Comscore Tracker

5 Tips Cerdas Memilih Singkong yang Empuk dan Merekah Saat Diolah

Digoreng saja sudah enak, nih

Salah satu bahan makanan yang enak dan mudah diolah menjadi camilan adalah singkong. Kalau kamu mau kamu bisa membuat ketela garlic atau singkong keju yang cara bikinnya simpel.

Tapi, sebelum kamu terjun langsung untuk mengeksekusinya, penting sekali untuk mengetahui tips memilih singkong biar hasil masakanmu bisa empuk dan merekah sesuai ekspektasi. Lantas, seperti apa? Simak informasi di bawah ini.

1. Pastikan kulit masih terlihat baru

5 Tips Cerdas Memilih Singkong yang Empuk dan Merekah Saat Diolahfamap.com

Penting sekali untuk memilih singkong dengan kematangan yang cukup. Kamu bisa memastikannya dengan memilih kulit singkong yang masih segar. Singkong dengan ciri demikian adalah yang baru dipanen. Bila diolah, akan menghasilkan tekstur yang empuk dan merekah.

Sedangkan singkong berkulit kering menandakan bila usianya sudah lebih dari 5-7 hari setelah dipanen. Tentu bila dimasak tidak akan menghasilkan sajian seempuk singkong yang masih segar.

2. Pilihlah singkong dengan kulit luar yang mengelupas

5 Tips Cerdas Memilih Singkong yang Empuk dan Merekah Saat Diolahspecialtyproduce.com

Masih dengan cara mengamati kulit luarnya. Untuk mendapatkan kualitas terbaik, pilihlah singkong dengan kulit luar yang telah banyak mengelupas. Hindari singkong dengan kulit yang masih mulus.

Baca Juga: 7 Resep Olahan Singkong Ternikmat, Cocok untuk Buka Puasa 

3. Pilih kulit ari dengan warna merah muda

5 Tips Cerdas Memilih Singkong yang Empuk dan Merekah Saat Diolahmichelin.com

Setelah tuntas mengamati kulit luarnya. Mari lanjutkan dengan memperhatikan kulit arinya. Akan semakin baik bila kulit dalam berwarna merah muda. Bukan hanya menghasilkan olahan singkong yang empuk, kulit seperti ini cukup mudah dikupas, lho.

Namun bila tidak tersedia, kamu bisa memilih yang berwarna agak kekuningan sebagai opsi keduanya.

4. Hindari memilih singkong dengan bekas sayatan pisau

5 Tips Cerdas Memilih Singkong yang Empuk dan Merekah Saat Diolahpixabay/Brett_Hondow

Pilih singkong yang masih utuh, tidak ada bekas sayatan pisau pada batangnya. Sayatan pisau pada singkong akan membuat bagian dalamnya tidak segar lagi dan akan menurunkan kualitasnya saat diolah.

5. Coba peganglah, singkong yang nampaknya mudah dipatahkan punya tekstur yang empuk saat diolah

5 Tips Cerdas Memilih Singkong yang Empuk dan Merekah Saat Diolahthepioneerwoman.com

Setelah pengamatan fisik dilakukan, ini saatnya kamu menggunakan tangan untuk memastikan singkong yang akan kamu beli bisa menghasilkan olahan yang empuk. Pegang dan sedikit lekukan batangnya. Apabila terasa mudah dipatahkan, artinya singkong akan menghasilkan makanan yang empuk.

Nah, itulah tips memilih singkong agar hasil olahannya empuk dan merekah. Tapi ingat, tips pemilihan ini bukan sepenuhnya yang mempengaruhi hasil akhir masakanmu, ya. Teknik mengolah yang kamu gunakan pun turut andil dalam menentukan hasil. Selamat mencoba!

Download aplikasi masak Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: Resep Membuat Donat Singkong, Cocok Jadi Takjil Buka Puasa

Nuke Diah Ayuning Photo Verified Writer Nuke Diah Ayuning

Generasi 90an yang mempunyai ketertarikan untuk menulis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya