Comscore Tracker

Resep Tiramisu Macaron, Aroma dan Rasa Kopinya Menggoda

Kudapan mungil yang cocok untuk ngemil nih

Macaron adalah salah satu kue kering asal Perancis yang berbentuk bulat kecil seperti sandwich yang memiliki krim di tengahnya. Macaron dibuat dari adonan meringue atau putih telur yang dikocok dengan gula dan diberi bahan-bahan lainnya seperti tepung almond dan lain sebagainya. Macaron cocok dijadikan kudapan manis pengganjal perut ketika lapar.

Saat ini aneka varian rasa macaron mudah ditemukan. Salah satu varian rasa macaron yang wajib dicoba adalah tiramisu macaron. Rasa kopi dan cokelat pada tiramisu macaron dijamin bakal memanjakan lidah. Buat kamu yang punya waktu luang, yuk, cobain buat tiramisu macaron sendiri di rumah! Simak resepnya di bawah ini ya!

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan 

Resep Tiramisu Macaron, Aroma dan Rasa Kopinya Menggodailustrasi bahan-bahan (pexels.com/@flora-westbrook)

Bahan-bahan untuk membuat tiramisu macaron dibagi menjadi tiga yaitu bahan coque (kue berbentuk tempurung), krim kopi, dan krim mascarpone. Rincian bahan-bahan tersebut adalah sebagai berikut.

Bahan coque:

  • 50 gram tepung almond
  • 40 gram gula halus
  • 40 gram putih telur
  • 49 gram gula
  • Essence kopi secukupnya
  • Bubuk kakao

Bahan krim kopi:

  • 50 gram dark chocolate
  • 25 gram whipping cream
  • 1 gram bubuk kopi instan

Bahan krim mascarpone:

  • 25 gram keju mascarpone
  • 5 gram gula
  • 25 gram whipped cream

2. Buat adonan coque 

Resep Tiramisu Macaron, Aroma dan Rasa Kopinya Menggodailustrasi adonan (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Pertama, siapkan wadah berukuran sedang. Masukkan putih telur ke dalam wadah tersebut. Lalu kocok dengan menggunakan mixer. Kemudian tambahkan gula sedikit demi sedikit. Kocok kembali dengan menggunakan mixer hingga mengembang. Selanjutnya tambahkan essence kopi secukupnya. Aduk kembali hingga tercampur rata.

Setelah itu, tambahkan tepung almond dan gula halus dengan cara diayak. Hal ini bertujuan agar tidak ada tepung yang menggumpal sehingga dihasilkan adonan yang lembut. Kemudian aduk semua bahan menggunakan spatula hingga tercampur rata.

Baca Juga: Resep Lemon Macaron, Rasa Manisnya Ampuh Bikin Mood Naik

3. Tuang adonan pada loyang atau cetakan macaron dan panggang 

Resep Tiramisu Macaron, Aroma dan Rasa Kopinya Menggodailustrasi menuang adonan (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Siapkan loyang atau cetakan khusus untuk macaron. Masukkan adonan coque tadi ke dalam piping bag. Lalu tuang adonan tersebut di atas loyang. Usahakan ukuran antar adonan yang dituang sama besar. Kemudian diamkan adonan sejenak hingga permukaan atasnya mengering.

Setelah bagian atasnya kering, panggang adonan coque dalam oven bersuhu 160 derajat celcius. Panggang selama kurang lebih 10 menit. Setelah matang, angkat dan dinginkan pada suhu ruang.

4. Buat krim kopi dan krim mascarpone 

Resep Tiramisu Macaron, Aroma dan Rasa Kopinya Menggodailustrasi krim (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Untuk membuat krim kopi, pertama lelehkan dark chocolate dan whipping cream. Setelah leleh, tambahkan bubuk kopi instan sesuai takaran. Kemudian aduk ketiga bahan tersebut hingga tercampur rata. Lalu masukkan dalam piping bag.

Untuk membuat krim mascarpone, haluskan keju mascarpone dalam wadah. Kemudian ambahkan dengan gula. Aduk kedua bahan hingga tercampur rata. Lalu tambahkan dengan whipped cream atau whipping cream yang telah dikocok dengan mixer. Setelah itu, aduk semua bahan hingga tercampur dan masukkan krim tersebut ke dalam piping bag.

5. Tumpuk dua coque hingga menyerupai sandwich 

Resep Tiramisu Macaron, Aroma dan Rasa Kopinya Menggodailustrasi tiramisu macaron (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Siapkan coque, krim kopi, dan krim mascarpone. Tuang krim kopi pada coque lalu beri krim mascarpone di tengahnya. Setelah itu, tumpuk dengan coque yang lain hingga bentuknya menyerupai sandwich.

Lakukan langkah ini hingga selesai dan masukkan ke dalam kulkas agar tiramisu macaron mengeras. Terakhir, balurkan tiramisu macaron pada bubuk kakao. Tiramisu macaron siap dinikmati.

Perpaduan rasa krim kopi dan krim mascarpone siap bikin lidah ketagihan. Tiramisu macaron ini dapat kamu simpan di kulkas agar tahan lama dan dapat dinikmati kapan saja. Selamat mencoba resep ini di rumah ya!

Baca Juga: Resep Oreo Macaron, Kudapan Mini yang Bikin Mood Meningkat

Diana A Z Photo Verified Writer Diana A Z

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya