Comscore Tracker

Resep Bolu Gulung Isi Buah, Manis dan Asamnya Menggoda!

Perpaduan rasa manis dan asamnya bikin ketagihan

Aneka buah, seperti stroberi, kiwi, dan jeruk memiliki kandungan vitamin yang bermanfaat bagi tubuh. Terdapat banyak cara untuk menikmati buah. Kamu dapat memakannya langsung atau mengolahnya menjadi jus atau bahan campuran dessert.

Salah satu ide kreasi dari buah adalah bolu gulung. Bolu gulung dengan isian krim dan aneka potongan buah segar terasa nikmat. Kamu dapat membuatnya sendiri di rumah, lho. Bahan-bahannya mudah ditemukan dan caranya simpel.

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan 

Resep Bolu Gulung Isi Buah, Manis dan Asamnya Menggoda!ilustrasi bahan-bahan (pexels.com/@flora-westbrook)

Bahan utama

  • 2 putih telur
  • 50 gram gula
  • 50 gram kuning telur
  • 2 gram ekstrak vanila
  • 55 gram tepung terigu
  • 15 gram mentega leleh
  • 20 ml susu

Bahan krim isian:

  • 70 gram fresh cream
  • 10 gram gula
  • potongan buah stroberi, kiwi, dan jeruk secukupnya

2. Kocok putih telur dan gula hingga mengembang

Resep Bolu Gulung Isi Buah, Manis dan Asamnya Menggoda!ilustrasi adonan (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Siapkan wadah, lalu masukkan putih telur ke dalamnya. Kocok menggunakan mikser, lalu tambahkan gula secara bertahap sambil dikocok konsisten.

Campur kedua bahan tersebut hingga mengembang menjadi busa. Kemudian, masukkan kuning telur dan ekstrak vanila. Aduk kembali dengan menggunakan mikser sampai putih berjejak. 

3. Tambahkan tepung terigu dan bahan lainnya 

Resep Bolu Gulung Isi Buah, Manis dan Asamnya Menggoda!ilustrasi adonan (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Setelah semua tercampur merata, masukkan tepung terigu. Tambahkan tepung terigu dengan cara diayak menggunakan saringan agar lebih lembut.

Hal tersebut dilakukan juga supaya tidak ada tepung yang menggumpal sehingga akan terbentuk adonan yang lembut. Aduk adonan bolu menggunakan spatula. Kemudian, tambahkan susu dan mentega yang telah dilelehkan.

Baca Juga: Resep Bolu Gulung Pandan Tanpa Oven, Cara Buatnya Gampang!

4. Tuang dan panggang adonan bolu gulung

Resep Bolu Gulung Isi Buah, Manis dan Asamnya Menggoda!ilustrasi adonan dalam loyang (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Siapkan loyang berbentuk persegi dengan ukuran 22,5 cm x 22,5 cm. Lapisi loyang menggunakan baking paper pada semua sisinya. Tuang adonan ke dalam loyang, ratakan menggunakan spatula dan hentakkan agar tidak ada gelembung dalam adonan.

Setelah it, panggang adonan ke dalam oven dengan suhu 170 derajat Celcius. Panggang selama 15 menit. Setelah matang, segera angkat dan diamkan pada suhu ruang.

5. Gulung kue dengan krim dan potongan buah

Resep Bolu Gulung Isi Buah, Manis dan Asamnya Menggoda!ilustrasi fruits roll cake (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Untuk membuat krimnya, campurkan fresh cream dan gula dalam wadah. Kemudian, kocok kedua bahan menggunakan mikser hingga mengembang jadi krim. Olesi krim di bagian atas kue yang telah matang.

Selanjutnya, beri potongan buah-buahan, seperti stroberi, kiwi, jeruk, leci, mangga, dan lain sebagainya sesuai selera. Gulung kue tersebut dan masukkan ke dalam kulkas agar memadat. Setelah memadat, potong bolu gulung isi buah sesuai selera dan sajikan.

Cara membuatnya simpel banget, kan? Bolu gulung isi buah ini cocok jadi dessert saat santai. Manis dan segarnya bakal memanjakan lidahmu. Langsung bikin di rumah, yuk!

Baca Juga: 10 Kreasi Bolu Kukus Paling Populer, Lembut Banget di Mulut

Diana A Z Photo Verified Writer Diana A Z

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya