Comscore Tracker

Resep Cake Caramel, Ide Kue Ulang Tahun Lezat dan Simpel

Gak perlu beli, kamu bisa bikin kue ulang tahun sendiri, lho

Ulang tahun merupakan momen spesial bagi banyak orang. Biasanya orang-orang merayakan hari spesial tersebut dengan meniup lilin dari kue ulang tahun. Nah, buat kamu yang ingin memberikan kejutan tersebut untuk orang tersayang, kamu bisa bikin kue sendiri melalui resep cake berikut. Ya, caramel cake menjadi salah satu kue yang mudah dibuat.

Caramel cake ini cocok dibuat oleh para pemula. Penasaran dengan langkah membuatnya? Berikut resep caramel cake yang bisa kamu praktikkan di rumah.

1. Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan 

Resep Cake Caramel, Ide Kue Ulang Tahun Lezat dan Simpelilustrasi tepung terigu (pixabay.com/users/vugarahmadov-16884529)

Untuk membuat seloyang kue caramel, kamu membutuhkan bahan-bahan berikut ini, ya. Jangan sampai ada yang terlewat!

Bahan kue:

  • 140 gram telur
  • 100 gram gula pasir
  • 10 gram sirup jagung
  • 2 gram esktrak vanila
  • 90 gram tepung terigu
  • 25 gram mentega tawar leleh
  • 40 gram susu cair
  • Sirup gula secukupnya
  • Kacang tanah cincang

Bahan saus karamel:

  • 75 gram gula pasir
  • 15 gram air
  • 100 gram whipping cream

Bahan krim:

  • 180 gram whipping cream
  • 250 gram cream cheese
  • 40 gram saus karamel

2. Buat adonan kue 

Resep Cake Caramel, Ide Kue Ulang Tahun Lezat dan Simpelilustrasi mengocok telur (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Siapkan wadah. Masukkan telur, gula pasir, sirup jagung, dan ekstrak vanila ke dalam wadah tersebut. Taruh wadah tersebut di atas panci yang berisi air panas. Kemudian aduk semua bahan yang ada di wadah tadi. Kemudian angkat wadah tersebut. Lalu kocok adonan di dalamnya dengan mixer hingga mengembang.

Tambahkan dengan tepung terigu dengan cara diayak. Aduk kembali adonan tersebut hingga merata. Selanjutnya, tambahkan dengan susu cair dan mentega cair yang telah dilelehkan. Aduk kembali hingga semua bahan menjadi adonan yang menyatu sempurna.

3. Tuang adonan dalam loyang dan panggang dalam oven 

Resep Cake Caramel, Ide Kue Ulang Tahun Lezat dan Simpelilustrasi adonan dalam loyang (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Siapkan adonan berbentuk bulat. Gunakan loyang dengan diameter sebesar 15 cm. Lalu lapisi loyang tersebut dengan baking paper. Tuang adonan kue ke dalam loyang tersebut. Panggang adonan dalam oven hingga matang. Panggang dengan suhu sebesar 170 derajat celcius selama kurang lebih 35 menit.

Setelah matang, angkat dan dinginkan di suhu ruang. Selanjutnya, potong kue tersebut secara horizontal menjadi tiga bagian.

Baca Juga: Resep Cake Bayam yang Menyehatkan, Cocok buat Camilan Selingan  

4. Buat saus karamel dan krim olesan 

Resep Cake Caramel, Ide Kue Ulang Tahun Lezat dan Simpelilustrasi karamel (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Untuk membuat saus karamel, pertama, siapkan panci kecil. Masukkan gula dan air sesuai takaran ke dalam panci tersebut. Nyalakan kompor. Masak kedua bahan tersebut dengan api kecil. Setelah gula larut dan mendidih, matikan kompor.

Kemudian masukkan whipping cream ke dalamnya. Aduk hingga tercampur rata. Lalu masak kembali dengan api kecil. Setelah mengental, angkat dan matikan kompor. Saus karamel siap digunakan.

Untuk membuat krim olesan, pertama siapkan wadah dan bahan. Masukkan whipping cream ke dalam wadah. Kocok dengan mixer hingga mengembang. Lalu masukkan krim keju dan 40 gram saus karamel yang telah dibuat tadi. Kocok kembali dengan mixer hingga tercampur. Krim siap digunakan.

5. Susun kue, saus karamel, dan krim menjadi kue ulang tahun 

Resep Cake Caramel, Ide Kue Ulang Tahun Lezat dan Simpelilustrasi menuang karamel (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Siapkan kue, saus karamel, dan krim. Ambil satu bagian kue, olesi dengan sirup gula. Kemudian olesi dengan krim yang telah dibuat tadi. Ratakan krim ke seluruh permukaan kue. Lalu beri saus karamel di atasnya. Kemudian tumpuk dengan kue lagi dan lakukan langkah yang sama dengan sebelumnya sebanyak dua kali lagi.

Setelah tiga kue tersusun, pastikan lapisi bagian samping kue dengan krim. Rapikan olesan krim dengan alat perata krim kue. Terakhir, hiasi bagian atas kue dengan saus karamel dan taburan kacang tanah cincang. Caramel cake siap disajikan.

Tinggal beri lilin di tengahnya, caramel cake ini siap jadi kue ulang tahun. Jadi, gimana? Tertarik untuk membuat resep cake ini di dapur kamu, gak, nih?

Baca Juga: Resep Cake Chiffon Keju Cheddar ala Rumahan, Cocok untuk Bingkisan

Diana A Z Photo Verified Writer Diana A Z

be grateful

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya