Comscore Tracker

6 Tips Memasak Samgyetang, Sup Ayam Ginseng Khas Korea

Simak dulu agar samgyetang buatanmu berhasil!

Samgyetang atau sup ayam ginseng bisa dijadikan pilihan untuk makanan sehat. Seperti namanya, bahan utama samgyetang adalah ayam dan ginseng. Satu porsi samgyetang biasa menyajikan ayam utuh untuk satu orang.

Samgyetang dapat menghangatkan tubuh saat musim dingin. Selain itu, ginseng yang terkandung di dalamnya dipercaya dapat memberikan energi ekstra.

Bagi yang ingin mencoba memasaknya di rumah, kalian bisa menerapkan 6 tips berikut ini agar samgyetang buatanmu langsung berhasil meski pertama kali dibuat. Berikut tipsnya yang bisa kamu terapkan.

1. Rendam beras ketan agar lebih mudah matang

6 Tips Memasak Samgyetang, Sup Ayam Ginseng Khas Koreailustrasi beras ketan. (freepik.com/dashu83)

Samsyetang menyajikan ayam yang berisi nasi ketan yang terletak di dalam tubuh ayam. Tahap pertama yang harus dilakukan untuk memasak hidangan ini adalah dengan mencuci bersih beras ketan dan rendam selama minimal 2 jam.

Hal tersebut dilakukan agar ketan mudah matang saat dimasak.

2. Simpan air bekas rendaman ketan 

6 Tips Memasak Samgyetang, Sup Ayam Ginseng Khas KoreaProses merendam beras ketan. (youtube.com/Devina Hermawan)

Setelah beras ketan di rendam, jangan buang air bekas rendaman karena air bisa digunakan kembali. Air rendaman beras ketan dapat dimasukkan ke kaldu saat akan direbus agar kuah samgyetang menjadi lebih kental yang tentunya lebih lezat.

3. Rebus samgyetang dengan kaldu ayam

6 Tips Memasak Samgyetang, Sup Ayam Ginseng Khas Koreailustrasi kaldu ayam. (freepik.com/freepik)

Agar samgyetang wangi dan rasa kuah yang pekat, kamu bisa menggunakan air kaldu untuk merebus ayam. Buat air kaldu dengan merebus daging dan tulang ayam hingga mendidih, bilas dengan air, dan presto selama satu jam agar kaldunya keluar.

Setelah itu, hancurkan ayam hingga kaldunya menjadi milky white, lalu saring.

4. Buang bagian lemak ayam

6 Tips Memasak Samgyetang, Sup Ayam Ginseng Khas Koreailustrasi daging ayam. (freepik.com/mdjaff)

Buang bagian ayam yang berlemak untuk mengurangi kandungan minyak pada sup kaldu saat di masak. Potong bagian ujung sayap, bagian tungir, kulit berlebih, dan lemak-lemak pada ayam.

Setelah itu, ayam sudah bisa diisi dengan bahan-bahan seperti beras ketan, ginseng, dan lain-lain.

5. Jangan isi terlalu padat agar tidak bocor

6 Tips Memasak Samgyetang, Sup Ayam Ginseng Khas KoreaProses memasukkan isi pada pembuatan samgyetang. (youtube.com/Devina Hermawan)

Samgyetang bisa diisi dengan beras ketan, jujube, bawang putih, dan ginseng. Saat mengisinya, pastikan tidak mengisinya hingga terlalu padat. Pastikan masih ada ruang untuk ketan yang akan mengembang di dalam ayam.

Hal tersebutlah yang menyebabkan isian menjadi bocor dan gagal.

6. Gunakan api sedang-besar pada 30 menit pertama

6 Tips Memasak Samgyetang, Sup Ayam Ginseng Khas Koreailustrasi api pada kompor. (unsplash.com/Brett Jordan)

Masak samgyetang di atas api sedang-besar di 30 menit pertama. Hal itu dilakukan agar bahan-bahan isian yang berada di dalam ayam menjadi matang dan teksturnya menjadi lunak dan lembut.

Selain itu, ayam yang direbus akan menghasilkan tekstur yang lembut beserta kuah yang lebih milky dengan kaldu yang semakin kental.

Nah, itulah 6 tips membuat samgyetang, sup ayam ginseng khas Korea. Jika kamu menerapkan poin-poin di atas, samgyetang buatanmu akan juicy, berkuah kental, dan tentunya lebih lezat. Bagaimana, kamu tertarik untuk mencoba membuatnya di rumah? Semoga berhasil!

Baca Juga: 4 Resep Masak Snack dan Makanan Anak Berbahan Susu Sapi Segar, Nagih!

Ninda F Photo Verified Writer Ninda F

დ IG: nndf_pr დ

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya