Comscore Tracker

6 Tips Membuat Mille Crepe Cake Agar Bentuknya Sempurna, Tanpa Oven! 

Baca dulu agar crepe buatanmu mudah dibentuk

Siapa, nih, di antara kamu yang pernah menyantap mille crepe cake? Kue klasik asal Prancis ini biasanya terdiri dari 20 lapis crepe tipis. Setiap lapisnya dilapisi dengan pastry cream.

Sesuai namanya, mille yang artinya 'ribuan' menandakan bahwa kue ini memiliki lapisan crepe yang sangat banyak. Jika kamu ingin membuat mille crepe cake di rumah, caranya cukup mudah.

Yang perlu kamu lakukan adalah mempelajari beberapa rahasianya berikut ini. Yuk, langsung disimak!

1. Saat pembuatan pastry cream, jangan panaskan susu sampai mendidih

6 Tips Membuat Mille Crepe Cake Agar Bentuknya Sempurna, Tanpa Oven! ilustrasi susu (freepik.coom/bublikhaus)

Pada saat pembuatan pastry cream, masak susu secukupnya, jangan sampai mendidih agar mencegah gosong. Selain itu, tuang susu yang sudah dipanaskan ke dalam adonan sambil diaduk perlahan agar menciptakan tekstur yang halus.

2. Masak pastry cream agar tekstur stabil dan tahan lama

6 Tips Membuat Mille Crepe Cake Agar Bentuknya Sempurna, Tanpa Oven! Proses membuat pastry cream. (youtube.com/Devina Hermawan)

Masak adonan pastry cream hingga mengental dan mendidih. Hal ini agar tekstur pastry cream lebih stabil dan tidak mudah basi, sehingga cocok dibuat untuk berjualan.

3. Jangan lupa masukkan pastry cream ke kulkas

6 Tips Membuat Mille Crepe Cake Agar Bentuknya Sempurna, Tanpa Oven! ilustrasi pastry cream (youtube.com/Devina Hermawan)

Setelah adonan pastry cream dimasak, tuang ke wadah dan tutup dengan plastic wrap. Diamkan hingga tidak terlalu panas, lalu simpan ke dalam kulkas.

Adonan harus dingin saat dicampur dengan cream cheese frosting agar mudah dibentuk saat ditata untuk membuat lapisan kue mille crepe cake.

4. Tambahkan mentega pada adonan

6 Tips Membuat Mille Crepe Cake Agar Bentuknya Sempurna, Tanpa Oven! ilustrasi mentega (pixabay.com/M W)

Saat membuat lembaran crepe, crepe berisiko menempel satu sama lain. Untuk mencegahnya, kamu bisa menambahkan mentega pada adonan. Selain menambah rasa, mentega pada adonan berfungsi untuk mencegah adonan agar tidak saling menempel.

5. Pastikan tidak ada gumpalan pada adonan crepe

6 Tips Membuat Mille Crepe Cake Agar Bentuknya Sempurna, Tanpa Oven! Proses pembuatan adonan crepe. (youtube.com/Devina Hermawan)

Saat pembuatan adonan crepe, pastikan tidak ada gumpalan agar crepe yang dihasilkan mudah dan lembut. Kamu bisa menyaring adonan, jika sudah terlanjur ada gumpalan.

6. Pastikan wajan yang digunakan sudah panas

6 Tips Membuat Mille Crepe Cake Agar Bentuknya Sempurna, Tanpa Oven! Proses membuat crepe menggunakan crepe maker. (youtube.com/Devina Hermawan)

Saat membuat crepe, kamu bisa menggunakan wajan terbalik yang dinamakan crepe maker agar hasilnya lebih sempurna. Pastikan wajan sudah panas agar adonan dapat menempel dan menghasilkan lembaran crepe dengan ketebalan serta ukuran yang pas.

Itulah 6 tips membuat mille crepe cake tanpa oven agar menghasilkan bentuk yang sempurna. Mudah, bukan? Selamat mencoba, ya!

Ninda F Photo Verified Writer Ninda F

დ IG: nndf_pr დ

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya