Comscore Tracker

5 Tips Bikin Ketan Serundeng, Jajanan Tradisional Betawi Manis Gurih! 

Simak dulu agar membuat ketan serundeng menjadi lebih mudah

Siapa di antara kalian yang suka banget sama jajanan yang satu ini? Ya, ketan serundeng adalah jajanan khas betawi yang sempurna bagi kamu yang ingin makanan praktis, namun tetap mengenyangkan.

Jajanan ini sangat enak disantap sambil minum kopi atau teh, sekaligus menemanimu saat belajar atau bekerja. Berikut ini adalah tips memasak ketan serundeng yang tentunya akan membantu kamu yang ingin mencoba memasaknya di rumah. Tanpa berlama-lama lagi, yuk simak tipsnya!

1. Gunakan kain atau lap basah untuk mencegah gosong 

5 Tips Bikin Ketan Serundeng, Jajanan Tradisional Betawi Manis Gurih! Proses persiapan mengukus ketan (youtube.com/Devina Hermawan)

Untuk membuat ketan serundeng, tahap pertama yang harus dilakukan yaitu mengukus ketan. Kamu perlu bahan seperti alat kukusan beserta kain atau lap basah untuk melindungi ketan agar tidak mudah gosong. Namun, hal ini tidak perlu dilakukan jika lubang-lubang pada kukusan berukuran kecil.

2. Ratakan permukaannya dan beri lubang 

5 Tips Bikin Ketan Serundeng, Jajanan Tradisional Betawi Manis Gurih! Permukaan ketan yang sedang diratakan (youtube.com/Devina Hermawan)

Setelah memasukkan ketan pada kukusan, pastikan permukaan ketan rata agar matangnya merata. Tak hanya itu, kamu perlu beri beberapa lubang agar panas tersebar sata ketika dikukus.

Kamu bisa beri lubang dengan menggunakan gagang sendok atau sejenisnya. Pastikan lubangnya tersebar rata dengan ukuran yang sama, ya.

Baca Juga: 5 Langkah Mudah Bikin Bolu Gulung Ketan Hitam, Rasanya Enak Parah!

3. Kukus selama 30-40 menit 

5 Tips Bikin Ketan Serundeng, Jajanan Tradisional Betawi Manis Gurih! Proses mengukus ketan (youtube.com/Devina Hermawan)

Dibutuhkan waktu sekitar 30 hingga 40 menit untuk membuat ketan matang, tergantung pada jumlah beras ketan yang dikukus. Semakin banyak jumlahnya, tentu perlu lebih banyak waktu untuk mencapai kematangan.

Tak hanya itu, ada faktor lain yang memengaruhi kematangan beras ketan. Hal itu adalah semakin lama ketan direndam, semakin cepat beras ketan akan matang.

4. Masukkan larutan santan dalam keadaan panas 

5 Tips Bikin Ketan Serundeng, Jajanan Tradisional Betawi Manis Gurih! ilustrasi santan (freepik.com/jcomp)

Sambil menunggu beras ketan dikukus, persiapkan larutan santan dengan campurkan air, santan kental, dan garam. Masak hingga benar-benar mendidih.

Pindahkan nasi ketan yang sudah dikukus ke dalam mangkuk besar, siram dengan larutan santan lalu aduk hingga rata. Pastikan kamu memasukkan larutan santan dalam keadaan panas agar meresap dengan baik pada ketan.

5. Untuk membuat serundeng, pastikan penggunaan minyak tidak berlebih 

5 Tips Bikin Ketan Serundeng, Jajanan Tradisional Betawi Manis Gurih! ilustrasi minyak kelapa. (freepik.com/jcomp)

Untuk membuat serundeng, blender cabai merah, bawang merah, bawang putih, kencur, minyak, dan air hingga halus. Pastikan penggunaan tidak berlebih agar rasa serundeng tetap sempurna dan tidak berminyak.

Tumis bumbu halus, masukkan ebi, serai, daun salam, dan daun jeruk lalu masak dengan api kecil sambil terus diaduk hingga bumbu matang.

Masukkan kelapa parut, masak dengan api sedang hingga setengah kering sambil terus diaduk kemudian bumbui dengan garam dan penyedap lalu kecilkan api. Jika sudah kering, tambahkan gula dan gula palem, aduk rata lalu matikan api.

Jika kamu mengikuti tips di atas, dapat dipastikan proses membuat ketan serundeng akan menjadi lebih mudah. Rahasia memasak ketan serundeng terletak pada cara memasaknya. Jadi jangan lupa untuk mencoba cara di atas ya. Semoga berhasil!

Baca Juga: Resep Puding Tape Ketan yang Manis dan Lembutnya Bikin Nagih

Ninda F Photo Verified Writer Ninda F

დ IG: nndf_pr დ

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya