Comscore Tracker

Resep Chocolate Cake Bar, Kudapan Manis yang Bikin Mood Naik

Nikmat cokelat tiada tara

Berbagai kudapan berbahan cokelat mudah dijumpai di sekitar kita. Baik anak-anak hingga orang tua banyak yang menyukai kudapan rasa cokelat. Aneka resep kudapan berbahan cokelat dapat dengan mudah kita temukan di buku resep atau di media sosial.

Salah satu kudapan berbahan cokelat yaitu chocolate cake bar. Kudapan yang satu ini dapat dijadikan sajian saat acara keluarga, arisan, ulang tahun, dan lain sebagainya. Penasaran dengan langkah membuatnya? Baca resep chocolate cake bar di bawah ini, yuk!

1. Siapkan bahan-bahan yang digunakan 

Resep Chocolate Cake Bar, Kudapan Manis yang Bikin Mood Naikilustrasi tepung terigu (pixabay.com/vugarahmadov-16884529)

Bahan adonan kue:

  • 155 gram telur
  • 70 gram gula pasir
  • 10 gram madu
  • 2 gram ekstrak vanilla
  • 30 gram mentega tawar
  • 45 gram susu
  • 90 gram tepung terigu
  • 15 gram bubuk kakao
  • 100 gram macadamia chocolate

Bahan krim:

  • 150 gram whipping cream
  • 50 gram susu kental manis

Bahan topping:

  • 180 gram dark chocolate
  • 90 gram whipping cream

2. Buat adonan kue 

Resep Chocolate Cake Bar, Kudapan Manis yang Bikin Mood Naikilustrasi adonan (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Siapkan bahan dan wadah. Masukkan telur dan gula pasir ke dalam wadah. Kocok hingga tercampur rata. Tambahkan dengan madu dan esktrak vanilla. Lalu, hangatkan sebentar di atas panci yang berisi air panas. Setelah hangat, kocok bahan-bahan tersebut dengan mixer.

Tambahkan juga dengan tepung terigu dan bubuk kakao. Aduk semua bahan tadi hingga menjadi adonan yang menyatu. Kemudian, tambahkan dengan susu dan mentega tawar yang telah dilelehkan. Aduk kembali semua bahan hingga tercampur rata. Terakhir, masukkan macadamia chocolate yang telah dicincang kasar.

Baca Juga: Resep Chocolate Fudge Cake yang Lembut dan Lumer di Mulut 

3. Panggang dalam oven hingga matang 

Resep Chocolate Cake Bar, Kudapan Manis yang Bikin Mood Naikilustrasi adonan dalam loyang (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Siapkan loyang berukuran 15 cm x 15 cm. Kemudian, lapisi loyang tersebut dengan baking paper. Lalu, tuang adonan kue ke dalam loyang tersebut. Panggang menggunakan oven bersuhu 170 derajat celcius selama kurang lebih 35 menit.

Setelah matang, angkat dan biarkan sejenak di suhu ruang. Setelah kue tidak terlalu panas, potong kue tersebut secara horizontal menjadi dua bagian.

4. Buat adonan krim sebagai isian 

Resep Chocolate Cake Bar, Kudapan Manis yang Bikin Mood Naikilustrasi menuang krim dalam loyang (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Siapkan bahan dan wadah. Masukkan whipping cream yang telah didinginkan dan kental manis ke dalam wadah. Kocok kedua bahan tersebut dengan mixer hingga menyatu. Krim siap digunakan.

Siapkan loyang dan kue yang telah dibagi menjadi dua bagian. Kemudian, masukkan satu bagian kue ke dalam loyang tersebut. Lalu, taruh krim di atasnya. Oles hingga merata. Kemudian, tumpuk lagi dengan lapisan kue yang lain. Setelah itu, masukkan ke dalam kulkas selama kurang lebih 2 jam hingga kue dan krim mengeras.

5. Potong kue menjadi persegi panjang dan balur dengan cokelat 

Resep Chocolate Cake Bar, Kudapan Manis yang Bikin Mood Naikchocolate cake bar (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Lelehkan dark chocolate yang dicampur dengan whipping cream. Kemudian siapkan kue yang telah dimasukkan dalam kulkas tadi. Lalu, potong kue tersebut menjadi bagian kecil berbentuk persegi panjang.

Setelah itu, lumuri kue tersebut dengan lelehan dark chocolate. Selanjutnya, masukkan kue tersebut ke dalam kulkas selama kurang lebih satu jam agar cokelatnya mengeras. Chocolate cake bar siap disajikan.

Chocolate cake bar bisa menjadi kudapan santai bersama keluarga atau teman. Rasa cokelat di setiap gigitannya dijamin manjakan lidah. Yuk, langsung cobain resep ini di rumah!

Baca Juga: Resep Triple Chocolate Roll Cake, Lapisan Coklatnya Melimpah!

Diana A Z Photo Verified Writer Diana A Z

be grateful

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya