Comscore Tracker

Resep Bola Jagung Keju, Camilan Mungil yang Gurih dan Mengenyangkan

Cocok jadi camilan santai untuk keluarga tercinta nih

Butuh inspirasi camilan gurih untuk keluarga? Bola jagung keju bisa jadi pilihan, nih. Makanan mungil satu ini bisa jadi santapan saat sedang santai bersama keluarga. Perpaduan rasa manis dari jagung dan gurih dari keju dijamin bakal bikin lidah ketagihan. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat camilan ini juga mudah dijumpai lho.

Tak hanya itu, cara membuatnya juga tidak ribet. Penasaran dengan resepnya? Simak di bawah ini, ya!

1. Siapkan bahan-bahan yang akan digunakan 

Resep Bola Jagung Keju, Camilan Mungil yang Gurih dan Mengenyangkanilustrasi jagung (pexels.com/@catscoming)

Bahan-bahan untuk membuat bola jagung keju di bawah ini bisa menghasilkan tujuh belas buah. Yuk, simak rincian bahan-bahannya berikut ini!

Bahan utama:

  • 250 gram jagung manis
  • 130 gram kentang yang telah direbus
  • 40 gram daun bawang cincang
  • 60 gram cream cheese
  • 20 gram bubuk keju parmesan
  • 50 gram tepung maizena
  • 0,5 bubuk cabai
  • Keju mozzarella secukupnya
  • Tepung roti secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Lada bubuk secukupnya

Bahan topping:

  • Parutan keju parmesan secukupnya
  • Parsley secukupnya

2. Haluskan kentang dan campur dengan bahan-bahan lainnya 

Resep Bola Jagung Keju, Camilan Mungil yang Gurih dan Mengenyangkanilustrasi adonan (youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Pertama, haluskan kentang yang telah direbus. Kemudian tuang ke dalam wadah. Setelah itu, tambahkan jagung manis ke dalam wadah tersebut.

Kamu dapat menggunakan jagung kaleng atau menggunakan jagung hasil rebusan sendiri. Pastikan pilih jagung yang manis agar rasanya semakin enak.

Setelah itu, tambahkan cream cheese, bubuk keju parmesan, daun bawang, tepung maizena, bubuk cabai, lada bubuk, dan garam. Kemudian aduk semua bahan-bahan tadi hingga menjadi adonan yang tercampur rata.

Baca Juga: Resep Almond Cheese Cookies untuk Stok Camilan, Lebih Hemat!

3. Bentuk adonan menjadi bulat dan beri keju di dalamnya  

Resep Bola Jagung Keju, Camilan Mungil yang Gurih dan Mengenyangkanilustrasi mengisi adonan dengan keju (youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Bentuk adonan adonan yang telah dibuat tadi menjadi bulatan kecil. Pastikan tanganmu telah dilumuri dengan sedikit minyak agar adonan tidak lengket di tangan. Ambil adonan kurang lebih satu sendok makan, lalu bentuk menjadi bulat.

Tambahkan keju mozarella di dalamnya. Setelah itu tutup kembali adonan hingga berbentuk bulat. Pastikan keju mozzarella-nya tertutup oleh adonan dengan baik agar tidak bocor saat digoreng nanti. Lakukan langkah ini hingga semua adonan habis.

4. Lumuri adonan dengan tepung roti 

Resep Bola Jagung Keju, Camilan Mungil yang Gurih dan Mengenyangkanilustrasi melumuri adonan dengan tepung roti (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Lumuri adonan yang telah dibentuk bulat dengan tepung roti. Pastikan setiap permukaannya terlumuri oleh tepung roti dengan baik.

Lakukan langkah ini hingga semua adonan abis. Jangan lupa juga untuk melumuri adonan tadi dengan tepung roti, ya.

5. Goreng dalam minyak panas hingga matang 

Resep Bola Jagung Keju, Camilan Mungil yang Gurih dan Mengenyangkanilustrasi menggoreng adonan (youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Selanjutnya, goreng adonan bola jagung keju ke dalam minyak panas. Gunakan api sedang dan minyak yang agak banyak agar adonan matang dengan sempurna. Jangan lupa balik sisi lain adonan tadi agar tidak gosong.

Setelah berwarna cokelat keemasan, angkat dan tiriskan. Sajikan dengan topping berupa parutan keju parmesan dan parsley secukupnya. Bola jagung keju pun siap dinikmati.

Apabila tidak ingin menggoreng semua bola jagung keju, kamu dapat menyimpan sisa adonan tersebut ke dalam freezer. Adonan menjadi lebih awet sehingga kamu dapat menggorengnya kapan saja.

Bola jagung keju akan semakin nikmat disantap saat hangat ditemani dengan cocolan saus sambal. Tiap gigitan dijamin bakal ketagihan. Selamat mencoba!

Baca Juga: Resep Kentang Katsu yang Renyah untuk Stok Lauk Buka dan Sahur

Diana A Z Photo Verified Writer Diana A Z

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya