Comscore Tracker

7 Tips Membuat Kue Mochi Jepang Isi Cokelat yang Enak dan Lembut

Simak tips berikut agar berhasil saat membuat pertama kali

Kue mochi adalah salah satu kue tradisional Jepang paling terkenal yang memiliki tekstur kenyal dan lembut. Kue ini menjadi lebih spesial karena di dalamnya ada isian yang bisa dikreasikan dengan berbagai macam rasa.

Cara membuat kue mochi ini tergolong cukup mudah dan sederhana. Kamu tentu saja bisa membuatnya sendiri di rumah. Namun, untuk menghindari kegagalan saat pertama kali membuat, alangkah baiknya untuk simak 7 tips berikut.

1. Potong kecil-kecil terlebih dahulu jika menggunakan cokelat batangan

7 Tips Membuat Kue Mochi Jepang Isi Cokelat yang Enak dan Lembutilustrasi cokelat batangan. (pexels.com/Vie Studio)

Kunci terpenting dalam pembuatan mochi adalah tidak adanya gumpalan pada adonan. Baik adonan mochi maupun isian, seluruhnya harus menyatu dengan merata agar mochi bertekstur lembut dan enak.

Untuk menghindari hal tersebut, jika kamu membuat isian dari cokelat batangan, kamu bisa cincang cokelatnya terlebih dahulu. Hal tersebut agar cokelat lebih mudah meleleh dan merata pada adonan.

2. Gunakan saringan jika ada gumpalan 

7 Tips Membuat Kue Mochi Jepang Isi Cokelat yang Enak dan LembutAdonan mochi tanpa gumpalan. (youtube.com/Devina Hermawan)

Jika semuanya sudah terlanjur banyak gumpalan, kamu bisa mengakalinya dengan menggunakan hand blender atau saringan. Pastikan seluruh adonan terpisah dengan gumpalan dan berubah menjadi halus.

3. Pastikan kualitas tepung beras yang digunakan 

7 Tips Membuat Kue Mochi Jepang Isi Cokelat yang Enak dan Lembutilustrasi tepung beras. (freepik.com/azerbaijan_stockers)

Mochi dikenal dengan tekstur yang lembut dan kenyal. Hal tersebut karena mochi dibuat dari tepung beras ketan yang dominan.

Agar memperoleh hasil yang maksimal, pastikan kualitas tepung beras ketan yang digunakan masih dalam kondisi bagus dan tidak bau.

Baca Juga: Resep Membuat Mochi Gulung Isi Kacang yang Kenyal dan Enak  

4. Sangrai tepung beras ketan dan pandan agar kembali bagus 

7 Tips Membuat Kue Mochi Jepang Isi Cokelat yang Enak dan Lembutilustrasi menyangrai tepung. (youtube.com/Devina Hermawan)

Jika tepung beras ketan yang akan digunakan berbau apek akibat disimpan terlalu lama, kamu bisa mengakalinya agar tetap bisa diolah.

Kamu bisa menyangrai tepung beras dengan daun pandan untuk mengurangi bau apek. Hal tersebut bisa membuat tepung kembali dalam kondisi baik dan bisa digunakan.

5. Gunakan wadah yang tidak tebal dan melebar

7 Tips Membuat Kue Mochi Jepang Isi Cokelat yang Enak dan Lembutilustrasi loyang. (freepik.com/wirestock)

Pada proses pembuatan mochi, terdapat tahap mengukus adonan mochi hingga matang. Untuk mempercepat tahap ini, kamu bisa gunakan wadah atau loyang yang melebar. Gunakanlah wadah yang berbahan tidak terlalu tebal.

Hal tersebut guna membuat adonan mochi lebih cepat matang dan tidak memerlukan waktu yang lebih lama. Waktu yang digunakan hingga mochi matang tergantung pada ketebalan adonan dalam wadah.

6. Tipiskan bagian pinggir adonan saat membentuk kue mochi 

7 Tips Membuat Kue Mochi Jepang Isi Cokelat yang Enak dan Lembutilustrasi menipiskan adonan. (youtube.com/Devina Hermawan)

Kesulitan yang biasanya dijumpai saat membuat mochi ialah saat memasukkan isian pada adonan. Agar membuat bagian atas dan bawahnya memiliki tebal yang sama, kamu bisa tipiskan bagian pinggir adonan saat dipipihkan.

Saat menata isian cokelat, kamu bisa mengoreksi bagian atasnya yang sudah dipipihkan lebih tipis lebih dahulu.

7. Bentuk mochi dalam keadaan panas atau hangat 

7 Tips Membuat Kue Mochi Jepang Isi Cokelat yang Enak dan Lembutilustrasi membuat mochi. (youtube.com/Devina Hermawan)

Saat menyelimuti isian dengan adonan mochi, kamu harus pastikan menatanya saat adonan mochi masih hangat. Hal tersebut akan lebih mudah membentuk karena adonan masih dalam keadaan elastis atau lentur.

Nah, itulah 7 tips membuat kue mochi jepang lembut dengan isian cokelat. Untuk dari segi rasa, tentu kamu bisa menyelaraskannya dengan selera masing-masing. Bagaimana, mudah bukan?

Baca Juga: 5 Ragam Sajian Mochi Kenyal dengan Banyak Varian Rasa

Ninda F Photo Verified Writer Ninda F

დ IG: nndf_pr დ

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya