Comscore Tracker

Resep Chocolate Lava Cake ala Devina Hermawan, Dijamin Anti Gagal!

Cobain sekarang juga yuk 

Apa yang terlintas di kepalamu jika mendengar kata lava cake? Ya, lava cake merupakan salah satu variasi bentuk kue dengan ciri khasnya yang memiliki isian berbentuk cair, yang jika kuenya dibelah, maka isiannya tersebut akan tumpah bak gunung yang mengeluarkan lava.

Lava cake pun punya varian rasa. Salah satunya chocolate lava cake yang sangat diminati banyak orang. Memiliki cita rasa yang manis, berikut ini resep dan cara membuat chocolate lava cake ala Devina Hermawan. Simak baik-baik, ya!

1. Persiapkan bahan terlebih dahulu

Resep Chocolate Lava Cake ala Devina Hermawan, Dijamin Anti Gagal!ilustrasi bahan yang diperlukan (unsplash.com/@anniespratt)

Bahan utama: 

  • 100 gr butter
  • 100 gr dark chocolate, dicincang
  • 2 butir telur
  • 1 butir kuning telur
  • 40 gr gula pasir
  • 3 sdm tepung terigu protein sedang
  • 1/4 sdt garam
  • 1 sdm cokelat bubuk

Bahan olesan:

  • Mentega
  • Cokelat bubuk

2. Lelehkan butter dan dark chocolate

Resep Chocolate Lava Cake ala Devina Hermawan, Dijamin Anti Gagal!ilustrasi melelehkan butter (unsplash.com/@cameramandan83)

Untuk langkah pertama, lelehkan terlebih dahulu butter dengan api kecil. Setelah butter meleleh dengan sempurna, matikan api kemudian siram dark chocolate ke dalam lelehan butter yang masih panas tersebut. Tunggu sampai semuanya tercampur merata.

Tips and trick : tidak disarankan untuk melelehkan cokelat di atas api karena dapat membuat cokelat menjadi gosong.

3. Membuat adonan terigu

Resep Chocolate Lava Cake ala Devina Hermawan, Dijamin Anti Gagal!ilustrasi membuat adonan terigu (unsplash.com/@thecreative_exchange)

Selanjutnya, ambil wadah yang lebih besar lalu kocok telur bersama gula hingga berubah warna menjadi pucat dan gulanya larut. Lalu, masukkan tepung terigu dan cokelat bubuk kemudian aduk rata.

Baca Juga: Resep Biscoff Chocolate Mini Butter Cake, Memadukan Manis dan Renyah!

4. Campurkan cairan butter cokelat ke dalam adonan

Resep Chocolate Lava Cake ala Devina Hermawan, Dijamin Anti Gagal!ilustrasi adonan yang telah dicampur (unsplash.com/@alphabetania)

Setelah cairan butter dan cokelat telah tercampur dan dingin, masukkanlah ke dalam wadah yang berisi adonan. Selanjutnya aduk kembali hingga adonan berwarna cokelat dan semua tercampur rata.

5. Persiapan untuk memasak kue

Resep Chocolate Lava Cake ala Devina Hermawan, Dijamin Anti Gagal!ilustrasi memasak kue (YouTube/Devina Hermawan)

Setelah semuanya tercampur dengan rata, saatnya ke langkah terakhir yaitu memasak. Pertama, oleskan wadah yang ingin digunakan dengan mentega dan cokelat bubuk, lalu tuang 1/2 adonan dari wadah. Perlu diingat untuk 1/2 saja karena adonan akan mengembang, ya. Selanjutnya tutup dengan aluminium foil.

Kemudian panaskan wajan, lalu isi air dengan ketinggian kurang lebih 1/2 dari wajan. Masukkan lava cake ke dalam wajan dan rebus dengan api kecil selama 10 menit.

6. Chocolate lava cake siap dihidangkan

Resep Chocolate Lava Cake ala Devina Hermawan, Dijamin Anti Gagal!ilustrasi chocolate lava cake (instagram.com/thebigmansworld)

Setelah merebus selama 10 menit, keluarkan terlebih dahulu cake dari wadah. Kini, chocolate lava cake pun siap dihidangkan.

Untuk topping,  bisa disesuaikan dengan selera ya. Misalnya tambahan bubuk gula, ice cream, hingga buah-buahan segar seperti strawberry.

Nah, itu dia resep dan cara membuat chocolate lava cake ala Devina Hermawan. Mulai dari langkah pertama hingga langkah terakhir, semuanya sangat mudah dilakukan bukan? Kini, kamu pun dapat mencoba membuat kembali versimu di rumah. Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: 5 Ragam Lasagna Cake untuk Inspirasi Kudapan Dingin Menyegarkan

Nurul Huda Rahmadani Photo Verified Writer Nurul Huda Rahmadani

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya