Comscore Tracker

Resep Banana Muffin, Ide Olahan Pisang yang Nikmat dan Mudah Dibuat

Cocok jadi kudapan saat menikmati momen santai

Pisang merupakan buah yang memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Buah yang identik berwarna kuning ini kaya akan serat, karbohidrat, protein, vitamin B, vitamin C, dan lain sebagainya.

Pisang biasanya dinikmati secara langsung atau diolah menjadi berbagai macam makanan. Salah satu olahan pisang yang lezat adalah banana muffin.

Buat kamu yang ingin mencicipi olahan pisang yang tak membosankan, coba buat banana muffin sendiri di rumah, yuk! Bahan-bahannya mudah didapatkan, kok. Langkah membuatnya juga gak ribet. Kalau kamu ingin membuatnya, yuk, simak resep banana muffin di bawah ini!

1. Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan

Resep Banana Muffin, Ide Olahan Pisang yang Nikmat dan Mudah Dibuatilustrasi mentega dan tepung (pexels.com/@markusspiske)

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat banana muffin adalah sebagai berikut.

  • 90 gram tepung terigu
  • 40 gram mentega leleh
  • 40 gram gula
  • 1 butir telur
  • 20 ml susu
  • 3 gram baking powder
  • 2 gram bubuk kayu manis
  • 2 gram garam
  • 1 buah pisang ambon

2. Kocok telur, gula, dan bahan-bahan lain 

Resep Banana Muffin, Ide Olahan Pisang yang Nikmat dan Mudah Dibuatilustrasi adonan (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Pertama, siapkan wadah, lalu kocok telur hingga merata. Gunakan whisk untuk mengocok telur. Kemudian, tambahkan gula dan aduk kembali hingga kedua bahan tercampur rata.

Setelah tercampur rata, langkah selanjutnya adalah menambahkan mentega yang telah dilelehkan dan susu. Aduk semua bahan tadi hingga tercampur secara merata.

3. Tambahkan pisang yang telah dihaluskan 

Resep Banana Muffin, Ide Olahan Pisang yang Nikmat dan Mudah Dibuatilustrasi adonan (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Haluskan pisang ambon yang akan ditambahkan pada adonan. Jika tidak ada pisang ambon, kamu dapat menggunakan jenis pisang lain. Pilih pisang dengan kualitas yang bagus dan rasanya tidak terlalu asam. Setelah pisang dimasukkan, aduk adonan tersebut hingga rata.

Kemudian, tambahkan tepung terigu, baking powder, dan bubuk kayu manis dengan cara diayak. Gunakan bantuan saringan. Setelah itu, aduk menggunakan spatula hingga semua bahan tercampur rata.

Baca Juga: Resep Avocado Lemon Muffin, Kudapan Sehat dan Lezat yang Mudah Dibuat

4. Tuang adonan dalam paper cup muffin 

Resep Banana Muffin, Ide Olahan Pisang yang Nikmat dan Mudah Dibuatilustrasi menuang adonan (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Setelah adonannya jadi, langkah selanjutnya adalah menuangkannya dalam loyang. Sebelumya, pastikan loyang telah diberi alas paper cup muffin.

Tuang adonan dalam paper cup muffin hingga ¾ bagian. Pastikan tidak menuangkan hingga penuh karena adonan ini akan mengembang saat dipanggang nanti.

5. Panggang menggunakan oven hingga matang 

Resep Banana Muffin, Ide Olahan Pisang yang Nikmat dan Mudah Dibuatilustrasi banana muffin (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Setelah semua adonan dituang dalam paper cup muffin, langkah selanjutnya adalah memanggang dalam oven. Panggang adonan tersebut dengan suhu sebesar 180 derajat Celcius.

Panggang selama kurang lebih 30 menit. Setelah matang, angkat dan sajikan selagi hangat.

Banana muffin cocok disantap saat momen santai. Jadi, sajian untuk berbagai acara keluarga atau ketika berkumpul bersama kolega.

Kamu juga bisa menikmati kudapan ini ditemani dengan es krim favoritmu, lho. Bagaimana? Tertarik untuk mencobanya? Jika ada waktu luang, langsung praktikkan resep ini di dapur, ya!

Baca Juga: Resep Apple Crumble Muffin, Teman Ngopi yang Rasanya Crunchy Banget!

Diana A Z Photo Verified Writer Diana A Z

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya