Comscore Tracker

6 Tips Memasak Kailan Dua Rasa ala Devina Hermawan, Rasanya Juara!

Rahasianya ada di tambahan minyak wijen

Devina Hermawan merupakan salah satu kontestan MasterChef Indonesia Season 5. Jadi jebolan kontes memasak bergengsi, Devina kerap membagikan resep memasak dengan mudah melalui channel YouTube-nya. Kali ini kailan dua rasa.

Masakan ini adalah salah satu menu favorit yang biasa ditemukan di restoran China. Rasanya yang gurih dan krispi selalu menjadi andalan setiap makan di resto. Namun, hidangan kailan ini ternyata mudah dibuat di rumah, lho.

Kamu bisa merasakan kelezatan hidangan ini di dengan menerapkan enam tips ala Devina Hermawan berikut ini. Tidak usah berlama-lama lagi, yuk, langsung saja disimak!

1. Kupas batang kailan yang berukuran besar 

6 Tips Memasak Kailan Dua Rasa ala Devina Hermawan, Rasanya Juara!Proses pemotongan batang kailan (youtube.com/Devina Hermawan)

Kematangan di setiap masakan selalu menjadi hal yang paling penting. Jika kailan yang kalian dapatkan memiliki batang yang besar, kupas batang menjadi dua bagian agar matangnya merata saat dimasak.

Namun jika ukuran kailan masih muda, kamu tidak perlu mengupasnya. Asalkan batangnya tidak terlalu tebal. Hal ini untuk memperoleh tingkat kematangan secara merata.

2. Pastikan daun yang akan dimasak kering 

6 Tips Memasak Kailan Dua Rasa ala Devina Hermawan, Rasanya Juara!Kailan yang akan digoreng (youtube.com/Devina Hermawan)

Kailan dua rasa menyajikan kailan dengan saus tiram beserta daun yang digoreng dengan bumbu cabai garam. Untuk membuat kailan goreng cabai garam, usahakan daun kailan yang akan dimasak dalam keadaan kering.

Kamu bisa mengeringkannya dengan alat salad spinner atau dikeringkan dengan tisu atau paper towel. Setelah kering, kamu bisa langsung menggorengnya di minyak panas.

3. Gunakan wajan yang memiliki tutup 

6 Tips Memasak Kailan Dua Rasa ala Devina Hermawan, Rasanya Juara!ilustrasi panci yang bertutup (pixabay.com/Sabine van Erp)

Saat membuat daun kailan goreng, biasanya minyak akan meletup-letup keluar. Jadi, usahakan kamu menggunakan wajan yang memiliki tutup untuk mencegah cipratan minyak.

Goreng daun kailan yang sudah kering di minyak yang sudah panas. Tutup wajan agar minyak tidak meletup-letup. Ketika suara minyak sudah tenang, daun kailan sudah bisa diangkat.

Baca Juga: 5 Tips Bikin Onigiri Sosis Telur ala Devina Hermawan, Mudah dan Lezat!

4. Goreng bawang putih di api kecil 

6 Tips Memasak Kailan Dua Rasa ala Devina Hermawan, Rasanya Juara!Ilustrasi api kecil. (youtube.com/Devina Hermawan)

Saat membuat bumbu cabai garam untuk daun kailan goreng, jangan lupa untuk menggoreng bawang putih di api kecil. Hal ini dilakukan karena bawang rentan gosong dan memberikan rasa pahit.

Gorenglah bawang putih hingga warnanya kekuningan, barulah kamu bisa berikan irisan cabai rawit. Goreng sebentar, lalu angkat.

5. Rebus kailan 1-2 menit untuk yang dibuat saus tiram

6 Tips Memasak Kailan Dua Rasa ala Devina Hermawan, Rasanya Juara!Proses merebus kailan (youtube.com/Devina Hermawan)

Untuk yang dibuat menjadi saus tiram, kalian bisa merebusnya selama 1-2 menit, tergantung pada tingkat kematangan yang diinginkan. Jika sudah, angkat dan susun di atas piring, lalu siram dengan saus tiram yang sudah dimasak.

Kamu bisa tumis terlebih dahulu daun bawang dan bawang putih geprek agar lebih wangi, lalu masukkan saus tiram dan bumbu lainnya. Gunakan tambahan maizena untuk saus tiram yang lebih kental.

6. Tambah sedikit minyak wijen pada saus tiram 

6 Tips Memasak Kailan Dua Rasa ala Devina Hermawan, Rasanya Juara!ilustrasi minyak wijen (freepik.com/jcomp)

Untuk rasa yang lebih autentik pada chinese food, tambahkan sedikit minyak wijen saat memasak saus tiram. Minyak wijen biasa ditambahkan pada chinese food seperti pada capcay, nasi goreng, dan pada masakan lainnya. Tambahkan sedikit saja agar rasanya tetap seimbang dan tidak merusak keseluruhan rasa dan aroma pada saus tiram.

Nah, itulah enam tips mudah memasak kailan dua rasa ala Devina Hermawan agar masakan buatanmu memiliki rasa yang lezat. Bagaimana, mudah bukan? Selamat mencoba!

Ninda F Photo Verified Writer Ninda F

დ IG: nndf_pr დ

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya