Comscore Tracker

Resep Macaron Karamel, Ide Camilan Manis di Hari Spesial

Gak perlu beli mahal-mahal di luar, deh!

Macaron menjadi salah satu kudapan manis yang mudah dibuat bagi kamu yang sedang belajar bikin dessert. Camilan mungil ini terdiri dari coque atau adonan meringue dan isian berupa krim yang disusun seperti sandwich.

Kini, macaron tidak hanya berisi krim vanila, tetapi juga memiliki aneka rasa lain. Salah satu varian rasa macaron yang unik adalah karamel. Macaron karamel dapat menjadi camilan saat santai ditemani secangkir kopi atau teh.

1. Bahan membuat macaron karamel

Resep Macaron Karamel, Ide Camilan Manis di Hari Spesialilustrasi tepung terigu (pixabay.com/vugarahmadov-16884529)

Bahan coque:

  • 50 gram tepung almon
  • 40 gram gula halus
  • 40 gram putih telur
  • 40 gram gula pasir
  • pewarna makanan cokelat secukupnya

Bahan karamel:

  • 45 gram gula pasir
  • 15 gram air
  • 140 gram whipping cream
  • 15 gram mentega tawar

2. Campur tepung almon dengan bahan lainnya

Resep Macaron Karamel, Ide Camilan Manis di Hari Spesialilustrasi adonan (YouTube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Saring tepung almon, gula halus, dan gula pasir agar tidak ada serbuk yang menggumpal. Siapkan wadah untuk membuat adonan coque.

Setelah itu, masukkan putih telur, lalu kocok dengan mikser hingga sedikit mengembang. Tambahkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil dikocok. Kemudian, tambahkan sedikit pewarna makanan cokelat. Aduk kembali hingga merata.

Tambahkan tepung almon, gula halus, dan gula pasir yang telah disaring tadi. Aduk semua bahan menggunakan spatula hingga tercampur merata. Kemudian, masukkan adonan ke dalam pipping bag.

3. Cetak adonan dan panggang dalam oven 

Resep Macaron Karamel, Ide Camilan Manis di Hari Spesialilustrasi adonan dalam loyang (YouTube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Siapkan cetakan macaron dan loyang. Taruh cetakan macaron di atas loyang. Tuang adonan coque di atas cetakan tersebut.

Selanjutnya, hentakkan loyang berisi adonan coque tadi. Hal ini bertujuan agar tidak ada gelembung udara di dalam adonan. Jika sudah, diamkan adonan pada suhu ruang selama kurang lebih satu jam hingga bagian permukaan atasnya mengering.

Setelah itu, panggang adonan tersebut dalam oven. Panggang dengan suhu sebesar 130 derajat Celsius selama kurang lebih 15 menit. Setelah matang, angkat dan diamkan pada suhu ruang.

Baca Juga: Resep Macaron Cokelat yang Simpel, Cocok untuk Pemula

4. Masak adonan karamel untuk isian

Resep Macaron Karamel, Ide Camilan Manis di Hari Spesialilustrasi adonan caramel (YouTube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Siapkan panci kecil, lalu masukkan gula pasir dan air sesuai takaran. Nyalakan kompor, lalu masak menggunakan api kecil. Setelah mendidih dan gulanya larut, matikan kompor dan angkat. Tambahkan whipping cream.

Setelah itu, masak kembali dengan api kecil. Masak hingga mendidih, lalu tambahkan mentega tawar. Aduk hingga merata. Setelah matang, segera angkat. Jika sudah dingin, masukkan karamel ke dalam piping bag.

5. Susun coque dan karamel seperti sandwich 

Resep Macaron Karamel, Ide Camilan Manis di Hari Spesialmacaron caramel (YouTube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Siapkan kepingan coque dan karamel yang telah dibuat tadi. Susun bahan-bahan tersebut seperti sandwich. Ambil satu keping coque, lalu beri karamel di atasnya. Kemudian, tumpuk atau tutup dengan kepingan coque yang lain.

Setelah itu, lakukan langkah ini hingga habis. Kemudian, masukkan macaron karamel ke dalam kulkas. Macaron karamel siap dinikmati untuk acara spesial, deh.

Perpaduan rasa yang manis dan lembut dari macaron karamel ini dijamin bikin ketagihan. Selain dimakan sendiri, macaron karamel ini bisa jadi sajian di hari spesial, lho. Yuk, bikin sendiri di rumah!

Baca Juga: 6 Tips Bikin Macaron yang Bulat Sempurna, Gak Bakal Pecah!

Diana A Z Photo Verified Writer Diana A Z

be grateful

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya