Comscore Tracker

Resep Mudah Sagu Tako Thai, Panganan Manis nan Gurih dalam Daun Pandan

Endeus tiada tara

Kue talam tako merupakan panganan khas dari Thailand. Menjadi salah satu panganan unik karena wadah takir atau wadahnya terbuat dari daun pandan. Selain memberikan kesan unik, wadahnya pun memberikan aroma khas pandan yang wangi.

Pada dasarnya, tako Thai terbuat dari tepung hunkwe. Seiring perkembangan zaman, bahan baku tako pun bermacam-macam. Berikut resep mudah tako Thai berbahan sagu mutiara yang enggak kalah endeus!

1. Bahan-bahan yang harus disiapkan

Resep Mudah Sagu Tako Thai, Panganan Manis nan Gurih dalam Daun Pandanflickr.com/Nicole Perry

Untuk membuat sagu tako thai yang gurih dan manis, bahan-bahan sederhana berikut ini harus disiapkan :

  • 250 gr sagu mutiara Thailand
  • 1 bonggol jagung manis, dipipil
  • 300 ml santan kelapa kental, atau diganti dengan santan cair kemasan
  • 100 gr gula pasir, untuk merebus sagu mutiara dan perisa santan
  • 1 sdt garam, untuk merebus sagu mutiara dan perisa santan
  • 2 sdm tepung beras
  • air secukupnya, untuk merebus sagu mutiara
  • daun pandan secukupnya, untuk membuat takir dan aroma

2. Cara mudah membuat takir daun pandan

https://www.youtube.com/embed/tA3UIrR98CY

Sebelum memasak bahan-bahan di atas, alangkah baiknya membuat takir daun pandannya terlebih dahulu. Karena bagi yang belum pernah membuatnya, proses pembuatan takir ini cukup menguras kesabaran lho!

Ikuti cara-cara mudah berikut untuk menghasilkan takir yang sempurna berbentuk segi empat.

  1. Siapkan daun pandan yang masih segar, panjang, dan berdaun lebar. Sertakan pula penggaris, stapler, dan gunting untuk memudahkan dalam pembuatannya.
  2. Bersihkan daun menggunakan lap terlebih dahulu.
  3. Potong daun sepanjang 15 inci, lalu setiap 3 inci potong daun setengah, dari ujung hingga ke bagian tulang daun di tengah.
  4. Tekuk dan lipat daun dengan bagian yang tergunting berada di bawah, lipat sepanjang tulang daun. Lalu gunakan stapler untuk merekatkan ujung daun terakhir.
  5. Untuk lebih jelasnya, lihat video cara membuat takir segi empat khas tako Thai dari daun pandan di atas ya!

3. Cara membuat bubur sagu dan jagung yang enak

Resep Mudah Sagu Tako Thai, Panganan Manis nan Gurih dalam Daun Pandanpexels.com/it's me neosiam

Langsung saja ke step cara pembuatannya, yuk!

  1. Didihkan air secukupnya terlebih dahulu. Sambil menunggu mendidih, masukkan gula, setengah sendok teh garam, daun pandan sebagai aroma. Setelah mendidih, ambil daun pandan, lalu masukkan sagu mutiara.
  2. Biarkan sagu mutiara mengembang dengan sendirinya, aduk sesekali. Ketika sagu mutiara hampir matang, tandanya ada titik putih kecil di dalam sagu mutiara, masukkan jagung manis yang telah dipipil.
  3. Setelah keduanya matang, angkat, diamkan hingga dingin. Lalu tuangkan satu atau dua sendok makan bubur sagu mutiara dan jagung tersebut ke dalam takir daun pandan. Sisihkan.

Baca Juga: Resep Mudah Membuat Bolu Milo Pakai Rice Cooker ala Anak Kost

4. Cara membuat saus santan yang gurih

Resep Mudah Sagu Tako Thai, Panganan Manis nan Gurih dalam Daun Pandanpexels.com/Pixabay

Cara membuat saus santan khas tako Thai, yuk, simak stepnya!

  1. Siapkan panci bersih, tuangkan santan kelapa, lalu beri sedikit garam dan gula secukupnya hanya sebagai penambah rasa. Masak dengan api kecil sambil terus diaduk agar santan tidak pecah.
  2. Setelah mendidih, beri tepung beras sebagai pengental. Aduk hingga mengental dan ada sedikit letupan pada permukaannya.
  3. Setelah saus santan agak dingin, tuang di atas bubur yang sudah dimasukkan ke dalam takir pandan. Beri beberapa butir jagung manis yang sudah dikukus sebagai hiasan bila perlu.
  4. Sagu tako Thai dalam daun pandan yang manis dan gurih siap untuk dinikmati.

5. Lihat videonya, yuk!

6. Tips merebus sagu mutiara agar tidak hancur dan matang sempurna

Sering dialami ketika memasak bubur mutiara, bentuk mutiara tidak bagus atau bahkan hancur dan lengket satu sama lain. Dan ada beberapa yang tidak matang sempurna. Berikut tips-tips agar mutiaramu matang dan berbentuk sempurna!

  1. Jangan rendam butiran mutiara sebelum di masak. Proses ini memang membuat mutiara cepat matang, tapi akan membuatnya lengket dan hancur saat dimasak. Tanpa direndam, justru butiran mutiara akan matang dan mengembang sempurna.
  2. Sebelum merebus butiran mutiara, air rebusan harus benar-benar mendidih. Baru masukkan mutiara dalam air mendidih tersebut. Saat pemasakan pun, jangan mengaduknya terlalu sering, cukup aduk sesekali agar butirannya tidak hancur.
  3. Pastikan mutiara matang sempurna. Bubur mutiara yang matang sempurna berwarna bening, dan tidak ada bintik putih di dalam butirannya.
  4. Setelah matang, jangan biarkan bubur mutiara begitu saja. Segera tiriskan dan bilas menggunakan air dingin. Air dingin ini berfungsi untuk menghentikan proses pematangan yang masih terjadi walaupun bubur sudah diangkat dari panci.

Kalau kamu bosan memasak kue-kue tradisional dari Indonesia, bisa nih cobain membuat kudapan dari negara tetangga. Siap mencoba untuk sesi masakmu berikutnya?

Baca Juga: Dari Aromanya Udah Bikin Ngiler! Ini Resep Ayam Bakar Madu ala Yummy

Aqeera Danish Photo Community Writer Aqeera Danish

Hidup adalah kesusahan yang harus diatasi, rahasia yang harus digali, tragedi yang harus dialami, kegembiraan yang harus dibagikan, cinta yang harus dinikmati, dan tugas yang harus dilaksanakan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You