Comscore Tracker

Resep Pizza Keju Simpel, Keju Lumernya Manjakan Lidah 

Tiap gigitannya dijamin bikin bikin ketagihan

Pizza merupakan makanan khas Italia yang populer di berbagai negara. Kuliner ini umumnya terbuat dari adonan roti yang di atasnya diberi olesan saus tomat dan topping yang beragam. Tak perlu jauh-jauh ke Italia, nyatanya kini kamu pun bisa membuat pizza sendiri di rumah, kok!

Salah satu kreasi pizza yang simpel, tapi, nikmat banget adalah pizza keju. kelembutan pizza yang berpadu dengan lumernya keju dijamin bikin lidah ketagihan. Yuk, langsung baca dan catat resep pizza keju di bawah ini!

1. Siapkan bahan-bahan yang diperlukan 

Resep Pizza Keju Simpel, Keju Lumernya Manjakan Lidah ilustrasi tomat (pexels.com/@karolina-grabowska)

Bahan-bahan untuk membuat pizza keju cukup mudah ditemukan. Bahan-bahan tersebut adalah sebagai berikut.

Bahan adonan pizza:

  • 150 gram tepung terigu
  • 90 gram air
  • 9 gram gula pasir
  • 4 gram ragi
  • 3 gram garam
  • 10 gram minyak zaitun

Bahan saus tomat:

  • 400 gram tomat
  • ½ sdm bawang putih halus
  • 4 sdm bawang bombay cincang
  • 15 gram minyak zaitun
  • ½ sdt parsley
  • ½ sdt oregano
  • 2 sdm keju parmesan
  • 1 sdt gula
  • 1/3 sdt garam
  • Lada bubuk secukupnya

Bahan topping:

Keju mozzarella secukupnya

2. Buat adonan pizza dari tepung terigu dan bahan lainnya 

Resep Pizza Keju Simpel, Keju Lumernya Manjakan Lidah ilustrasi adonan (dok. youtube.com/table diary 식탁일기)

Siapkan wadah. Masukkan tepung terigu, gula, garam, dan ragi ke dalam wadah tersebut. Aduk hingga semua bahan tercampur. Tambahkan air sesuai takaran. Campur semua bahan tadi hingga menjadi adonan.

Uleni adonan tersebut dengan tangan selama kurang lebih satu menit. Uleni hingga adonan kalis. Kemudian, fermentasi adonan dengan cara mendiamkannya dalam wadah tertutup pada suhu ruang selama kurang lebih 20 menit. Setelah 20 menit, tambahkan minyak zaitun ke dalam adonan.

Uleni lagi hingga minyak zaitun menyatu dengan adonan. Kemudian, diamkan lagi adonan dalam wadah tertutup pada suhu ruang selama kurang lebih satu jam. Diamkan hingga adonan mengembang dua kali lipat dari sebelumnya.

Baca Juga: 5 Kreasi Hidangan yang Bisa Dibuat dari Adonan Pizza, Lezat! 

3. Buat saus tomat untuk olesan pizza 

Resep Pizza Keju Simpel, Keju Lumernya Manjakan Lidah ilustrasi saus tomat (dok. youtube.com/table diary 식탁일기)

Hancurkan tomat hingga halus. Kemudian, masukkan ke dalam panci kecil. Setelah itu, tambahkan bawang putih yang telah dihaluskan, bawang bombay cincang, dan keju parmesan sesuai takaran.

Tambahkan juga minyak zaitun, parsley, oregano, gula pasir, dan garam. Terakhir, masukkan lada secukupnya. Masak semua bahan-bahan tersebut hingga menjadi saus kental. Jika sudah, saus tomat pun siap digunakan.

4. Panggang adonan pizza yang telah diolesi saus tomat di atasnya 

Resep Pizza Keju Simpel, Keju Lumernya Manjakan Lidah ilustrasi mengoles saus tomat (dok. youtube.com/table diary 식탁일기)

Siapkan adonan yang telah difermentasi sebelumnya. Uleni adonan tersebut hingga adonan mengempis. Setelah itu, gilas adonan menjadi bentuk bulat pipih. Lipat bagian ujung adonan kurang lebih satu sentimeter. Kemudian, letakkan adonan di loyang yang sudah diberi alas baking paper.

Sebelum dipanggang, pastikan adonan telah ditusuk-tusuk dengan garpu. Hal ini bertujuan agar adonan tidak mengembung. Lalu, olesi adonan menggunakan saus tomat di atasnya. Panggang adonan pizza di oven bersuhu 190 derajat celcius selama 10 menit.  Pastikan oven yang digunakan sebelumnya sudah dipanaskan.

5. Beri topping keju mozzarella dan panggang kembali hingga matang 

Resep Pizza Keju Simpel, Keju Lumernya Manjakan Lidah ilustrasi memotong pizza keju (dok. youtube.com/table diary 식탁일기)

Setelah dipanggang sealama 10 menit, keluarkan adonan pizza dari dalam oven. Lalu, tambahkan topping keju mozzarella di atasnya.

Kemudian, panggang lagi adonan tersebut hingga keju meleleh. Panggang selama kurang lebih 7 menit dengan suhu 190 derajat.

Setelah matang dan kejunya meleleh, keluarkan pizza dari oven. Potong pizza keju menjadi enam bagian atau sesuai selera kamu. Kini pizza keju buatanmu pun sudah siap untuk dinikmati.

Asalkan kamu punya oven di rumah, bikin pizza sendiri di rumah jauh lebih mudah dari yang pernah kamu bayangkan sebelumnya. Yuk, coba praktikkan resep ini sebagai kudapan keluarga berikutnya!

Baca Juga: Resep Bangkerok Ketan Khas Sunda, Pizza Versi Lokal, nih!

Diana A Z Photo Verified Writer Diana A Z

be grateful

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya