5 Tips Bikin Vla Kopi, Cocok Dikreasikan dengan Segala Dessert! 

Yuk, bikin vla kopi yang bikin dessert makin lezat

Siapa yang suka banget dengan kreasi dessert menggunakan vla? Saat ini, penggunaan vla sudah umum dari hidangan puding hingga toast kekinian. Konsistensi bahan ini identik dengan tekstur kental dengan rasa yang beragam.

Bagi kamu yang ingin membuatnya di rumah, kamu bisa memperhatikan tips yang dibagikan Devina Hermawan untuk membuat vla dengan rasa kopi sehingga sangat cocok dikreasikan dengan apa saja. Yuk, simak tips bikin vla kopi di bawah ini!

1. Gunakan kopi bubuk instan 

5 Tips Bikin Vla Kopi, Cocok Dikreasikan dengan Segala Dessert! ilustrasi bubuk kopi (unsplash.com/Jank Ferlic)

Vla dengan rasa kopi dapat dipastikan akan cocok jika dipadukan dengan dessert apa saja. Kamu bisa menambahkannya di toast, pancake, hingga puding.

Untuk membuat perisanya, kamu bisa menggunakan kopi bubuk instan sehingga bahannya mudah ditemui.

Rebus air hingga mendidih, masukkan kopi dan diamkan sebentar agar aroma kopi meresap ke air. Masak hingga mendidih lalu saring. Gunakan airnya saja tanpa ampas.

2. Gunakan butter agar gurih dan wangi 

5 Tips Bikin Vla Kopi, Cocok Dikreasikan dengan Segala Dessert! ilustrasi salted butter (pixabay.com/rodeopix)

Tambahkan butter dalam pembuatan vla kopi untuk menciptakan rasa yang gurih dan harum. Jika menggunakan unsalted butter, tambahkan sedikit garam lagi untuk menambah rasa.

Butter bisa ditambahkan saat memasak adonan vla yang terdiri dari telur, tepung maizena, gula palem, garam, larutan kopi, susu, dan krimer.

Baca Juga: 8 Macam Minuman Kopi Khas Indonesia, Pecinta Kopi Wajib Tahu!

3. Putih telur dapat diganti dengan kuning telur 

5 Tips Bikin Vla Kopi, Cocok Dikreasikan dengan Segala Dessert! ilustrasi telur (pexels.com/Klaus Nielsen)

Bagi kamu yang sensitif dengan aroma telur yang amis, kamu bisa mengganti putih telur dengan kuning telur. Jadi, kamu dapat menggunakan dua kuning telur untuk menggantikan satu telur.

Namun, putih telur dapat meningkatkan aroma kopi agar lebih wangi sehingga dapat digunakan bagi yang tidak sensitif.

4. Lakukan tempering agar telur tidak menggumpal atau matang 

5 Tips Bikin Vla Kopi, Cocok Dikreasikan dengan Segala Dessert! ilustrasi proses tempering (youtube.com/Devina Hermawan)

Tempering perlu dilakukan saat vla akan dimasak. Setelah larutan kopi dimasak dengan krimer dan susu, pindahkan sebagian ke dalam wadah adonan telur dan aduk hingga merata.

Setelah diaduk, masukkan ke dalam wajan dan masak kembali. Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah telur matang atau menggumpal. Jika telur menggumpal, saring vla kopi atau gunakan hand blender untuk membuat seluruhnya halus.

5. Tutup cling wrap pada permukaannya 

5 Tips Bikin Vla Kopi, Cocok Dikreasikan dengan Segala Dessert! ilustrasi proses mendinginkan vla (youtube.com/Devina Hermawan)

Setelah adonan dimasak dan terus diaduk hingga teksturnya kental, tutup dan tempelkan cling wrap pada permukaaan vla agar tidak membentuk lapisan kulit saat didinginkan.

Nah, itulah beberapa tips membuat vla kopi yang bisa menjadi rekomendasi bagi siapa saja yang tertarik untuk membuat vla. Bagaimana, tertarik untuk membuatnya sekarang?

 

Baca Juga: Resep Bolu Kukus Red Velvet Vla Keju, Perpaduan Rasanya Spesial

Ninda F Photo Verified Writer Ninda F

დ IG: nndf_pr დ

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topik:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya