Comscore Tracker

5 Tips Membuat Nasi Bakar Sambal Tempe Pedas ala Devina Hermawan 

Yuk, simak tipsnya agar tidak gagal saat pertama kali buat!

Siapa di antara kalian yang suka banget dengan nasi bakar? Nasi bakar merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang menyajikan nasi yang dibungkus dengan daun pisang. Isiannya bisa dijadikan variasi sehingga sangat disukai oleh berbagai kalangan.

Kali ini, Devina Hermawan membagikan tips membuat nasi bakar dengan isian sambal tempe pedas yang ia bagikan di kanal Youtube-nya. Tips ini tentu saja bisa kamu aplikasikan di rumah. Untuk mengetahui tips membuat nasi bakar sambal tempe, yuk simak ulasannya berikut ini!

1. Goreng tempe terlebih dahulu 

5 Tips Membuat Nasi Bakar Sambal Tempe Pedas ala Devina Hermawan ilustrasi tempe (pixabay.com/Bintang_Galaxy)

Kamu bisa menggunakan bahan apapun untuk dijadikan lauk untuk nasi bakar. Kamu bisa menggunakan ayam, jamur, atau cumi-cumi untuk membuat nasi bakar menjadi lezat.

Dengan menggunakan tempe, kamu juga tetap bisa membuat nasi bakar yang sangat nikmat, lho. Pastikan tempe digoreng terlebih dahulu untuk mempermudah proses pembuatan.

2. Masak nasi dengan perbandingan 1:1 

5 Tips Membuat Nasi Bakar Sambal Tempe Pedas ala Devina Hermawan ilustrasi beras (pixabay.com/pictavio)

Jika nasi untuk membuat nasi bakar terlalu lunak, hal itu akan membuat nasi bakar menyerupai lontong. Untuk mencegah hal yang demikian, pastikan kamu membuat nasi dengan takaran yang pas, ya!

Masaklah nasi dengan perbandingan beras dan air 1:1. Jika tips ini diterapkan, nasi yang akan dibuat menjadi nasi bakar tersebut akan memperoleh hasil yang pas sehingga hidanganmu akan semakin lezat.

Baca Juga: Nasi Bakar Lezat dari Sisa Nasi, Cek 5 Langkah Membuatnya!

3. Jangan aduk beras dan bumbu saat dimasak 

5 Tips Membuat Nasi Bakar Sambal Tempe Pedas ala Devina Hermawan Proses membuat nasi bakar (youtube.com/Devina Hermawan)

Untuk membuat nasi bakar, kamu bisa menggunakan rice cooker dengan menambahkan tumisan bawang, kaldu bubuk, dan margarin saat memasak nasi. Pastikan kamu tidak mengaduk bahan-bahan tersebut.

Jika bahan diaduk, hal tersebut akan membuat bahan-bahan tidak matang secara merata karena beras akan terselip dengan komponen lain saat proses memasak.

4. Perbandingan jumlah tempe dan bumbu 

5 Tips Membuat Nasi Bakar Sambal Tempe Pedas ala Devina Hermawan Proses menata nasi bakar (youtube.com/Devina Hermawan)

Untuk membuat nasi bakar, pastikan kamu memperhatikan perbandingan jumlah tempe dan bumbu agar rasa bumbu tetap dominan. Untuk membuat sambal tempenya, kamu bisa menghaluskan bumbu halus dan tumis dengan tempe yang sudah dicincang.

Masukkan daun jeruk, air, dan penyedap. Masak hingga airnya susut. Masukkan daun kemangi dan daun bawang setelah mematikan api agar tidak mudah gosong.

5. Gulung sebanyak dua kali 

5 Tips Membuat Nasi Bakar Sambal Tempe Pedas ala Devina Hermawan Proses membuat nasi bakar (youtube.com/Devina Hermawan)

Saat menyusun di lembaran daun pisang, pastikan kamu menggulungnya sebanyak dua kali agar tidak bocor saat dipanggang. Setelah sudah siap, kamu bisa memanggangnya di alat panggang atau di panci anti lengket.

Nah, itulah tips membuat nasi bakar tempe pedas manis ala Devina Hermawan yang bisa kamu aplikasikan di rumah. Jika kamu menerapkan tips-tipsnya, dapat dipastikan hidanganmu anti gagal meski saat pertama kali membuatnya. Yuk, coba sekarang!

 

Baca Juga: 5 Olahan Nasi Khas Jogja yang Nikmatnya Bikin Lapar, Pernah Coba?

Ninda F Photo Verified Writer Ninda F

დ IG: nndf_pr დ

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya