudian, masak air hingga mendidih. Rebus jagung selama 8-10 menit hingga jagung matang. Terlalu lama merebus akan membuat biji jagung keriput.

Angkat jagung, lalu rendam dengan air dingin. Ambil 1 potong jagung dan pisau, lalu keluarkan 1 baris biji jagung yang searah dengan cara mendorong biji jagung dengan pisau ke arah samping. Jika 1 baris pertama biji jagung sudah habis, pipil jagung menggunakan tangan. Sisihkan.

Baca Juga: Resep Kue Tako Jagung Bubur Sumsum yang Manis nan Gurih

3. Campur semua bahan

Resep Tako Thai, Jajanan Tradisional ala Thailandpotret adonan tako thai(instagram.com/ayukendah96)

Langkah membuat tako thai berikutnya yaitu campur dalam panci, bahan -bahan yang terdiri dari tepung maizena, tepung hunkue, air, gula pasir dan air pandan suji serta garam. Aduk-aduk hingga tercampur rata.

Setelah itu, taruh panci yang berisi adonan di atas kompor. Masak dengan api sedang saja hingga meletup-meletup dan mendidih. Aduk terus sampai adonan kental dan terlihat bening. Tambahkan biji jagung manis, aduk lagi hingga rata.

4. Cetak tako thai dengan daun pandan

Resep Tako Thai, Jajanan Tradisional ala Thailandilustrasi membuat kotak daun pandan(instagram.com/cenyanti)

Persiapkan daun pandan yang sudah dicuci dan lap sampai kering. Lalu, ukur 25 cm dan gunting. Sisa guntingan daun pandan jangan dibuang. Ukur lagi 5 cm lalu gunting sampai tulangnya. Tekuk-tekuk sampai membentuk mangkok, setelah itu distaples. Sisa daun pandan tadi digunting untuk menutup yang berlubang, lalu staples lagi. 

Setelah itu, tuang adonan ke dalam takir atau kotak daun pandan hingga 1/2 tinggi wadah. Ratakan adonan dan taburi dengan biji jagung manis. Sisihkan dan dinginkan.

5. Tako thai siap disajikan

Resep Tako Thai, Jajanan Tradisional ala Thailandpotret tako thai(instagram.com/anekaresep_kue_

Untuk menyajikannya, tata tako thai yang sudah didinginkan dalam sebuah piring. Nikmati sensasi rasanya yang manis, wangi dan gurih sungguh menggoda selera. Rasanya enak, lembut dan wangi daun pandan.

Cara membuat tako thai mudah sekali dan irit bahan. Sangat cocok dinikmati ketika bersantai bersama keluarga di rumah di saat cuaca panas. Dingin dan lembutnya menyatu dengan lezat. Nah yuk, langsung saja eksekusi resepnya. Selamat mencoba!

Baca Juga: Resep Mudah Sagu Tako Thai, Panganan Manis nan Gurih dalam Daun Pandan

Nia Aqilla Photo Verified Writer Nia Aqilla

Jelajahi Nusantara dengan resep kulinernya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya