Comscore Tracker

Dijamin Sukses, Ini 5 Tips Bikin Roti Sisir Lembut dan Berserat 

Rahasianya ada di teknik mengolah adonannya!

Roti sisir pasti disukai oleh berbagai kalangan dari zaman dulu hingga sekarang. Kamu bisa mendapatkan roti sisir di toko atau warung terdekat.

Rasanya yang  lembut sangat cocok dijadikan sarapan atau makanan penunda lapar. Nah, bagi kamu yang ingin bisa membuatnya di rumah, kamu wajib menyimak 5 tips berikut untuk membantumu membuatnya lebih mudah. Penasaran? Yuk, baca di sini!

1. Gunakan metode sponge & dough 

Dijamin Sukses, Ini 5 Tips Bikin Roti Sisir Lembut dan Berserat ilustrasi membuat adonan (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Devina Hermawan membagikan tips dalam membuat roti sisir menggunakan metode sponge and dough. Metode ini adalah membuat dua adonan di antaranya sponge atau starter dan dough atau adonan.

Metode ini diawali dengan membuat sponge dengan mencampurkan bahan seperti terigu protein tinggi, air, ragi, dan gula pasir. Campur rata menggunakan sumpit, kemudian simpan di mangkuk dan ditutupi cling wrap. Diamkan selama 1-2 jam.

Kemudian, buat dough dengan mencampurkan tepung, susu bubuk, dan ragi, aduk dengan tangan hingga tercampur rata. Masukkan susu cair dan kuning telur kemudian aduk hingga menyatu.

2. Campurkan adonan sponge & dough 

Dijamin Sukses, Ini 5 Tips Bikin Roti Sisir Lembut dan Berserat ilustrasi membuat adonan (unsplash.com/Nadya Spetnitskaya)

Gabung adonan sponge yang telah didiamkan dengan dough dan aduk dengan tangan hingga semuanya menyatu. Tambahkan mentega, garam, dan pewarna kuning, uleni hingga benar-benar kalis. Jika adonan terlalu lengket, olesi tangan dan working surface dengan sedikit minyak lalu lanjutkan menguleni.

Penambahan mentega dan garam dilakukan terakhir agar tidak mengganggu pembentukan gluten pada adonan. Pewarna warna kuning ditambahkan agar warna roti lebih cantik dan menggugah selera.

3. Uleni adonan pada working surface yang lebar 

Dijamin Sukses, Ini 5 Tips Bikin Roti Sisir Lembut dan Berserat Proses menguleni adonan (youtube.com/Devina Hermawan)

Untuk membuat adonan lebih mudah kalis yaitu dengan mendorongnya dengan tangan, lalu ditarik kembali menggunakan jari. Lakukan ini dengan kedua tangan untuk membuat waktu lebih efektif.

Gunakan working surface yang lebar untuk memudahkan kamu dalam mengaliskan adonan lebih cepat.

4. Cek adonan kalis dengan menggunakan teknik window pane stage 

Dijamin Sukses, Ini 5 Tips Bikin Roti Sisir Lembut dan Berserat Proses mengecekan kalisnya adonan (youtube.com/Devina Hermawan)

Untuk memastikan adonan sudah cukup kalis atau belum, gunakanlah teknik windows pane stage. Caranya adalah dengan membentangkan adonan seperti jendela untuk mengecek elastisitasnya.

Jika adonan yang dibentangkan tidak sobek, hal itu berarti adonan sudah cukup kalis dan siap diolah menuju tahapan berikutnya.

5. Bulatkan lalu pipihkan 

Dijamin Sukses, Ini 5 Tips Bikin Roti Sisir Lembut dan Berserat Susunan adonan sebelum mengembang (youtube.com/Devina Hermawan)

Bulatkan adonan agar saat dipanggang dapat mengembang secara merata. Setelah dibulatkan, pipihkan adonan dengan rolling pin, gulung dan rapatkan di atas loyang.

Biarkan selama 45-60 menit atau sampai mengembang dengan ditutup dengan lap bersih. Poles permukaan roti dengan campuran kuning telur dan air sebelum dipanggang. Setelah selesai dipanggang, dinginkan di cooling rack dan poles dengan mentega cair.

Cara penyajiannya, kamu bisa potong roti sesuai selera dan oleskan setiap lembar roti dengan isian sesuai seleramu. Bagaimana, cukup mudah bukan? Ayo, bikin sekarang di rumah!

Baca Juga: Resep Bolu Kukus Keju yang Lembut, Mirip Roti Mahal di Restoran!

Ninda F Photo Verified Writer Ninda F

დ IG: nndf_pr დ

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya