Comscore Tracker

5 Tips Membuat Kwetiau Basah Homemade Agar Kenyal dan Tidak Lengket

Simak agar kwetiau buatanmu tidak lengket dan kenyal!

Kwetiau adalah mie pipih yang memiliki bentuk lebar jika dibanding dengan mie lainnya. Mie ini biasa kamu temukan di restoran-restoran Asia, terutama makanan Chinese. Memasak kwetiau sebenarnya sangat mudah.

Sayangnya, jika kamu salah pada cara membuatnya, hal itu bisa menyebabkan tekstur kwetiau menjadi lengket satu sama lain. Nah untuk mencegahnya, kamu bisa simak tips berikut untuk membuat kwetiau basah kenyal dan tidak lengket.

1. Pastikan perbandingan tepung dan air adalah 1:1

5 Tips Membuat Kwetiau Basah Homemade Agar Kenyal dan Tidak Lengketilustrasi tepung. (unsplash.com/Olga Kudriavtseva)

Kamu bisa membuat kwetiau sesuai selera. Jika ingin menciptakan tekstur lebih kenyal, kamu bisa gunakan tepung tapioka cukup banyak. Pastikan jumlahnya tidak melebihi jumlah tepung beras.

Untuk ukuran air, pastikan perbandingan air dan tepung memiliki perbandingan 1:1 agar memperoleh konsistensi yang pas.

2. Gunakan cutting ring jika mengukus menggunakan wajan

5 Tips Membuat Kwetiau Basah Homemade Agar Kenyal dan Tidak LengketCutting ring. (youtube.com/Devina Hermawan)

Selain menggunakan alat kukusan, kamu bisa gunakan wajan dan loyang dengan bentuk yang sama. Gunakanlah cutting ring untuk mengganjal loyang agar mudah meratakan adonan saat mengukus

Selain menggunakan cutting ring, kamu juga bisa menggantinya dengan mangkuk tahan panas.

3. Masukkan adonan dalam keadaan api menyala

5 Tips Membuat Kwetiau Basah Homemade Agar Kenyal dan Tidak LengketAdonan kwetiau. (youtube.com/Devina Hermawan)

Untuk membuatnya, tuang adonan ke dalam loyang lalu masukkan ke dalam kukusan. Jika menggunakan wajan, pastikan api sudah menyala dengan kebesaran api sedang. Hindari gunakan api besar karena hal tersebut akan membuat kwetiau kering.

Baca Juga: Resep Kwetiau Goreng Tek-tek, Seenak yang Dijual Abang-abang!

4. Goyangkan wajan perlahan hingga tebal adonan sama rata

5 Tips Membuat Kwetiau Basah Homemade Agar Kenyal dan Tidak LengketProses masak adonan kwetiau. (twitter.com/hermawan_devina)

Saat pengukusan, adonan yang berada di loyang ditakutkan tidak sama rata. Untuk menghindarinya, kamu bisa goyangkan hingga ketebalan adonan menjadi rata.

Setelah itu masak 2-3 menit atau sesuai dengan ketebalan adonan. Hindari mengukus terlalu lama karena hal itu juga bisa membuat kwetiau menjadi kering dan pecah-pecah.

5. Oleskan minyak pada kwetiau setelah dingin

5 Tips Membuat Kwetiau Basah Homemade Agar Kenyal dan Tidak Lengketilustrasi minyak. (pexels.com/pixabay)

Biarkan adonan kwetiau dingin terlebih dahulu setelah diangkat dari kukusan. Oleskan sedikit minyak menggunakan kuas agar kwetiau tidak lengket dan kering.

6. Simpan kwetiau di kulkas, bukan di freezer

5 Tips Membuat Kwetiau Basah Homemade Agar Kenyal dan Tidak LengketKwetiau basah homemade ala Devina Hermawan. (youtube.com/Devina Hermawan)

Untuk penyimpanannya, simpan kwetiau yang sudah jadi di wadah tertutup dan simpan di kulkas. Kwetiau akan bertahan hingga 4-5 hari. Beri kwetiau sedikit air saat dimasak agar memperoleh kekenyalannya kembali.

Nah, itulah 6 tips membuat kwetiau basah homemade agar kenyal dan tidak lengket. Bagaimana, mudah bukan? Selamat mencoba!

Baca Juga: Resep Seblak Kwetiau Pedas yang Sederhana, Nikmatnya Kebangetan

Ninda F Photo Verified Writer Ninda F

დ IG: every__nndf დ

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya