Comscore Tracker

5 Resep Es Krim Sehat yang Wajib Kamu Coba di Rumah

#MasakItuGampang: Ada yang ingin mencobanya?

Siapa yang tidak menyukai es krim. Semua orang menyukai es krim, dari yang muda hingga yang tua. Masalahnya adalah es krim buatan pabrik atau pun yang dijual di luar sana belum tentu sehat dan bisa dinikmati tanpa ragu. Satu cara paling tepat untuk menikmati es krim tapi tak perlu was-was dengan resiko kadar gula tinggi ataupun lemaknya, kita buat saja sendiri di rumah. Ini juga cocok untuk para mama yang menginginkan es krim sehat untuk anaknya. Dikutip dari berbagai sumber inilah resepnya.

1. Es krim pisang

https://www.youtube.com/embed/DVj8qIiYayI

Untuk membuat es krim pisang sangatlah mudah, kalian hanya perlu 2 buah pisang sebagai bahan utamanya. Pertama, kupas dan potong-potong pisang kemudian letakan di plastik dan simpan di dalam freezer. Kemudian setelah pisang beku baru blender dengan sedikit susu hingga bertekstur lembut seperti bubur. Untuk selanjutnya bisa disajikan langsung atau masukan ke dalam freezer lagi kurang lebih 30 menit baru disajikan.

Jika kalian menginginkan rasa yang berbeda bisa tambahkan es krim pisang ini dengan coklat, mint, kopi, selai kacang, atau buah berry. Tergantung selera.

2. Es krim alpukat

https://www.youtube.com/embed/wypUz_cP-r0

Buah alpukat selalu bisa diolah menjadi makanan penutup yang manis, salah satunya es krim. Untuk membuatnya bahan yang diperlukan adalah 1-2 buah alpukat, 1 sdt jus lemon, 120 ml sirup, dan 114 ml full fat coconut milk dingin. Untuk membuatnya mudah sekali yaiitu tinggal blender atau campur semua bahan lalu dinginkan di freezer selama beberapa jam dan jadilah es krim alpukat yang siap dinikmati.

3. Es krim mangga

https://www.youtube.com/embed/2Z3fJlgUpP8

Mangga adalah jenis buah yang kuantitasnya akan melimpah pada musim-musim tertentu dan harganya menjadi murah pada musimnya. Kalian bisa mencoba membuat es krim mangga saat musim mangga. Bahan yang dibutuhkan adalah 300 gr mangga (1-2 buah mangga) potong kemudian simpan di lemari es hingga beku, 60 ml madu, 120ml yougurt, 1-3 sdt air jeruk nipis. Caranya masih sederhana yaitu tingga campurkan semua bahan diblender atau food proccesor kemudian siap dinikmati langsung ataupun disimpan di lemari es lagi.

4. Es krim strawberry

https://www.youtube.com/embed/HFCdO6NOK7U

Rasa manis dan asam buah strawberi memang cocok jika dijadikan hidangan penutup yang nikmat. Untuk bisa menikmati es krim strawberi cukup campurkan bahan bahan berikut ini. Pertama tentunya yang dibutuhkan adalah beberapa buah strawberi, 180 ml gula atau sesuai selera, 480 ml krim kental, pewarna merah jika ingin memiliki warna yang cantik (tidak pakai juga tidak apa-apa), dan perisai strawberi jika ingin lebih berbau wangi (tidak pakai juga tidak apa-apa).

5. Es krim kelapa muda

https://www.youtube.com/embed/XhDONuf7cuU

Es krim kelapa muda adalah es krim yang paling mudah ditemui di Thailand. Jenis es krim ini sepertinya menggunakan resep tradisonal Thailand. Apa kalian tertarik untuk membuatnya. Siapkan 360 ml santan beku, 360 ml air kelapa, 100 gr gula palm, setengah sdt garam. Campurkan semua bahan hingga lembut kemudian masukan ke dalam lemari es bekukan. Untuk menyajikannya bisa dengan menambahkan potongan kelapa dan kacang tanah di atasnya.

Nah, apakah kamu berminat mencobanya?

Niken widyasari Photo Writer Niken widyasari

Menulis untuk menginspirasi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya