Comscore Tracker

Resep Tiramisu Pound Cake, Tiap Gigitannya Bikin Ketagihan

Rasa kopinya nagih banget!

Pound cake dapat menjadi alternatif dessert yang mudah dibuat. Tak hanya mudah dibuat, bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat pound cake juga mudah didapatkan. Kue bertekstur lembut ini menggunakan bahan-bahan utama seperti mentega tawar, cream cheese, dan tepung terigu.

Kini pound cake bisa dikreasikan dengan berbagai rasa seperti cokelat, blueberry, tiramisu, dan lain sebagainya. Buat kamu pecinta kopi dan cokelat, tiramisu pound cake wajib banget untuk kamu coba.

Kalau ada waktu luang, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah, lho. Yuk, simak resep tiramisu pound cake di bawah ini!

1. Bahan-bahan yang digunakan 

Resep Tiramisu Pound Cake, Tiap Gigitannya Bikin Ketagihanilustrasi mentega dan tepung (pexels.com/@markusspiske)

Bahan-bahan untuk membuat tiramisu pound cake dibagi menjadi dua, yaitu bahan kue dan krim. Rincian bahan-bahan tersebut adalah sebagai berikut.

Bahan kue:

  • 150 gram mentega tawar
  • 75 gram cream cheese
  • 100 gram gula
  • Garam secukupnya
  • 150 gram telur
  • ½ sdt esktrak vanila
  • 1 sdt essence kopi
  • 165 gram tepung terigu
  • 8 gram bubuk kakao
  • 4 gram baking powder

Bahan krim:

  • 75 gram whipping cream
  • 15 gram gula
  • 100 gram cream cheese

2. Campurkan mentega tawar, cream cheese, dan bahan-bahan lain 

Resep Tiramisu Pound Cake, Tiap Gigitannya Bikin Ketagihanilustrasi adonan (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Siapkan wadah. Masukkan mentega tawar sesuai takaran ke dalam wadah tersebut. Haluskan mentega tawar dengan menggunakan whisk. Setelah halus, tambahkan cream cheese, lalu aduk kedua bahan tersebut. Tambahkan gula dan garam secukupnya. Aduk kembali hingga semua bahan tercampur rata.

Kemudian, tambahkan telur secara bertahap sambil adonan terus diaduk. Tambahkan ekstrak vanila dan essence kopi. Setelah itu, tambahkan tepung terigu, bubuk cokelat, dan baking powder. Aduk semua bahan menggunakan spatula hingga terbentuk adonan yang tercampur rata.

Baca Juga: 5 Kreasi Pound Cake dengan Berbagai Rasa yang Memanjakan Lidah

3. Tuang dalam loyang dan panggang hingga matang 

Resep Tiramisu Pound Cake, Tiap Gigitannya Bikin Ketagihanilustrasi menuang adonan (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Siapkan loyang berbentuk balok dengan ukuran kurang lebih sebesar 23 cm x 11 cm x 6 cm. Setelah itu, lapisi loyang tersebut dengan baking paper yang telah dipotong menyesuaikan ukuran loyang. Kemudian, masukkan adonan kue ke dalam loyang. Ratakan menggunakan spatula.

Panggang adonan tersebut dalam oven dengan suhu 180 derajat Celcius. Panggang selama kurang lebih 40 menit. Setelah matang, angkat dan diamkan di suhu ruang.

4. Buat krim olesan 

Resep Tiramisu Pound Cake, Tiap Gigitannya Bikin Ketagihanilustrasi krim (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Siapkan wadah. Tuang whipping cream dan gula ke dalam wadah tersebut. Kocok kedua bahan tadi menggunakan mixer hingga mengembang.

Kemudian, tambahkan cream cheese sesuai takaran. Aduk semua bahan menggunakan whisk hingga tercampur rata. Setelah jadi, masukkan krim ke dalam piping bag.

5. Olesi kue dengan krim yang telah dibuat 

Resep Tiramisu Pound Cake, Tiap Gigitannya Bikin Ketagihanilustrasi tiramisu pound cake (dok. youtube.com/Cooking tree 쿠킹트리)

Rapikan bagian atas kue dengan menggunakan pisau. Kemudian, olesi dengan krim yang telah dibuat sebelumnya. Ratakan krim tersebut hingga menyelimuti permukaan atas kue.

Lalu, beri krim lagi di atasnya sebagai hiasan. Terakhir, taburi dengan bubuk kakao secukupnya. Potong tiramisu pound cake sesuai selera dan nikmati bersama keluarga serta kolega terkasih.

Tiramisu pound cake cocok untuk menemani waktu senggang. Tekstur kue yang lembut serta cita rasa kopinya dijamin bakal bikin kamu ketagihan dengan kudapan yang satu ini. Langsung cobain resep ini di rumah, ya!

Baca Juga: Resep Lemon Pound Cake yang Empuk, Gak Kalah Enak dari Kue Lain!

Diana A Z Photo Verified Writer Diana A Z

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya