Comscore Tracker

Resep Pita Bread, Roti Khas Timur Tengah yang Manjakan Lidah

Cara membuatnya gampang banget, lho!

Pita bread atau roti pita merupakan makanan Timur Tengah. Roti ini biasanya disajikan dengan salad atau dressing sauce. Bentuknya yang tipis serta teksturnya yang lembut membuat roti ini cocok dijadikan menu sarapan.

Tak perlu berkunjung ke daerah Timur Tengah untuk mencicipi pita bread. Kamu bisa membuat makanan ini sendiri di rumah lho. Bahan-bahan yang dibutuhkan cukup sederhana. Cara membuatnya pun mudah. Catat resep roti di bawah ini ya!

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan 

Resep Pita Bread, Roti Khas Timur Tengah yang Manjakan Lidahtepung terigu (pexels.com/@katerina-holmes)

Untuk membuat pita bread, bahan-bahan yang dibutuhkan cukup simpel. Bahan-bahan tersebut dibagi menjadi dua yakni bahan adonan pita bread dan bahan dressing sauce. Rincian bahan-bahan tersebut adalah sebagai berikut.

Bahan pita bread:

  • 160 gram bread flour
  • 160 gram all purpose flour
  • 20 gram gula
  • 3 gram garam
  • 5 gram ragi kering
  • 190 gram air hangat
  • 20 gram minyak sayur

Bahan dressing sauce:

  • Parsley secukupnya
  • Minyak sayur secukupnya
  • Paprika yang telah dicincang secukupnya

2. Buat adonan pita bread 

Resep Pita Bread, Roti Khas Timur Tengah yang Manjakan Lidahilustrasi mencampur bahan (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Untuk membuat adonan pita bread, pertama, siapkan wadah. Lalu campurkan bread flour dan all purpose flour ke dalam wadah tersebut. Aduk kedua bahan hingga tercampur rata. Kemudian, tambahkan dengan gula, garam, dan ragi kering sesuai takaran. Setelah itu, aduk semua bahan menggunakan spatula. Lalu tambahkan air hangat dan minyak sayur. Aduk kembali hingga semua bahan tercampur.

Selanjutnya, uleni adonan dengan tangan. Uleni hingga adonan menjadi kalis. Setelah kalis, diamkan adonan selama kurang lebih 40 menit hingga mengembang. Pastikan wadah adonan ditutup dengan plastik wrap atau kain. Setelah mengembang, potong adonan menjadi empat bagian. Lalu bentuk adonan menjadi bulat. Kemudian diamkan adonan selama 15 menit agar mengembang.

3. Panggang adonan menggunakan teflon 

Resep Pita Bread, Roti Khas Timur Tengah yang Manjakan Lidahilustrasi memangang adonan (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Setelah adonan mengembang, maka adonan siap dipanggang. Gunakan teflon anti lengket untuk memanggang adonan. Jika tidak memiliki teflon anti lengket, gunakan teflon biasa lalu olesi dengan mentega agar adonan tidak menempel di teflon saat dipanggang.

Sebelum dimasak, pipihkan adonan roti yang telah mengembang tadi. Pipihkan dengan menggunakan alat penggilas. Pastikan semua sisinya rata. Setelah itu, panggang adonan menggunakan teflon. Gunakan api kecil dan jangan lupa untuk membalik adonan agar tidak gosong.

Baca Juga: 10 Menu Buka Puasa ala Timur Tengah, Banyak Olahan Daging!

4. Buat dressing sauce untuk olesan 

Resep Pita Bread, Roti Khas Timur Tengah yang Manjakan Lidahilustrasi dressing sauce (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Untuk membuat dressing sauce, siapkan daun parsley yang telah dicuci bersih. Lalu cincang daun parsely tersebut. Kemudian masukkan dalam wadah. Tambahkan dengan minyak sayur secukupnya. Lalu tambahkan juga paprika merah yang telah dicincang. Aduk semua bahan hingga tercampur rata.

5. Olesi pita bread dengan dressing sauce 

Resep Pita Bread, Roti Khas Timur Tengah yang Manjakan Lidahilustrasi mengolesi pita bread (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Setelah dressing sauce-nya jadi, olesi dressing sauce tersebut pada bagian atas pita bread. Pastikan olesan dressing sauce tersebut merata ke seluruh bagian pita bread. Setelah selesai, sajikan dan nikmati selagi hangat.

Cara membuatnya simpel banget ‘kan? Resep pita bread ini bisa jadi inspirasi buat camilan sore nih. Makanan ini juga semakin mantap dinikmati dengan secangkir teh lho. Langsung coba resep ini di rumah ya!

Diana A Z Photo Verified Writer Diana A Z

be grateful

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Kalyana Dhisty

Berita Terkini Lainnya