Comscore Tracker

5 Fakta Lapis Legit, Kue Tradisional Indonesia yang Lezatnya Mendunia

Jadi simbol kemakmuran yang tiada habisnya

Dijuluki kue seribu lapis atau thousand layer cake, lapis legit merupakan kue asal Indonesia yang kerap menjadi jamuan pada hari raya. Sebut saja Idulfitri, Natal, hingga Tahun Baru Imlek dimana kamu bisa melihat lapis legit dihidangkan untuk para tamu. Gak jarang pula, kue dengan rasa rempah-rempah yang khas ini jadi sajian ketika sedang berada di momen santai. 

Tahukah kamu, ternyata lapis legit punya beberapa fakta menarik. Kalau penasaran, yuk guys pantengin 5 fakta seputar lapis legit berikut ini!

1. Lapis legit berkembang pada masa kolonial Belanda

5 Fakta Lapis Legit, Kue Tradisional Indonesia yang Lezatnya Menduniabakingsolution.com

Setelah penjajahan, banyak resep-resep kue yang diwariskan oleh Belanda kepada Indonesia sisalnya perkedel, kue cubit, kroket, serta kaasstengels. Lapis legit pun termasuk salah satunya.

Konon pada masa kolonial, kue lapis legit yang juga disebut dengan nama spekkoek ini dibuat oleh orang Belanda. Spekkoek sendiri memiliki makna harfiah kue lemak, dikarenakan lapisan-lapisannya menyerupai lemak babi. 

Resep spekkoek kemudian dimodifikasi oleh penduduk lokal agar cocok di lidah orang-orang Indonesia. Selanjutnya dikenal dengan nama lapis legit yang artinya kue lapis bercita rasa manis. 

2. Pembuatannya melalui proses panjang dan butuh ketelitian tinggi

5 Fakta Lapis Legit, Kue Tradisional Indonesia yang Lezatnya Menduniabakingsolution.com

Proses pembuatan lapis legit memiliki tingkat kesulitan yang tinggi lho, guys. Gimana enggak, kue dengan rupa-rupa warna layer ini mesti dilapisi 18 kali atau lebih secara bertahap. Demi membuat lapis legit, pembuatnya mesti mengontrol kue selama proses pembuatan yang berlangsung sekitar 4-6 jam. Waduh, lama juga ya? 

Selain itu, butuh ketelitian luar biasa ketika memanggang lapis legit. Bila ada gelembung dalam lapisannya, sang pembuat harus mengeluarkannya terlebih dahulu dari oven. Kemudian gelembung itu ditusuk satu per satu agar hilang dan menghasilkan lapis legit yang sempurna. 

Baca Juga: 5 Fakta dan Asal-usul Kue Nastar, Kudapan Khas Lebaran

3. Selain proses, bahan-bahan lapis legit yang premium bikin harganya relatif mahal

5 Fakta Lapis Legit, Kue Tradisional Indonesia yang Lezatnya Menduniaweelicious.com

Lapis legit umumnya membutuhkan bahan telur sebanyak 30-40 butir. Ada pula yang menggunakan telur ayam kampung dengan kuning telur warna oranye karena menghasilkan rasa yang lebih gurih. Dilihat dari proses pembuatan serta bahan-bahannya, gak heran kalau harga yang dipatok untuk sekotak lapis legit relatif mahal dibanding jenis kue basah lain.  

Biasanya, lapis legit dijual dengan skala harga ratusan ribu bahkan ada yang sampai jutaan, lho. Namun tetap saja gak nyesel beli karena rasanya yang enak bikin ketagihan, dan memang worth it

4. Dianggap sebagai simbol kemakmuran yang tiada habisnya

5 Fakta Lapis Legit, Kue Tradisional Indonesia yang Lezatnya Menduniathejakartapost.com

Menurut anggapan orang Tionghoa, lapis legit adalah simbol kemakmuran. Banyaknya layer pada kue basah tradisional ini diibaratkan sebagai rezeki yang berlapis-lapis dan gak ada habisnya. Dikarenakan memiliki makna yang baik dan mendalam, mungkin inilah salah satu alasan mengapa lapis legit kerap dihidangkan sebagai jamuan pada Tahun Baru Imlek. 

5. Dinobatkan sebagai salah satu kue nasional terenak di dunia versi CNN

5 Fakta Lapis Legit, Kue Tradisional Indonesia yang Lezatnya Menduniaindonesia.travel

Banyak yang belum tahu bahwa lapis legit sudah mendunia. Pola unik seperti zebra dan rasa yang kaya akan rempah-rempah membuat kue lapis legit memang layak dikenal dunia. Oleh CNN, kue dengan lapis-lapis khas dari Indonesia ini dinobatkan sebagai salah satu dari 17 kue nasional terlezat di dunia.

Gak tanggung-tanggung, lapis legit berada pada posisi ke-4 setelah Pavlova dari Selandia Baru, Swedish Prince Cake dari Swedia, dan Victoria Sponge dari Inggris Raya.

Well, itu dia fakta-fakta tentang lapis legit yang ternyata merupakan sajian istimewa khas Indonesia yang bahkan sudah go international. Jadi makin bangga dong tentunya sama kue tradisional satu ini?

Baca Juga: 5 Fakta Dibalik Cheesecake, Si Kue Terfavorit di Dunia 

Nurfi Photo Community Writer Nurfi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You