Comscore Tracker

6 Tips Bikin Siomay Baso Tahu Khas Bandung ala Devina Hermawan  

Pastikan tingkat kekentalan adonan sesuai, ya

Siapa di antara kamu yang suka banget dengan makanan yang satu ini? Jajanan bernama siomay atau baso tahu ini biasanya mudah ditemukan di jalanan Kota Bandung.

Bukan hal sulit untuk membuat siomay baso tahu ini. Maka dari itu, mengetahui cara bikinnya adalah hal wajib buatmu. Kamu tidak perlu khawatir jika baru pertama kali membuat siomay baso tahu ini.

Cocok dijadikan camilan saat di rumah, berikut enam tips membuat siomay baso tahu yang enak dan antigagal ala Devina Hermawan. Simak sampai bawah, ya!

1. Gunakan garam pada daging biar adonan kenyal

6 Tips Bikin Siomay Baso Tahu Khas Bandung ala Devina Hermawan  Proses pembuatan adonan siomay (youtube.com/Devina Hermawan)

Untuk memperoleh adonan siomay yang kokoh dan kenyal saat dimakan, kamu harus mencampurkan daging ikan dengan garam dan gula. Setelah itu, aduk sampai berserat dan lengket.

Selain itu, kamu bisa menambahkan lemak ayam dan air es, lalu aduk sampai rata. Tambahkan pula daun bawang yang sudah disiram dengan minyak panas, tepung tapioka, putih telur, kecap ikan, dan aduk kembali. Tambahkan juga labu siam, ya.

2. Pisahkan adonan sesuai dengan kebutuhkan

6 Tips Bikin Siomay Baso Tahu Khas Bandung ala Devina Hermawan  Adonan yang dipisahkan untuk tahu, pare, dan lain-lain (youtube.com/Devina Hermawan)

Kalau kamu memperhatikan siomay asal Bandung, adonan yang digunakan untuk siomay dan tahu cukup berbeda. Adonan tahu memiliki tekstur lebih lembut dan kenyal dibanding adonan yang terbungkus di kulit pangsit.

Untuk membuatnya, kamu bisa pisahkan adonan yang akan digunakan pada tahu dengan menambahkan air dan bumbu. Adonan yang dipisah akan bertekstur lebih lembut dibanding adonan untuk siomay.

3. Oles permukaan kukusan 

6 Tips Bikin Siomay Baso Tahu Khas Bandung ala Devina Hermawan  Kukusan yang sudah diolesi minyak (youtube.com/Devina Hermawan)

Saat siomay dan komponen lainnya sudah siap dikukus, pastikan kamu mengolesi permukaannya dengan minyak. Olesi secara merata dengan bantuan kuas.

Hal itu dilakukan agar siomay tidak lengket saat dikukus, sehingga bentuknya tetap bagus. Selain itu, pastikan juga kamu mengukus siomay dan komponen lainnya tidak berhimpitan, ya.

Baca Juga: Resep Siomay Dos ala Rumahan, Tanpa Daging Ikan dan Ayam

4. Setelah kacang digoreng, tunggu sampai dingin 

6 Tips Bikin Siomay Baso Tahu Khas Bandung ala Devina Hermawan  Proses pembuatan sambal kacang (youtube.com/Devina Hermawan)

Untuk pembuatan sambal kacang, goreng kacang tanah sampai kecokelatan. Masukkan bawang putih dan cabai merah, lalu goreng sebentar saja. Setelah matang, diamkan hingga kacang dingin kembali, meski teredam di dalam minyak.

Hal tersebut dilakukan untuk menghilangkan bau mentah, sehingga aroma yang dihasilkan lebih lezat dan menggugah selera. Setelah itu, blender kacang tanah dengan air dan masak kembali.

5. Pastikan takaran air pas 

6 Tips Bikin Siomay Baso Tahu Khas Bandung ala Devina Hermawan  Proses menambahkan air saat memasak sambal kacang (youtube.com/Devina Hermawan)

Saat memasak kembali sambal kacang, pastikan takaran air tidak kurang agar semuanya matang merata dengan konsistensi sempurna. Tambahkan gula merah, daun jeruk, dan garam untuk menambah rasa.

Tambahkan juga sedikit air asam jawa agar rasa yang dihasilkan lebih segar. Aduk sampai merata dan tunggu hingga meletup-letup.

6. Gunakan tepung beras untuk menambah kekentalan

6 Tips Bikin Siomay Baso Tahu Khas Bandung ala Devina Hermawan  ilustrasi tepung beras (freepik.com/jcomp)

Tekstur sambal kacang yang kental terasa lebih nikmat. Untuk menambah kekentalan sambal kacang, kamu bisa campurkan terlebih dahulu tepung beras kedalamnya.

Letakkan sambal kacang di mangkuk terpisah, lalu campurkan kembali dan masak selama10 menit. Kamu juga bisa menggunakan kentang atau ubi rebus tumbuk sebagai alternatif pengental. Tenang, soal rasa gak perlu kamu ragukan, deh.

Jika sudah menerapkan poin-poin di atas, dapat dipastikan siomay baso tahu buatanmu akan bertekstur kenyal dan antigagal. Ketika dicocol sambal kacang, dijamin akan membuat rasanya semakin lezat dan gurih. Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: Catat! Ini 8 Referensi Tempat Beburu Siomay Terenak di Jogja

Ninda F Photo Verified Writer Ninda F

დ IG: nndf_pr დ

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya