Comscore Tracker

Resep Garlic Cheese Bread, Sajian Simpel dan Sedap untuk Keluarga

Bikinnya simpel gak perlu pake mixer, lho!

Kini kamu tak perlu bingung untuk memilih kudapan yang tepat untuk keluarga. Garlic cheese bread bisa jadi inspirasi kudapan mengenyangkan yang cocok disajikan untuk ramai-ramai.

Selain bahan-bahannya sederhana, cara membuatnya pun mudah. Bahkan, kamu tak perlu berlama-lama di dapur untuk menyiapkan sajian roti gurih yang satu ini, lho!

Yuk, langsung simak resep garlic cheese bread berikut!

1. Siapkan bahan-bahan yang diperlukan 

Resep Garlic Cheese Bread, Sajian Simpel dan Sedap untuk Keluargailustrasi tepung terigu (pixabay.com/vugarahmadov-16884529)

Pastikan kamu sudah menyiapkan sederet bahan yang dibutuhkan berikut ini sebelum mulai membuatnya, ya!

Bahan adonan roti:

  • 100 gram susu cair hangat
  • 80 gram air hangat
  • 4 gram ragi kering
  • 30 gram gula pasir
  • 250 gram tepung terigu
  • 3 gram garam
  • 30 gram mentega tawar

Bahan krim olesan:

  • 30 gram krim keju
  • 15 gram mentega tawar
  • 15 gram bawang putih halus
  • 10 gram madu
  • 0,5 gram garam
  • 150 gram keju mozzarella

2. Buat adonan roti 

Resep Garlic Cheese Bread, Sajian Simpel dan Sedap untuk Keluargailustrasi adonan (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Untuk membuat adonan roti, pertama siapkan bahan dan wadah. Masukkan susu cair hangat dan air hangat sesuai takaran ke dalam wadah yang tersedia. Tambahkan ragi kering dan gula pasir. Aduk semua bahan tersebut hingga tercampur. Selanjutnya, tambahkan dengan tepung terigu dan garam. Aduk kembali dengan spatula hingga semua bahan menyatu.

Untuk mempermudah agar bahannya menyatu, aduk kembali dengan tangan dan uleni hingga adonan kalis. Selanjutnya, tambahkan dengan mentega tawar sesuai takaran. Uleni kembali hingga mentega tawarnya tercampur dengan adonan. Kemudian, diamkan adonan dalam wadah tertutup selama kurang lebih satu jam hingga mengembang.

Setelah mengembang sebesar dua kali lipat, uleni kembali adonan. Bentuk menjadi bulat pipih menggunakan penggilas. Kemudian, letakkan adonan di wadah tertutup dan biarkan adonan selama 15 menit agar mengembang.

Baca Juga: 5 Tips Bikin Garlic Bread Sosis, Istimewa untuk Sajian Takjil 

3. Buat krim olesan dari krim keju dan bahan lain 

Resep Garlic Cheese Bread, Sajian Simpel dan Sedap untuk Keluargailustrasi krim olesan (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Untuk membuat olesan rotinya caranya mudah. Siapkan bahan dan wadah. Masukkan krim keju, mentega tawar, dan bawang putih yang telah dihaluskan ke dalam wadah yang sama.

Aduk ketiga bahan tersebut hingga tercampur secara merata. Tambahkan garam, madu, dan daun parsley kering. Campur semua bahan tersebut hingga menyatu. Krim siap digunakan.

4. Olesi adonan roti dengan krim dan panggang hingga matang 

Resep Garlic Cheese Bread, Sajian Simpel dan Sedap untuk Keluargailustrasi adonan (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Siapkan adonan roti yang telah dibentuk bulat pipih tadi. Kemudian, olesi dengan krim yang telah dibuat. Oles secara merata ke seluruh bagian permukaan adonan roti. Kemudian, beri irisan tipis di permukaan adonan roti tersebut.

Taburi dengan parutan keju mozzarella di sela-sela irisan tadi. Kemudian, panggang adonan roti menggunakan oven bersuhu 170 derajat celcius selama 18 menit. Pastikan oven telah dipanaskan terlebih dahulu sebelum digunakan, ya!

5. Potong garlic cheese bread sesuai selera dan sajikan 

Resep Garlic Cheese Bread, Sajian Simpel dan Sedap untuk Keluargagarlic cheese bread (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Setelah matang, angkat garlic cheese bread dari dalam oven. Kemudian, potong sesuai selera.

Setelah itu, sajikan dengan saus sambal atau saus tomat. Kini garlic cheese bread buatan kamu pun siap disantap.

Kejunya yang gurih dan lumer serta tekstur rotinya yang lembut jadi perpaduan yang pas untuk memanjakan lidah. Cocolan sambal pun makin semakin menambah kenikmatan garlic cheese bread ini. Yuk, buktikan kelezatannya sendiri!

Baca Juga: 5 Kreasi Garlic Bread yang Gurih dan Menggoda, Gak Berhenti Ngunyah!

Diana A Z Photo Verified Writer Diana A Z

be grateful

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya