Comscore Tracker

Resep Pancake Mangga yang Lembut dan Creamy, Cocok Jadi Kudapan Santai

Bisa jadi cara lain untuk menikmati mangga nih

Siapa tak tahu pancake? Pancake merupakan makanan yang dibuat dari bahan utama sederhana yakni tepung terigu, gula, dan telur. Bahan-bahan yang digunakan cukup sederhana. Cara membuatnya pun mudah.

Kini pancake bisa dikreasikan dengan berbagai bahan lain seperti krim dan aneka buah-buahan. Pancake mangga menjadi salah satu varian pancake yang wajib dicoba. Simak dan catat resep pancake mangga berikut ini ya.

1. Bahan-bahan yang disiapkan 

Resep Pancake Mangga yang Lembut dan Creamy, Cocok Jadi Kudapan Santaiilustrasi tepung terigu (pixabay.com/users/vugarahmadov-16884529)

Bahan adonan pancake:

  • 17 gram tepung terigu
  • 10 gram maizena
  • 8 gram gula bubuk
  • 80 gram susu
  • 1 butir telur
  • 3 gram mentega cair
  • Pewarna makanan kuning secukupnya

Bahan isian pancake:

  • 1 buah mangga
  • 100 gram whipped cream

2. Campurkan tepung terigu, gula, dan bahan lainnya 

Resep Pancake Mangga yang Lembut dan Creamy, Cocok Jadi Kudapan Santaiilustrasi adonan (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Cara membuat pancake mangga cukup mudah. Tak perlu membutuhkan waktu yang lama. Langkah pertama yakni dengan membuat adonan pancake. Siapkan bahan dan wadah. Masukkan tepung terigu, gula bubuk atau gula halus, dan susu cair ke dalam wadah tersebut. Aduk secara merata menggunakan whisk.

Pastikan tidak ada adonan yang menggumpal. Hal tersebut akan mempengaruhi tekstur pancake yang dihasilkan nanti.

Baca Juga: 5 Resep Pancake dan Cara Membuat Pancake yang Simpel dan Kekinian!

3. Tambahkan telur dan saring adonan 

Resep Pancake Mangga yang Lembut dan Creamy, Cocok Jadi Kudapan Santaiilustrasi adonan (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Setelah adonan diaduk rata, masukkan satu butir telur. Lalu tambahkan juga dengan mentega yang telah dilelehkan. Setelah semua bahan masuk ke dalam wadah, aduk dengan whisk. Pastikan semua bahan tercampur merata. Terakhir, tambahkan sedikit pewarna makanan berwarna kuning. Setelah itu aduk lagi hingga warnanya tercampur rata.

Setelah adonan pancake jadi, langkah selanjutnya adalah menyaring adonan tersebut. Saring adonan pancake hingga menghasilkan adonan cair yang halus. Semakin halus adonan, maka tekstur pancake yang dibuat akan semakin lembut.

4. Masak adonan dengan api kecil 

Resep Pancake Mangga yang Lembut dan Creamy, Cocok Jadi Kudapan Santaiilustrasi memasak adonan (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Selanjutnya adalah memasak adonan tadi. Siapkan teflon. Taruh teflon di atas kompor. Nyalakan kompor dengan api kecil. Olesi teflon dengan sedikit mentega atau minyak sayur. Hal ini dilakukan agar adonan tidak lengket saat dimasak.

Lalu tuang adonan setipis mungkin hingga menyelimuti permukaan teflon. Setelah matang angkat dan diamkan di suhu ruang. Lakukan langkah ini hingga semua adonan habis. Jika kamu ingin memasak sedikit, kamu dapat menyimpan adonan ini ke dalam kulkas.

5. Gulung pancake yang berisi krim dan mangga 

Resep Pancake Mangga yang Lembut dan Creamy, Cocok Jadi Kudapan Santaiilustrasi menggulung adonan (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Siapkan pancake, mangga, dan whipped cream. Pertama, kupas mangga terlebih dahulu. Kemudian potong mangga hingga menjadi potongan kecil berbentuk dadu. Setelah itu siapkan selembar pancake.

Lalu olesi dengan whipped cream secukupnya. Beri dengan potongan mangga di atasnya. Lalu lipat bagian pancake tersebut hingga berbentuk kotak. Lakukan hingga semua pancake habis. Setelah itu simpan pancake ini ke dalam kulkas selama kurang lebih satu jam. Pancake mangga siap dihidangkan.

Tekstur lembut dan creamy dari pancake mangga ini dijamin bikin lidah ngunyah terus. Kamu dapat menikmati kudapan manis ini saat sedang bersantai bersama keluarga atau teman. Selamat mencoba!

Baca Juga: Resep Pancake Pisang, Menu Sarapan Praktis dan Mengenyangkan

Diana A Z Photo Verified Writer Diana A Z

be grateful

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya