Comscore Tracker

Resep Marshmallow Cheesecake, Cocok untuk Kue Ultah

Tekstur lembutnya bikin ketagihan

Cheesecake menjadi salah satu dessert yang mudah dibuat. Pasalnya, kamu tak perlu repot-repot menggunakan oven untuk membuat makanan manis ini. Banyak varian cheesecake yang bisa dikreasikan. Jika kamu pencinta marshmallow, kamu dapat mengolahnya menjadi marshmallow cheesecake.

Penasaran dengan cara membuatnya? Simak, resep lengkapnya di bawah ini, yuk!

1. Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan 

Resep Marshmallow Cheesecake, Cocok untuk Kue Ultahilustrasi mentega (pixabay.com/users/rodeopix-8160011)

Bahan-bahan yang digunakan dibagi menjadi dua yakni bahan cheesecake dan bahan marshmallow. Rinciannya adalah sebagai berikut.

Bahan cheesecake:

  • 80 gram biskuit gandum
  • 35 gram mentega tawar cair
  • 400 gram cream cheese
  • 150 gram susu kental manis
  • 10 gram perasan lemon
  • 3 gram esktrak vanila
  • 9 gram gelatin
  • 250 gram heavy cream
  • Pewarna makanan (ungu, biru, kuning, dan merah) secukupnya

Bahan marshmallow:

  • 125 gram gula pasir
  • 50 gram air
  • 25 gram sirup jagung
  • 1 butir putih telur
  • 9 gram gelatin
  • Sprinkles

2. Hancurkan biskuit menjadi remahan untuk lapisan bawah cheesecake 

Resep Marshmallow Cheesecake, Cocok untuk Kue Ultahilustrasi adonan (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Cheesecake terdiri dari beberapa lapisan. Bagian bawahnya berasal dari biskuit yang telah dihancurkan. Langkah pertama yaitu siapkan cetakan berbentuk bulat dengan diameter 15 cm. Kemudian hancurkan biskuit gandum hingga menjadi remahan yang halus.

Setelah itu campurkan dengan mentega cair yang telah dilelehkan. Aduk kedua bahan hingga menyatu. Kemudian masukkan remahan biskuit tersebut ke dalam cetakan. Tekan adonan pada cetakan tersebut hingga memadat. Kemudian masukkan ke dalam kulkas.

3. Buat lapisan cheesecake dengan warna yang berbeda 

Resep Marshmallow Cheesecake, Cocok untuk Kue Ultahilustrasi adonan cheesecake (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Lapisan selanjutnya berasal dari cream cheese yang dicampur dengan bahan-bahan lainnya. Pertama, haluskan cream cheese dengan bantuan whisk. Setelah halus, tambahkan susu kental manis. Tambahkan juga perasan lemon dan esktrak vanila. Selanjutnya, tambahkan gelatin. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.

Kemudian tambahkan heavy cream. Sebelumnya dicampurkan kocok heavy cream terlebih dahulu hingga mengembang. Setelah mengembang, campurkan ke dalam adonan cream cheese yang telah dicampur bahan-bahan lainnya.

Lalu bagi adonan tersebut menjadi empat bagian sama rata. Setelah itu beri pewarna ungu, biru, kuning, dan merah secukupnya pada masing-masing adonan. Kemudian tuang adonan yang berbeda ke dalam cetakan yang berisi remahan biskuit tadi. Tuang adonan berwarna ungu lalu masukkan ke dalam kulkas selama 15 menit. Kemudian ulangi perlakuan yang sama dengan adonan yang berbeda warna.

Baca Juga: Resep Dalgona Cheesecake yang Lembut, Simpel Gak Pakai Oven

4. Buat mashmallow-nya 

Resep Marshmallow Cheesecake, Cocok untuk Kue Ultahilustrasi adonan marshmallow (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Siapkan panci. Masukkan gula, air, dan sirup jagung ke dalam panci tersebut. Masak hingga mendidih. Setelah itu, tuang ke dalam adonan putih telur yang telah mengembang. Selanjutnya tambahkan gelatin. Aduk semua bahan tadi menggunakan mixer hingga tercampur rata.

Tuang adonan marshmallow ini ke dalam cetakan kotak. Kemudian bersi taburan sprinkle di atasnya. Lalu diamkan pada suhu ruang hingga mengeras. Setelah jadi, potong marshmallow menjadi potongan kecil berbentuk dadu.

5. Susun marshmallow di atas cheesecake 

Resep Marshmallow Cheesecake, Cocok untuk Kue Ultahilustrasi marshmallow cheesecake (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Siapkan cheesecake yang telah didinginkan di kulkas. Kemudian beri potongan marshmallow di atasnya. Susun marshmallow secukupnya. Kemudian, potong marshmallow cheesecake sesuai selera. Marshmallow cheesecake siap dihidangkan.

Remahan biskuit, cream cheese, dan marshmallow menjadi perpaduan yang pas untuk manjakan lidah. Jadi, kapan kamu akan membuat marshmallow cheesecake ini di rumah?

Baca Juga: 5 Kreasi Jaffa Cheesecake yang Memadukan Rasa Legit dan Creamy

Diana A Z Photo Verified Writer Diana A Z

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya