Comscore Tracker

5 Tips Bikin Jeyuk Bokkeum, Daging Tumis Pedas ala Korea 

Gunakan alternatif ini jika tidak punya gochujang!

Siapa di antara kalian yang sangat suka menonton drama Korea? Kamu pasti pernah melihat banyak adegan yang memperkenalkan masakan khas dari Negeri Gingseng tersebut. Hidangan yang pernah muncul dalam banyak drama adalah jeyuk bokkeum atau daging tumis pedas.

Jika kamu tertarik untuk membuat hidangan itu di rumah, kamu harus menyimak tips berikut ini. Devina Hermawan membagikan 5 tips memasak jeyuk bokkeum agar kamu bisa memasaknya dengan mudah di rumah. Penasaran? Yuk, simak!

1. Gunakan saus sambal dengan sedikit miso sebagai alternatif gochujang 

5 Tips Bikin Jeyuk Bokkeum, Daging Tumis Pedas ala Korea ilustrasi saus sambal (unsplash.com/Ball Park Band)

Gochujang merupakan bumbu yang sangat sering digunakan dalam pembuatan masakan Korea. Hampir semua masakan populer Korea menggunakan saus ini.

Jika kamu kehabisan stok atau tidak menemukan gochujang, kamu masih bisa mengakalinya, lho. Alternatif yang bisa kamu lakukan yaitu dengan menggantinya dengan saus sambal yang ditambah dengan sedikit miso.

2. Gunakan air jahe dan air bawang putih 

5 Tips Bikin Jeyuk Bokkeum, Daging Tumis Pedas ala Korea ilustrasi jahe (unsplash.com/sentot setyasiswanto)

Jeyuk bokkeum menyajikan irisan daging sapi tumis yang rasanya sangat cocok saat dipadukan dengan nasi. Dalam pembuatan hidangan ini, pastikan untuk menggunakan air jahe dan air bawang putih dibanding yang bongkahan.

Potongan jahe dan bawang putih akan membuat tekstur hidangan tidak halus dan dapat mengganggu rasa saat dikunyah.

Baca Juga: 8 Makanan Ekstrem Khas Korea Selatan Ini Dijamin Bikin Merinding!

3. Madu dapat diganti dengan gula palem 

5 Tips Bikin Jeyuk Bokkeum, Daging Tumis Pedas ala Korea ilustrasi madu (unsplash.com/Arwin Neil Baichoo)

Masakan asal Korea Selatan sering menyajikan rasa yang manis dengan khas bumbu merahnya. Rasa manis tersebut didapat dari madu yang dijadikan bahan marinasi daging.

Bagi kamu yang sedang kehabisan stok atau mencari alternatif lainnya, kamu bisa menggantinya dengan gula palem. Rasa manis dari gula palem dapat membantu rasa hidangan tetap autentik.

4. Masak di wajan panas agar matang merata 

5 Tips Bikin Jeyuk Bokkeum, Daging Tumis Pedas ala Korea ilustrasi api saat memasak (pixabay.com/stevepb)

Jeyuk bokkeum dimasak dalam waktu yang singkat. Pastikan wajan yang digunakan cukup panas agar daging matang merata. Jika kamu menggunakan panci elektrik atau alat masak yang tidak menghasilkan api yang besar, kamu dapat membagi proses memasak menjadi dua atau tiga tahap.

Jika api tidak cukup panas, hal tersebut akan membuat daging mengeluarkan air sehingga daging terebus bukan tergoreng. Hal ini akan membuat masakan menjadi tidak begitu wangi.

5. Masukkan bahan lainnya setelah daging setengah matang 

5 Tips Bikin Jeyuk Bokkeum, Daging Tumis Pedas ala Korea ilustrasi memasak jeyuk bokkeum (youtube.com/Devina Hermawan)

Bahan lain dalam hidangan jeyuk bokkeum di antaranya ada bawang bombai, cabai merah, dan daun bawang. Dalam proses memasaknya, pastikan kamu memasukkan bahan-bahan tersebut setelah daging setengah matang. Hal tersebut dilakukan agar bahan lainnya tidak layu.

Itulah lima tips memasak jeyuk bokkeum yang bisa kamu terapkan di rumah. Rasanya dijamin nikmat dan menjadi masakan favorit keluarga. Yuk, buat sekarang!

 

Baca Juga: 8 Makanan Ekstrem Khas Korea Selatan Ini Dijamin Bikin Merinding!

Ninda F Photo Verified Writer Ninda F

დ IG: nndf_pr დ

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya