Comscore Tracker

Resep Lemon Madeleine, Kudapan Mungil Khas Prancis yang Manis 

Kudapan yang satu ini memiliki bentuk kerang yang unik, lho

Siapa yang tak kenal madeleine? Madeleine merupakan kue mungil asal Perancis yang berbentuk seperti kerang. Kue lembut ini cocok sebagai kudapan pendamping teh atau kopi. Seiring berjalannya waktu, muncul banyak varian rasa madeleine.

Salah satunya varian tersebut adalah lemon madeleine. Kue ini cukup mudah untuk dibuat sendiri di rumah. Bagi yang penasaran bagaimana cara membuatnya, yuk simak resep lemon madeleine bawah ini!

1. Bahan-bahan yang diperlukan 

Resep Lemon Madeleine, Kudapan Mungil Khas Prancis yang Manis tepung terigu dan telur (pexels.com/@flora-westbrook-820907)

Untuk membuat lemon madeleine diperlukan beberapa bahan kue yang berkualitas. Bahan-bahan tersebut adalah sebagai berikut.

  • 2 butir telur
  • 85 gram gula
  • 1,5 gram garam
  • 15 gram madu
  • 2 gram esktrak vanila
  • 105 gram tepung terigu
  • 4 gram baking powder
  • 100 gram mentega cair
  • 100 gram air perasan lemon
  • Cokelat putih
  • Parutan kulit lemon

2. Campurkan bahan-bahan step by step

Resep Lemon Madeleine, Kudapan Mungil Khas Prancis yang Manis ilustrasi mencampur bahan (pexels.com/@nicole-michalou)

Masukkan telur, gula, dan garam ke dalam wadah lalu aduk hingga merata. Setelah tercampur rata, tambahkan madu dan ekstrak vanila untuk memberikan aroma yang sedap.

Kemudian, masukkan tepung terigu dan baking powder dengan cara menyaringnya terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk mendapatkan adonan yang lembut dan tidak ada yang menggumpal.

Terakhir, tambahkan mentega yang telah dicairkan, perasan lemon, dan parutan kulit lemon. Lalu aduk hingga merata.

Baca Juga: 11 Fakta Menarik Macaron, Dessert Manis dari Prancis

3. Diamkan adonan yang telah jadi ke dalam kulkas 

Resep Lemon Madeleine, Kudapan Mungil Khas Prancis yang Manis ilustrasi adonan (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Adonan yang sudah jadi perlu didinginkan dalam kulkas selama 1 jam. Hal ini bertujuan agar adonannya menjadi lebih solid.

4. Oven hingga matang sempurna 

Resep Lemon Madeleine, Kudapan Mungil Khas Prancis yang Manis ilustrasi adonan dicetak (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Olesi cetakan yang akan digunakan dengan mentega. Kemudian taburi dengan sedikit tepung agar tidak lengket. Tuang adonan ke dalam cetakan secukupnya. Lalu masak dalam oven yang telah dipanaskan sebelumnya.

Proses pengovenannya membutuhkan waktu selama 10 menit pada suhu 180 derajat celcius.

5. Balurkan dengan lelehan cokelat putih 

Resep Lemon Madeleine, Kudapan Mungil Khas Prancis yang Manis ilustrasi kudapan lemon madeleine (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Lelehkan cokelat putih secukupnya dan tambahkan parutan kulit lemon untuk memberikan cita rasa lemon. Setelah itu lapisi madeleine dengan cokelat putih ini. Diamkan selama beberapa waktu agar lapisan cokelat mengeras. Setelah itu, lemon madeleine siap dinikmati dengan teh atau kopi.

Proses membuatnya cukup sederhana, bukan? Bahan-bahannya juga mudah untuk didapatkan. Yuk, bikin lemon madeleine sendiri di rumah untuk mengisi waktu luang!

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Menarik di Prancis yang Pernah Dikunjungi Suho EXO

Diana A Photo Verified Writer Diana A

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya