Comscore Tracker

Resep Korean Chicken Wings Chesse Barbeque, Menu Khas Malam Tahun Baru

Hidangan yang nikmat disantap bareng keluarga

Malam tahun baru pasti tak lepas dari acara kumpul bareng teman atau keluarga. Menikmati malam pergantian tahun tak lengkap rasanya tanpa hidangan dan aneka makanan ringan. Salah satu andalannya adalah menu barbeque yang selalu jadi hidangan wajib.

Nah, kali ini kamu harus mencoba menu hidangan barbeque ala Korea dengan bahan utama sayap ayam. Selain cocok disantap malam hari, juga bisa menghangatkan kearaban bersama keluarga di rumah.

Yuk, intip resep korean chicken wings chesse barbeque dan cara membuatnya yang mudah berikut ini.

1. Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan 

Resep Korean Chicken Wings Chesse Barbeque, Menu Khas Malam Tahun Baruilustrasi sayap ayam (pixabay.com/ekoanug)

Bahan utama:

  • 500 gram sayap ayam

Bahan marinasi:

  • 4 siung bawang putih
  • 2 sdt kecap asin
  • 5 sdm gochujang paste
  • 2 sdt minyak wijen
  • 4 sdm saus teriyaki
  • 2 sdm saus sambal
  • 2 sdm bubuk cabai
  • Garam secukupnya
  • Lada secukupnya

Bahan kering:

  • 500 gram terigu
  • 4 sdm tepung tapioka
  • 4 sdt paprika bubuk 

Bahan pelengkap:

  • 250 gram keju mozarella
  • 250 gram keju cheddar melt

2. Campurkan bahan marinasi dengan sayap ayam  

Resep Korean Chicken Wings Chesse Barbeque, Menu Khas Malam Tahun Baruilustrasi marinasi ayam (unsplash.com/phambot)

Siapkan wadah marinasi untuk mencampur bumbu marinasi dan ayam. Kemudian campurkan bahan-bahan marinasi seperti gochujang paste, bawang putih, minyak wijen, kecap asin, saus teriyaki, merica dan gula pasir.

Campurkan ke dalam wadah bersama dengan sayap ayam. Kemudian ungkep atau didiamkan di kulkas selama minimal 30 menit agar bumbu marinasi meresap dengan sempurna.

Baca Juga: Resep Sayap Ayam Pedas Manis untuk Lauk di Rumah, Bikin Nagih!

3. Campurkan bahan tepung untuk membalut ayam 

Resep Korean Chicken Wings Chesse Barbeque, Menu Khas Malam Tahun Baruilustrasi campuran tepung (unsplash.com/macroman)

Lanjutkan dengan menyiapkan bahan tepung untuk membalur ayam. Campur tepung terigu, tepung tapioka, dan paprika bubuk lalu aduk hingga semua bahan tercampur rata. Kemudian masukkan sayap ayam satu per satu ke dalam tepung.

Pastikan seluruh bagian ayam terkena tepung dan tekan sedikit agar tepung lebih menempel tebal pada permukaan kulit ayam.

4. Goreng sayap ayam dan campurkan ke saus barbaque 

Resep Korean Chicken Wings Chesse Barbeque, Menu Khas Malam Tahun Baruilustrasi menggoreng sayap ayam (unsplash.com/tysonbrand)

Langkah selanjutnya goreng sayap ayam yang telah berbalut tepung ke dalam minyak panas. Pastikan api untuk menggoreng sayap ayam tidak terlalu besar agar ayam matang merata hingga kecokelatan.

Selanjutnya, siapkan wajan untuk memasak saus. Panaskan wajan dan masukkan saus sambal, gochujang paste, saus teriyaki, bubuk cabai dan air. Masak hingga matang merata dan air sedikit surut. Kemudian masukkan sayap ayam yang telah digoreng sebelumnya.

Aduk hingga semua saus tercampur merata di seluruh permukaan sayap ayam.

5. Siapkan keju dan sajikan bersama sayap ayam 

Resep Korean Chicken Wings Chesse Barbeque, Menu Khas Malam Tahun Baruilustrasi spicy korean wings (pexels.com/rodnae-prod)

Terakhir siapkan wadah untuk menyajikan sayap ayam. Kamu bisa menggunakan hotplate jika ada atau piring biasa. Letakkan sayap ayam pada hotplate yang sudah dipanaskan. Kemudian lelehkan keju mozarella dan keju cheddar.

Sajikan sayap ayam berdampingan dengan keju leleh tersebut. Kamu bisa memilih untuk menggulung ayam dengan lelehan keju atau memakan ayam dengan saus keju yang dicocol.

Membuatnya cukup mudah, bukan? Selain cocok untuk dijadikan camilan, juga bisa untuk menu makan malam. Soal rasa sudah tentu tak diragukan lagi nikmatnya. Selamat mencoba!

Baca Juga: Resep Sayap Ayam Isi ala Hokben, Siap-siap Ketagihan sama Gurihnya

It's Me, Sire Photo Verified Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya