Comscore Tracker

5 Tips Bikin Ramen Egg, Topping Telur Jepang yang Khas Banget

Simak tipsnya untuk ramen egg yang sempurna!

Pernahkah kamu menyantap ramen autentik Jepang? Di bagian topping, terdapat telur rebus yang memiliki cita rasa berbeda dari telur biasa. Nah, telur tersebut bernama ajitsuke tamago atau ramen egg.

Telur ini direndam dengan kecap asin untuk mendapatkan rasa yang khas tersebut. Selain bahan-bahan untuk membuatnya mudah didapat, cara memasaknya pun mudah sehingga kamu bisa mencobanya di rumah.

Berikut ini adalah tips membuat ramen egg khas Jepang yang mudah dan pastinya anti gagal. Tidak usah berlama-lama lagi, yuk langsung simak di bawah ini!

1. Gunakan dark soy sauce 

5 Tips Bikin Ramen Egg, Topping Telur Jepang yang Khas Bangetilustrasi dark soy sauce (unsplash.com/Caroline Attwood)

Terdapat dua jenis ramen egg atau ajitsuke tamago. Selain jenis yang berwarna cokelat, terdapat juga jenis yang berwarna putih pada bagian luarnya.

Untuk mendapatkan warna coklat gelap, kamu bisa gunakan dark soy sauce untuk membuatnya menjadi warna cokelat yang tua.

Jika tidak ada dark soy sauce, kamu masih bisa menggunakan soy sauce biasa meski warna yang dihasilkan tidak akan sepekat penggunaan dark soy sauce.

2. Pastikan rasa air rendaman tidak terlalu asin 

5 Tips Bikin Ramen Egg, Topping Telur Jepang yang Khas Bangetilustrasi memasak air rendaman ramen egg (youtube.com/Devina Hermawan)

Kamu tidak bisa membuat ramen egg dengan asal membuatnya menjadi warna cokelat. Kamu juga perlu mencicipi air yang digunakan untuk merendam telur agar rasa yang dihasilkan sesuai dengan selera.

Pastikan rasa dari air rendaman telur tidak terlalu asin atau terlalu tawar. Bumbu-bumbu untuk membuat air marinasinya di antaranya kecap asin, gula, mirin atau jus apel, dan kaldu.

Baca Juga: 9 Ragam Ramen Khas Jepang yang Menggugah Selera, Sudah Coba?

3. Rebus telur selama 6-8 menit 

5 Tips Bikin Ramen Egg, Topping Telur Jepang yang Khas Bangetilustrasi merebus telur (youtube.com/Devina Hermawan)

Tahap pertama untuk membuat ramen egg adalah merebus telur terlebih dahulu. Tingkat kematangan yang biasa disajikan biasanya direbus cukup dengan 6-8 menit untuk pertengahan setengah matang menuju ke matang.

Namun, kamu bisa sesuaikan dengan seleramu tergantung pada tingkat kematangan telur yang kamu suka. Kamu bisa merebusnya selama 8 menit ke atas untuk telur rebus yang matang.

4. Aduk perlahan di menit pertama 

5 Tips Bikin Ramen Egg, Topping Telur Jepang yang Khas Bangetilustrasi mengaduk telur (youtube.com/Devina Hermawan)

Kamu perlu melakukan tips ini untuk memperoleh kuning telur yang berada di tengah. Caranya adalah dengan mengaduk secara perlahan pada menit pertama dan kedua. Hal ini perlu dilakukan untuk membentuk telur yang indah karena posisi kuning telurnya berada di tempat yang ideal.

5. Segera bilas dan rendam di air dingin 

5 Tips Bikin Ramen Egg, Topping Telur Jepang yang Khas Bangetilustrasi telur yang direndam (pixabay.com/ivabaik)

Setelah telur direbus dengan waktu yang ditetapkan, segera bilas dan rendam dengan air dingin untuk menghentikan proses memasak. Setelah itu, kamu bisa mengupasnya dan memasukkannya pada air rendaman yang sudah dimasak dan tutup menggunakan cling wrap.

Itulah 5 tips membuat ramen egg atau ajitsuke tamago yang bisa kamu terapkan di rumah. Jika kamu menerapkan poin-poin di atas, dapat dipastikan ramen egg buatanmu berwarna cokelat, mulus, dan kuning telurnya yang berada di tengah. Bagaimana, mudah bukan?

 

Baca Juga: 7 Jenis Ramen khas Jepang Paling Favorit di 2021, Ada Aneka Topping!

Ninda F Photo Verified Writer Ninda F

დ IG: nndf_pr დ

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya