Comscore Tracker

Resep Cheese Potato Bread, Ide Kudapan Mengenyangkan untuk Keluarga

Kejunya lumer banget di mulut!

Kentang dapat diolah menjadi berbagai macam kreasi makanan. Salah satu jenis umbi-umbian yang kaya akan karbohidrat ini dapat disulap menjadi kudapan melezatkan. Jika kamu memiliki bahan-bahan berupa kentang, keju, dan tepung terigu, maka kamu dapat mengolahnya menjadi kudapan nikmat, yaitu cheese potato bread.

Cukup dengan bahan-bahan yang sederhana saja kamu sudah dapat menikmati kudapan yang tak kalah lezat dengan pizza, lho!

Penasaran bagaimana cara membuat cheese potato bread ini? Simak resep cheese potato bread yang bisa kamu praktikkan di rumah ini. Langsung eksekusi di dapur, ya!

1. Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan 

Resep Cheese Potato Bread, Ide Kudapan Mengenyangkan untuk Keluargailustrasi mentega dan tepung (pexels.com/@markusspiske)

Bahan-bahan untuk membuat cheese potato bread dibagi menjadi tiga jenis. Berikut adlah bahan-bahan tersebut.

Bahan adonan roti:

  • 220 gram tepung terigu
  • 35 gram gula
  • 2 gram garam
  • 4 gram ragi kering
  • 160 gram susu hangat
  • 25 gram mentega tawar

Bahan adonan kentang:

  • 230 gram kentang rebus
  • 30 gram mayonnaise
  • 0,5 gram garam
  • 50 gram jagung rebus
  • Daun parsley kering secukupnya
  • 150 gram keju mozzarella

Bahan topping:

  • 150 gram keju mozzarella
  • Daun parsley kering secukupnya

2. Buat adonan roti 

Resep Cheese Potato Bread, Ide Kudapan Mengenyangkan untuk Keluargailustrasi menguleni adonan (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Siapkan wadah. Tuang tepung terigu ke dalam wadah. Masukkan gula, garam, dan ragi kering ke dalam wadah. Aduk menggunakan spatula hingga semua bahan tercampur rata. Tambahkan susu hangat, lalu aduk hingga tercampur rata. Untuk mempermudah proses pencampuran, uleni adonan hingga menjadi kalis.

Kemudian, tambahkan mentega tawar pada adonan tersebut. Uleni kembali hingga mentega tawar menyatu dengan adonan. Setelah kalis, diamkan dalam wadah yang tertutup selama kurang lebih 1 jam agar adonan mengembang.

Baca Juga: Resep Pancake Kentang tanpa Kentang yang Lezat ala Yunhyeong IKON

3. Buat adonan kentang 

Resep Cheese Potato Bread, Ide Kudapan Mengenyangkan untuk Keluargailustrasi adonan kentang (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Haluskan kentang yang telah direbus. Tambahkan mayonnaise dan garam, lalu aduk hingga ketiga bahan tercampur rata.

Setelah itu, tambahkan jagung rebus dan daun parsley kering. Kamu boleh juga menggunakan jagung kaleng yang siap digunakan, ya! Kemudian, aduk hingga semua bahan tercampur secara merata.

4. Bentuk adonan roti menjadi bulat pipih dan beri adonan kentang di atasnya 

Resep Cheese Potato Bread, Ide Kudapan Mengenyangkan untuk Keluargailustrasi adonan (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Uleni adonan roti yang telah mengembang. Kemudian, pipihkan adonan tersebut menggunakan alat penggilas. Setelah itu, beri adonan kentang di atasnya. Tambahkan keju mozarella yang telah diparut.

Tarik adonan roti menutupi adonan kentang dan keju tadi. Pastikan untuk menutupnya dengan rapat agar tidak ada isian yang keluar. Letakkan di dalam loyang. Beri lekukan pada bagian atas adonan roti menjadi spiral. Beri topping berupa potongan keju mozzarella di lekukan tadi. Taburi juga dengan daun parsley kering sesuai selera.

5. Panggang dalam oven hingga matang 

Resep Cheese Potato Bread, Ide Kudapan Mengenyangkan untuk Keluargailustrasi cheese potato bread (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Sebelum dipanggang, diamkan adonan roti pada suhu ruangan selama 15 menit. Setelah itu, panggang dalam oven dengan suhu 170 derajat Celcius. Panggang selama kurang lebih 20 menit. Pastikan oven telah dipanaskan sebelumnya.

Setelah matang, angkat dan olesi bagian atasnya dengan mentega yang telah dilelehkan. Potong cheese potato bread sesuai selera dan nikmati selagi hangat.

Lembutnya roti yang dipadukan dengan lumernya keju bikin mulut nggak berhenti ngunyah. Kudapan satu ini juga bisa dijadikan makanan untuk sang anak jika bosan menyantap nasi. Sajikan dengan saus agar semakin nikmat, ya. Selamat mencoba!

Baca Juga: Resep Pizza Kentang Teflon, Menu Simple untuk Keluarga saat Weekend

Diana A Z Photo Verified Writer Diana A Z

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya