Comscore Tracker

5 Tips Bikin Kulit Ayam Goreng tanpa Tepung, Renyah Banget! 

Kuncinya, rebus terlebih dahulu agar lebih renyah

Kulit ayam adalah bagian yang paling favorit saat memakan ayam. Rasanya yang gurih dan krispi selalu menjadi incaran siapapun yang sedang memakannya.

Kamu tentu bisa membuat kulit ayam krispi di rumah. Namun, ternyata ada tipsnya agar kulit ayam bisa krispi tanpa tepung, lho! Penasaran? Yuk, langsung simak tips bikin kulit ayam goreng tanpa tepung ala Devina Hermawan berikut ini.

1. Rebus kulit ayam 

5 Tips Bikin Kulit Ayam Goreng tanpa Tepung, Renyah Banget! ilustrasi kulit ayam (unsplash.com/Towfiqu barbhuiya)

Untuk membuat kulit ayam krispi tanpa tepung, ternyata ada banyak tipsnya, lho. Untuk hasil yang lebih renyah, kamu bisa rebus kulit ayam bersama dengan bumbu ungkepan agar rasanya semakin sedap.

Meski kulit ayam goreng bisa dibuat tanpa direbus, hasil kulit ayam yang direbus terlebih dahulu akan lebih renyah karena kulit lebih lunak sebelum digoreng.

2. Tambahkan cuka dalam ungkepan

5 Tips Bikin Kulit Ayam Goreng tanpa Tepung, Renyah Banget! Proses penambahan cuka dan bumbu lainnya (youtube.com/Devina Hermawan)

Berilah cuka sebagai bumbu agar kulit ayam lebih renyah dengan warna yang cantik. Kamu bisa menambahkannya pada bumbu yang sedang dimasak bersamaan dengan penyedap.

Setelah menumis bumbu halus; tambahkan air, santan, cuka, kaldu ayam, garam, dan gula dan aduk rata. Masukkan kulit ayam, masak selama 15 menit, dan tiriskan setelah masak.

Baca Juga: Resep Kulit Ayam Krispi Bumbu Pedas, Camilan Enak yang Bikin Rebutan

3. Pastikan air tidak susut 

5 Tips Bikin Kulit Ayam Goreng tanpa Tepung, Renyah Banget! Proses mengungkep kulit (youtube.com/Devina Hermawan)

Saat merebus kulit ayam, pastikan kamu memperhatikan air rebusannya agar tidak susut atau mengental. Hal itu perlu diperhatikan agar kulit ayam tidak lengket.

Selain itu, pada tahap ini kamu bisa menguji coba rasa untuk mengoreksi bumbunya. Kamu masih bisa beri tambahan penyedap, jika dirasa bumbunya masih kurang.

4. Tiriskan kulit setelah direbus 

5 Tips Bikin Kulit Ayam Goreng tanpa Tepung, Renyah Banget! Proses meniriskan kulit (youtube.com/Devina Hermawan)

Setelah diungkep selama 15 menit, segera tiriskan agar airnya langsung terpisah dari kulitnya. Usahakan kulit tidak terrendam lama di kuah setelah perebusan.

Keluarkan segera kulit ayam agar airnya menguap untuk membuat kulit ayam menjadi kering. Jika kalian menerapkan tips ini, kulit akan lebih renyah dan tidak alot.

5. Diamkan kulit minimal 30 menit 

5 Tips Bikin Kulit Ayam Goreng tanpa Tepung, Renyah Banget! Proses menggoreng kulit (youtube.com/Devina Hermawan)

Kulit ayam sebenarnya sudah mulai bisa digoreng setelah ditiriskan. Namun, jika kulit ayam langsung digoreng, minyak akan meletup-letup karena kandungan airnya. Oleh karena itu, kamu bisa diamkan kulit selama minimal 30 menit agar tekturnya lebih kering dan mudah saat digoreng.

Jika kalian menerapkan poin-poin di atas, sudah dipastikan kulit ayam goreng buatanmu akan lebih renyah meski digoreng tanpa menggunakan tepung. Bagaimana, tertarik membuatnya? Masak sekarang, yuk!

 

Baca Juga: 11 Olahan Ayam Paling Enak di Asia Tenggara, Ada Ayam Penyet!

Ninda F Photo Verified Writer Ninda F

დ IG: nndf_pr დ

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya