Comscore Tracker

6 Pilihan Olahan Brussels Sprout, Sayuran Sehat yang Mirip Kol

Sudah pernah coba belum nih?

Sekilas melihat brussels sprout pasti mengingatkanmu pada kubis atau kol. Yup, brussles sprout memang sekilas mirip kubis dengan ukuran mini. Sayuran yang disebut sebagai subspesies kubis ini aslinya berasal dari Brussel, ibu kota Belgia.

Brussels sprout sendiri memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh lho. Namun meski demikian, belum banyak yang tahu bagaimana cara mengolahnya. Nah, di artikel ini akan dijelaskan tentang beberapa pilihan menu olahan brussels sprout yang bisa kamu coba. Yuk, simak!

1. Salad brussels sprout

6 Pilihan Olahan Brussels Sprout, Sayuran Sehat yang Mirip Kolgreensnchocolate.com/

Cara paling mudah mengolah brussels sprout adalah dengan dibuat salad. Caranya kamu hanya perlu mencuci brussels sprout dan sayuran lain sesuai selera seperti timun dan tomat misalnya, potong-potong dan sisihkan dalam wadah. Siapkan saus untuk salad  yang terbuat dari campuran mayones, cuka, gula lalu aduk-aduk dan campurkan saus ke dalam sayuran yang sudah disisihkan tadi. Setelah tercampur rata, tiriskan di piring dan tambahkan bubuk wijen.

2. Cah brussels sprout

6 Pilihan Olahan Brussels Sprout, Sayuran Sehat yang Mirip Kolsg.news.yahoo.com/

Cia atau cah merupakan olahan rumahan yang biasanya menggunakan sawi sendok atau bayam. Namun kali ini yang digunakan dalam menu cah adalah brussels sprout. Cara membuatnya yaitu siapkan bumbu dua bawang putih, garam, gula dan sedikit merica yang dihaluskan.

Cuci brussels sprout lalu iris menjadi dua bagian atau biarkan utuh. Tumis bumbu dan masukan irisan brussels sprout, tambahkan sedikit air lalu masak hingga 20 menit. Jika suka, kamu bisa menambahkan irisan daging asap atau kornet. Menu ini nikmat disantap dengan nasi putih hangat.

3. Brussels sprout krispi

6 Pilihan Olahan Brussels Sprout, Sayuran Sehat yang Mirip Koltheharvestskillet.com/

Resep kali ini adalah membuat brussels sprout krispi dengan cara di panggang. Pertama, pilihlah brussels sprout yang ukurannya lebih besar karena rasanya akan lebih manis. Potong brussels sprout menjadi beberapa bagian dengan ukuran yang sama. Siapkan bumbu minyak, garam dan merica yang diaduk hingga tercampur rata.

Letakkan potongan brussels sprout di loyang berlapis foil, lalu oleskan bumbu yang sudah dibuat. Panggang ke dalam oven selama 20 menit hingga empuk dan berwarna agak kecokelatan. Tiriskan ke dalam mangkuk dan sajikan dengan saus sesuai selera.

Baca Juga: Menggoda Selera Lho! Yuk Bikin Salad Salmon yang Enak dengan Resep Ini

4. Fuyunghai brussels sprout

6 Pilihan Olahan Brussels Sprout, Sayuran Sehat yang Mirip Kolindulgenteats.com/

Fuyunghai merupakan masakan khas yang berasal dari Tiongkok. Nah kali ini kamu juga bisa membuat fuyunghai dengan isian brussels sprouts. Langkah membuat fuyunghai cukup sederhana. Pertama membuat sausnya terlebih dahulu dengan menumis irisan bawang bombay hingga layu, lalu tambahkan saus tomat dan tepung maizena. Aduk hingga mengental dan matang.

Kedua, siapkan bahan baku telur, irisan brussels sprout, irisan bawang bombay, irisan tomat dan irisan daun bawang. Kocok telur dan campurkan bahan sayuran lalu diberi tambahan garam secukupnya. Jika sudah tercampur rata, goreng adonan hingga matang berwarna kuning keemasan. Tiriskan fuyunghai dan siram dengan saus yang telah dibuat.

5. Sup makaroni dengan brussels sprout

6 Pilihan Olahan Brussels Sprout, Sayuran Sehat yang Mirip Kolmyinvisiblecrown.com

Brussels sprout dapat dijadikan campuran masakan sup. Cara membuatnya yaitu siapkan bumbu yang terdiri dari bawang putih dan garam yang sudah dihaluskan. Siapkan bahan yang terdiri dari potongan brussels sprout, kentang, daun seledri, wortel dan makaroni rebus.

Tumis bumbu, masukan potongan kentang, wortel dan brussels sprout. Tambahkan air, tunggu hingga masakan dan mulai menguap. Langkah terakhir adalah masukan makaroni, lalu masak hingga matang.

6. Brussels sprout keju panggang

6 Pilihan Olahan Brussels Sprout, Sayuran Sehat yang Mirip Kolbettycrocker.com/

Olahan ini cocok bagi kamu yang sedang diet keto karena rendah karbohidrat. Cara membuatnya yaitu siapkan saus yang terbuat dari campuran keju parmesan, keju mozarela dan irisan bawang putih, lalu aduk hingga tercampur. Panaskan oven hingga 250F.

Potong brussels sprout menjadi beberapa bagian yang sama. Masukkan ke dalam loyang yang sebelumnya telah diolesi mentega. Siramkan saus keju yang telah dibuat, lalu tutup menggunakan kertas foil. Kemudian masukan ke dalam oven yang telah dipanaskan, tunggu beberapa saat, lepaskan penutup foil dan panggang dengan terbuka hingga bagian atas berubah warna menjadi kecokelatan. Proses pemanggangan dari awal hingga matang dengan alokasi waktu 15 menit.

Nah demikian beberapa pilihan menu olahan brussels sprout yang dapat kamu coba di rumah. Gimana, tertarik untuk segera mencoba?

Baca Juga: 5 Resep Makanan Sehat Saat Musim Hujan, Rasanya Enak dan Kaya Nutrisi 

Pagi Kusumardani Photo Verified Writer Pagi Kusumardani

When in doubt, pray it out!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya