Comscore Tracker

Resep Dalgona Cheesecake yang Lembut, Simpel Gak Pakai Oven

Kombinasi rasanya yang unik siap manjakan lidah

Dalgona merupakan permen karamel khas Korea Selatan. Kemunculannya dalam serial Netflix berjudul Squid Game membuat permen ini semakin populer.

Dalgona dapat dinikmati begitu saja atau diolah menjadi berbagai kreasi makanan yang unik. Salah satu kreasi dessert dari dalgona yang wajib dicoba adalah dalgona cheesecake.

Tak perlu membeli ke toko kue, kamu pun bisa membuat dalgona cheesecake sendiri di rumah, lho. Proses membuatnya tanpa menggunakan oven sehingga mudah dan tidak ribet.

1. Siapkan bahan-bahan yang diperlukan 

Resep Dalgona Cheesecake yang Lembut, Simpel Gak Pakai Ovenilustrasi mentega (pixabay.com/users/rodeopix-8160011)

Bahan dalgona:

  • 150 gram gula
  • 1/4 sdt baking soda

Bahan cheesecake:

  • 90 gram biskuit lotus
  • 40 gram mentega tawar
  • 200 gram cream cheese
  • 40 gram gula
  • 2 gram ekstrak vanila
  • 3 gram perasan lemon
  • 5 gram gelatin
  • 150 gram whipped cream

2. Buat dalgona dengan melelehkan gula

Resep Dalgona Cheesecake yang Lembut, Simpel Gak Pakai Ovenilustrasi dalgona (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Untuk membuat dalgona cheesecake, buat dalgona terlebih dahulu. Masak gula dengan api sedang. Aduk hingga gula larut, lalu tambahkan baking soda ke dalamnya.

Setelah itu, aduk kembali hingga kedua bahan tercampur merata dan mengental. Setelah mengental, angkat dan tuang di atas baking paper. Diamkan hingga dalgona mengeras.

3. Hancurkan biskuit hingga menjadi remahan

Resep Dalgona Cheesecake yang Lembut, Simpel Gak Pakai Ovenilustrasi adonan biskuit (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Cheesecake terdiri dari dua lapis, yakni lapisan dasar yang terbuat dari biskuit dan lapisan atas yang terbuat dari krim keju. Untuk membuat lapisan dasarnya, siapkan biskuit lotus, lalu hancurkan hingga berbentuk remahan kasar.

Setelah dihancurkan, masukkan remahan biskuit lotus ke dalam wadah. Tambahkan mentega tawar yang telah dilelehkan. Aduk hingga kedua bahan tersebut tercampur secara merata.

Selanjutnya, tuang dalam cetakan berukuran 15 cm. Padatkan remahan biskuit dalam cetakan tersebut dan masukan dalam kulkas selama beberapa menit agar mengeras.

Baca Juga: Resep Raspberry Cheesecake, Nikmatnya Bikin Speechless!  

4. Aduk krim dalgona hingga berjejak

Resep Dalgona Cheesecake yang Lembut, Simpel Gak Pakai Ovenilustrasi krim (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Hancurkan dalgona yang telah mengeras tadi, lalu sisihkan dalam wadah. Kemudian, di wadah yang lain, haluskan cream cheese menggunakan whisk. Tambahkan gula, ekstrak vanila, dan perasan lemon. Aduk kembali hingga semua bahan tercampur. Kemudian tambahkan gelatin dan aduk kembali.

Selanjutnya, masukkan whipped cream. Aduk menggunakan whisk hingga semua bahan tercampur secara merata. Terakhir, tambahkan dalgona yang telah dihancurkan tadi, lalu aduk menggunakan spatula hingga merata.

5. Dinginkan cheesecake dalam kulkas

Resep Dalgona Cheesecake yang Lembut, Simpel Gak Pakai Ovenilustrasi dalgona cheesecake (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Keluarkan cetakan yang berisi lapisan dasar cheesecake tadi. Tambahkan krim dalgona di atasnya. Ratakan krim tersebut, lalu masukkan kembali ke dalam kulkas selama satu jam hingga mengeras.

Setelah didinginkan dalam kulkas, keluarkan dalgona cheesecake dari cetakan. Potong dalgona cheesecake menjadi enam bagian. Hiasi bagian atas dengan sisa remahan dalgona tadi sesuai selera. Dalgona cheesecake siap dinikmati.

Cara membuatnya mudah, kan? Kombinasi rasa keju dan dalgona pada dessert ini siap manjakan lidahmu. Saatnya kamu membuat cheesecake enak dengan kreasi unik.

Baca Juga: Resep Dalgona Tiramisu, Inovasi Dessert Box yang Unik

Diana A Z Photo Verified Writer Diana A Z

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya