Comscore Tracker

8 Makanan Olahan Aci yang Dijamin Bikin Kamu Ketagihan

Jangan remehkan kenikmatan makanan ini

Apa sih sebenarnya aci itu? Bagi kamu yang sering mendengar tetapi masih sulit membedakan, sebenarnya aci merupakan nama lain dari tepung tapioka atau tepung kanji. Di daerah Jawa Barat, tepung tersebut lebih familiar dengan sebutan aci. 

Aci berasal dari umbi akar ketela pohon, yaitu singkong. Dari sebuah singkong, kemudian diekstrak hingga diperoleh patinya. Kegunaan aci banyak dimanfaatkan dalam pembuatan makanan-makanan tradisional. Banyak sekali makanan yang dapat dibuat dari aci loh. Penggunaannya kini pun semakin meningkat.

Jika kamu bingung mau mengolah aci menjadi apa, berikut ini referensi yang dapat kamu coba.

 

1. Cireng

8 Makanan Olahan Aci yang Dijamin Bikin Kamu Ketagihanhttp://www.resepsedapku.com/

Cireng merupakan singkatan dari aci di goreng. Cara membuatnya sederhana. Cukup dengan mencampurkan aci, daun bawang yang telah diiris, bumbu penyedap seperti garam dan bawang putih, beserta air hangat. Setelah itu kamu tinggal berkreasi membentuknya.

Adonan cireng yang telah dibentuk, diistirahatkan terlebih dulu di dalam lemari es sekitar 15 menit. Kemudian, panaskan minyak dan cireng pun siap di goreng. Kini, variasi cireng semakin beragam. Tak sekedar aci, cireng memiliki berbagai isian mulai dari daging, sosis, bahkan ada juga yang isi keju. Selain itu, ada juga inovasi baru berupa cireng rujak. Ya, cireng ini dimakan dengan tambahan bumbu rujak. Rasa gurih-gurih pedas siap menggoyang lidahmu.

2. Cilok

8 Makanan Olahan Aci yang Dijamin Bikin Kamu Ketagihanhttp://bacaterus.com/

Kalau yang satu ini merupakan aci yng dicolok. Yups, cilok! Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat cilok tidak jauh berbeda dengan bahan untuk membuat cireng. Yang membedakannya adalah proses pembuatan dan bentuknya. Bentuk cilok pada umumnya bulat. Dan cara membuatnya tidak digoreng melainkan direbus.

Bulatan adonan yang telah dibentuk dimasukkan ke dalam air yang mendidih. Jika ingin rasa cilokmu semakin khas, kamu pun bisa menggunakan air rebusan kaldu. Tunggu beberapa menit hingga cilokmu mengambang di permukaan dan kemudian tiriskan. Cilok ini dapat disantap dengan cocolan bumbu kacang.

3. Cimol

8 Makanan Olahan Aci yang Dijamin Bikin Kamu Ketagihanhttp://www.idememasak.com/

Aci digemol atau yang akrab disebut cimol. Bentuknya bulat seperti cilok namun ukurannya berbeda. Cimol tak sebesar cilok. Dalam membuat cimol, kamu bisa menambahkan campuran tepung terigu ke dalam adonan. Selanjutnya bulatan cimol akan melalui tahap penggorengan. Akan tetapi, jangan langsung nyalakan api. Biarkan cimol terendam dulu di dalam minyak goreng baru kemudian kompor dinyalakan. Hal tersebut supaya menghindari timbulnya letupan. Taburkan bubuk perasa seperti keju atau barbeque di atas cimol yang telah digoreng tersebut.

4. Cilor

8 Makanan Olahan Aci yang Dijamin Bikin Kamu Ketagihanhttps://www.money.id

Cilor adalah aci telor. Adonan aci yang telah disiapkan kemudian dibentuk bulat memanjang. Kemudian rebus hingga matang. Tahapan pembuatan cilor tak berhenti sampai disitu. Setelahnya, adonan aci yang telah direbus dipotong-potong dadu. Kemudian campurkan aci rebus tersebut dengan telor.

Panaskan penggorengan dan tuang campuran tersebut. Kamu bisa menggunakan penggorengan yang memiliki beberapa bentuk bulatan sehingga cilor yang dihasilkan pun dapat terbentuk dengan baik. Ada juga loh sebutan cilor sate. Ya, potongan aci rebus digabung dalam tusukan sate kemudian dibalut dengan kocokan telur. Jika ingin lebih simple maka kamu tinggal membeli cilok, kemudian kamu dapat membalutnya saja dengan telur. Tadaaa, jadilah cilor!

5. Bakso Aci

8 Makanan Olahan Aci yang Dijamin Bikin Kamu Ketagihanhttps://ramesiamesin.com

Bakso aci tidak sepenuhnya mengandung aci. Tetapi digunakan pula tambahan tepung sagu dan sedikit daging. Bakso aci biasanya dibuat untuk mengurangi biaya pembuatan bakso. Jika bakso daging memerlukan biaya produksi yang tinggi, berbeda halnya dengan bakso aci ini. Karena lebih banyak mengandung aci maka harganya pun lebih murah. Namun, jangan khawatir dengan rasanya. Menggunakan kuah dengan berbagai rempah-rempah akan tetap membuatmu nikmat saat menyantapnya. Terlebih disajikan ketika cuaca sedang hujan.

6. Batagor

8 Makanan Olahan Aci yang Dijamin Bikin Kamu Ketagihanhttp://bacaterus.com/

Bakso tahu goreng, disingkat dengan nama batagor. Namanya memang tidak mengandung nama aci. Lalu dimana letak penggunaan acinya? Kamu tentu pernah melihat tahu yang memiliki isian saat berada di tukang batagor, bukan? Nah, isian tersebut berbahan campuran aci. Digunakan pula tepung terigu, telur dan bumbu-bumbu. Jika memiliki biaya lebih, kamu dapat menambah citarasanya dengan menggunakan hancuran ikan tenggiri. Kemudian isikan ke dalam tahu. Goreng dan jadilah bakso tahu goreng.

7. Siomay

8 Makanan Olahan Aci yang Dijamin Bikin Kamu Ketagihanhttp://blogoinformasi.com/

Siomay berbahan dasar aci? Ya, mirip dengan batagor yang telah dijelaskan sebelumnya. Meskipun namanya tidak mengandung unsur aci, namun dalam membuat siomay diperlukan juga bahan berupa aci. Siomay memang identik dengan ikan tenggiri. Kamu dapat mengkombinasikan kedua bahan tersebut sehingga menghasilkan siomay yang lezat dan ekonomis.

Dalam membuat siomay biasanya pun lebih sering digunakan kulit pangsit untuk membungkusnya. Kemudian kulit pangsit yang telah diisi adonan pun dikukus beberapa menit. Siomay akan semakin nikmat disantap dengan siraman saus kacang dan perasan jeruk limau.

8. Cipuk

8 Makanan Olahan Aci yang Dijamin Bikin Kamu Ketagihanhttp://burayotpancawarna.blogspot.co.id/

Cipuk merupakan oleh-oleh khas dari daerah Jawa Barat, tepatnya Garut. Cipuk adalah aci kerupuk. Cemilan ini dibuat dengan cara menghancurkan kerupuk mentah kemudian biarkan terendam dengan air selama lima menit. Setelah ditiriskan, kerupuk tersebut dicampur dengan aci dan bahan-bahan lainnya seperti air, bawang merah, garam, dan penyedap rasa.

Adonan cipuk lalu dicetak menggunakan bambu yang dibuat seperti paralon. Tekan adonan cipuk di dalam paralon bambu hingga airnya surut. Setelah itu, kukuslah selama kurang lebih 30 menit. Cipuk yang telah direbus kemudian diiris dan dapat segera digoreng. Jika kamu berkunjung ke wilayah Garut, kamu dapat membeli cipuk dengan harga sekitar Rp. 12.000 saja.

Kedelapan makanan diatas merupakan pilihan cemilan yang dapat kamu konsumsi di waktu senggang. Meskipun cemilan aci tersebut rasanya nikmat, namun jangan terlampau banyak mengonsumsinya dan tetap konsumsi makanan bernutrisi lainnya untuk mengisi perutmu ya!

Nuraini Fathiarisa Photo Verified Writer Nuraini Fathiarisa

Looking for a job

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya