Comscore Tracker

5 Tips Membuat Kue Mipan Lembut dan Kenyal ala Devina Hermawan 

Begini cara mengolah adonannya dengan benar

Pernahkah kamu mencicipi camilan bernama kue mipan? Kue beras mipan adalah nama jajanan khas China yang dibuat menggunakan kue beras dan air khi, atau air yang berasal dari abu batang padi.

Kue beras mipan yang lembut akan semakin lezat dipadukan dengan saus yang harum dan gurih yang merupakan perpaduan gula merah, kecap asin, dan minyak bawang.

Kue ini sudah jarang ditemukan, tapi kamu tentu bisa membuatnya di rumah. Berikut lima tips membuat kue mipan yang lembut dan kenyal ala Devina Hermawan. Yuk, disimak!

1. Larutkan tepung terlebih dahulu 

5 Tips Membuat Kue Mipan Lembut dan Kenyal ala Devina Hermawan ilustrasi melarutkan tepung (pexels.com/Ivan Samkov)

Untuk membuat kue beras mipan, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mencampurkan tepung beras, tepung tapioka, garam, minyak, dan air terlebih dahulu sebelum dimasak.

Hal ini dilakukan agar lebih efektif dibanding harus terus mengaduk di atas kompor hingga api panas. Tidak hanya memakan waktu, tepung yang langsung dimasak akan lebih mudah menggumpal dan lebih lama tercampur rata.

2. Pastikan air tidak sampai mendidih 

5 Tips Membuat Kue Mipan Lembut dan Kenyal ala Devina Hermawan proses menambahkan air khi (youtube.com/Devina Hermawan)

Kesulitan membuat kue mipan adalah mengolah adonannya agar tidak menggumpal. Untuk mencegah hal tersebut, terdapat tips yang harus kamu perhatikan.

Setelah melarutkan tepung, panaskan air dengan api besar, dan pastikan air tidak sampai mendidih agar adonan tidak menggumpal. Masukkan air khi dan tambahkan campuran tepung ke dalam air dan aduk.

Baca Juga: Resep Serabi Tempe Pedas ala Devina Hermawan, Empuk dan Gurih!

3. Masak larutan tepung beras dengan api kecil 

5 Tips Membuat Kue Mipan Lembut dan Kenyal ala Devina Hermawan ilustrasi api kompor (pixabay.com/PublicDomainPictures)

Setelah memasak air menggunakan api besar, kecilkan api untuk mulai memasak adonan tepung beras. Dalam proses ini, kamu perlu mengaduk terus untuk mencegah adonan menggumpal.

Masukkan adonan secara perlahan, aduk sampai sedikit mengental. Pindahkan ke wadah dan aduk kembali. Memasak kue mipan tidak perlu sekental bubur sumsum, cukup sampai teksturnya berubah lebih kental.

4. Panaskan cetakan dan oleskan dengan minyak 

5 Tips Membuat Kue Mipan Lembut dan Kenyal ala Devina Hermawan proses mengolesi cetakan dengan minyak (youtube.com/Devina Hermawan)

Kamu juga perlu melakukan persiapan wadah cetakannya saat membuat kue mipan. Panaskan wadah dengan memasukkannya ke dalam alat kukus.

Jangan lupa untuk mengoleskan cetakannya dengan minyak, agar mipan tidak lengket dengan wadah. Kamu bisa menggunakan cetakan mipan dengan mangkuk berbahan kaca, stainless, atau plastik asalkan tahan panas.

5. Kukus selama 20-30 menit 

5 Tips Membuat Kue Mipan Lembut dan Kenyal ala Devina Hermawan proses mengukus (youtube.com/Devina Hermawan)

Kue beras mipan perlu dikukus selama 20-30 menit tergantung ukuran. Jika semakin tipis, waktu yang diperlukan semakin cepat. Sambil menunggu kue matang, kamu dapat membuat saus khasnya untuk mengisi waktu.

Itulah lima tips membuat kue beras mipan ala Devina Hermawan agar hasilnya lembut dan kenyal. Dapat dipastikan kue mipan buatanmu anti gagal jika menerapkan poin-poin di atas. Yuk, coba praktikkan di rumah!

Baca Juga: Resep Risol Mayo ala Chef William Gozali, Bakal Susah Berhenti Ngunyah

Ninda F Photo Verified Writer Ninda F

დ IG: nndf_pr დ

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya