5 Tips Bikin Tiramisu dengan Bahan Sederhana tapi Rasanya Mantap

Biar bisa jadi menu berbuka yang sempurna

Camilan manis dan creamy ini sangat cocok disantap sebagai camilan pembuka saat berbuka puasa. Rasanya dijamin membuatmu puas saat ingin menyantap yang manis-manis.

Untuk mendapatkan cita rasa yang sama enaknya dengan buatan kafe, kamu perlu melakukan beberapa tipsnya. Tips membuat tiramisu ini dibagikan oleh Devina Hermawan melalui kanal YouTube-nya. Yuk, langsung saja simak tips berikut ini!

1. Gunakan pastry cream rasa pandan 

5 Tips Bikin Tiramisu dengan Bahan Sederhana tapi Rasanya MantapPastry cream rasa pandan (youtube.com/Devina Hermawan)

Untuk membuat tiramisu selezat kafe, kamu perlu memadukan rasa menjadi hidangan kompleks agar tidak hambar. Kamu bisa membuat pastry cream rasa pandan, biskuit kelapa sebagai dasarnya, dan whipped cream sebagai hiasan di atasnya.

Untuk membuat pastry cream rasa pandan, kamu bisa panaskan susu, santan, dan daun pandan agar aromanya terserap. Tambahkan ke bahan-bahan pastry cream lainnya untuk menambahkan rasa.

2. Masukkan campuran susu pandan dengan tempering 

5 Tips Bikin Tiramisu dengan Bahan Sederhana tapi Rasanya MantapProses tempering (youtube.com/Devina Hermawan)

Setelah susu, santan, dan daun pandan mendidih, masukkan ke bahan-bahan pastry cream. Bahan pastry cream sendiri terdiri dari telur, gula, tepung maizena, garam, dan ekstrak vanila yang sudah tercampur rata.

Masukkan menggunakan metode tempering dengan menuang setengahnya ke dalam adonan pastry cream, lalu aduk rata. Kemudian, kembalikan semuanya ke panci rebusan sambil disaring.

Hal ini agar telur tidak menggumpal saat dituangkan cairan panas. Tips ini perlu dilakukan untuk menjaga tekstur adonan tetap halus dan bebas dari gumpalan.

3. Dinginkan adonan pastry cream sebelum dicampur whipped cream 

5 Tips Bikin Tiramisu dengan Bahan Sederhana tapi Rasanya MantapProses pembuatan pastry cream (youtube.com/Devina Hermawan)

Setelah melakukan tempering, gunakan api kecil dan aduk terus hingga mengental. Matikan api, tambahkan butter dan aduk hingga larut. Pindahkan ke mangkuk dan tutup permukaannya dengan plastic wrap.

Pastikan pastry cream sudah dingin sebelum dicampur dengan whipped cream. Jika dicampur saat dalam keadaan panas, whipped cream akan meleleh dan teksturnya gagal.

Baca Juga: Resep Bolu Kukus Tiramisu, Cocok untuk Suguhan Istimewa 

4. Aduk pastry cream dan whipped cream perlahan 

5 Tips Bikin Tiramisu dengan Bahan Sederhana tapi Rasanya MantapProses menyatukan pastry cream dan whip cream (youtube.com/Devina Hermawan)

Setelah adonan pastry cream telah dingin, campurkan dengan whipped cream bubuk atau cair yang sudah kaku. Aduk perlahan ke satu arah menggunakan whisk.

Jika diaduk dengan kasar atau sembarangan, whipped cream akan kempis dan keseluruhan cream menjadi tidak bisa dibentuk. Tentu kamu gak mau ini sampai terjadi, kan?

5. Susun layer dalam wadah dan dinginkan agar lebih padat

5 Tips Bikin Tiramisu dengan Bahan Sederhana tapi Rasanya MantapProses menyusun tiramisu (youtube.com/Devina Hermawan)

Buat lapisan tiramisu dengan biskuit kelapa dan air kopi sebagai dasarnya. Tambahkan pastry cream pandan dan ulang kembali hingga penuh.

Setelah itu, kamu bisa membuat hiasan dengan whipped cream menggunakan piping bag dan taburkan cokelat bubuk. Simpan di kulkas 2-3 jam hingga set.

Kelima tips membuat tiramisu di atas bakal membuat rasanya selezat restoran. Tiramisu bisa jadi menu takjil karena rasanya yang manis bakal menggugah selera makanmu. Semoga tips dari Devina Hermawan ini berhasil buatmu, ya!

Baca Juga: 5 Gabungan Tiramisu dengan Kudapan Favorit di Indonesia, Unik!

Ninda F Photo Verified Writer Ninda F

დ IG: nndf_pr დ

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topik:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya