Comscore Tracker

Resep Macaron Cokelat yang Simpel, Cocok untuk Pemula

Rasanya nyokelat banget

Kudapan bercita rasa cokelat banyak digemari orang. Mulai dari anak kecil hingga orang dewasa banyak yang menyukai cokelat. Cokelat dapat dijadikan bahan dessert yang nikmat, salah satunya macaron cokelat.

Kudapan berbentuk bulat yang satu ini bisa kamu buat sendiri di rumah lho. Tak perlu berlama-lama, yuk, langsung simak resep macaron cokelat di bawah ini!

1. Siapkan bahan-bahan yang diperlukan 

Resep Macaron Cokelat yang Simpel, Cocok untuk Pemulailustrasi tepung terigu (pixabay.com/users/vugarahmadov-16884529)

Bahan coque:

  • 50 gram tepung almond
  • 40 gram gula halus
  • 4 gram bubuk kakao
  • 2 gram bubuk kakao hitam
  • 40 gram putih telur
  • 40 gram gula pasir

Bahan ganache:

  • 120 gram cokelat
  • 80 gram whipping cream
  • 10 gram mentega tawar

2. Buat adonan coque 

Resep Macaron Cokelat yang Simpel, Cocok untuk Pemulailustrasi adonan (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Coque merupakan kepingan bagian luar macaron. Untuk membuat coque, ayak tepung almond, gula halus, gula pasir, bubuk kakao, dan bubuk kakao hitam. Langkah ini bertujuan agar tidak ada bubuk yang menggumpal. Setelah selesai, sisihkan.

Siapkan wadah baru. Masukkan putih telur sesuai takaran. Lalu kocok dengan mixer hingga sedikit mengembang. Selanjutnya, masukkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil ke dalam adonan putih telur tadi. Kocok kembali dengan mixer hingga adonan mengembang.

Tambahkan dengan tepung almond, gula halus, gula pasir, bubuk kakao, dan bubuk kakao hitam yang telah diayak tadi. Aduk semua bahan-bahan tersebut hingga tercampur secara merata. Terakhir, masukkan adonan ke dalam piping bag.

3. Cetak adonan dalam loyang dan panggang dalam oven 

Resep Macaron Cokelat yang Simpel, Cocok untuk Pemulailustrasi adonan dalam loyang (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Siapkan loyang yang berisi cetakan macaron berbentuk bulat. Kemudian tuang adonan coque ke cetakan yang ada di loyang tadi. Setelah semua adonan tertuang, hentak-hentakkan loyang agar tidak dapat gelembung udara di dalam adonan. Kemudian diamkan adonan di suhu ruang hingga bagian permukaannya mengering.

Setelah itu, panggang adonan coque dalam oven dengan suhu sebesar 130 derajat celcius selama kurang lebih 15 menit. Setelah coque matang, angkat dan dinginkan di suhu ruang.

Baca Juga: Resep Macaron Cokelat yang Manis dan Lembut, Cara Bikinnya Mudah!

4. Buat adonan ganache 

Resep Macaron Cokelat yang Simpel, Cocok untuk Pemulailustrasi adonan ganache (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Ganache ini nantinya digunakan sebagai isian macaron. Cara membuat ganache cukup mudah. Pertama, siapkan wadah. Masukkan cokelat dan whipping cream ke dalam wadah tersebut. Kemudian lelehkan kedua bahan tersebut. Setelah itu, tambahkan dengan mentega tawar sesuai takaran. Aduk semua bahan tadi hingga menyatu dan tercampur rata.

Kemudian bagi ganache menjadi dua bagian. Masukkan sedikit ganache ke dalam piping bag untuk menghias macaron nanti. Lalu masukkan sisa ganache ke dalam kulkas. Biarkan hingga sedikit memadat.

5. Susun coque dan ganache menjadi macaron cokelat 

Resep Macaron Cokelat yang Simpel, Cocok untuk Pemulamacaron cokelat (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Langkah terakhir adalah menyusun coque dan ganache seperti sandwich. Siapkan coque dan ganache. Tuang ganache telah didinginkan di kulkas tadi ke permukaan coque. Kemudian tumpuk dengan coque yang lain. Lalu beri ganache cair di atasnya sebagai topping. Setelah itu, simpah macaron cokelat ini ke dalam kulkas selama beberapa saat. Macaron cokelat siap dinikmati.

Cokelat yang melapisi bagian luar dan dalam macaron membuat rasanya nikmat dan nyokelat banget. Cobain sendiri, yuk!

Baca Juga: Resep Macaron Apel, Kudapan Mungil yang Kaya Rasa

Diana A Z Photo Verified Writer Diana A Z

be grateful

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya