Comscore Tracker

5 Resep Camilan Saat Musim Hujan, Bikinnya Super Gampang!

Langsung eksekusi aja nih

Ketika musim hujan, kamu mungkin akan lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Malas juga 'kan kalau hangout keluar rumah tapi malah kehujanan lalu sakit. Nah, mending santai di rumah aja nih, bisa baca buku atau nonton koleksi film-film kesayanganmu.

Eits, tapi kurang asyik nih kalau nggak ada camilan buat nemenin waktu-waktu santai di rumah. Pengen cobain resep-resep camilan yang simple tapi tetep enak? Cek resep-resep berikut ini deh!

1. Camilan yang bahannya gampang didapat? Cobain resep donat kentang

5 Resep Camilan Saat Musim Hujan, Bikinnya Super Gampang!theflavorbender.com

Hampir semua orang kayaknya suka donat ya. Selain cita rasa yang lezat dan empuk, manis dan lebutnya donat emang bikin nagih. Nah daripada jajan, mending bikin sendiri 'kan?

Bahan:

  • 500 g tepung terigu
  • 250 g kentang (kukus)
  • 50 g susu bubuk fullcream
  • 1 bungkus ragi instant (fermipan)
  • 100 g gula halus
  • 75 g mentega
  • ½ sdt garam
  • 4 butir kuning telur
  • 100 ml air dingin
  • sedikit fermipan

Cara membuat:

  1. Campurkan tepung terigu, gula, susu bubuk, dan fermipan menjadi satu lalu aduk rata. Masukan kentang kukus yang sudah dihaluskan, lalu aduk-aduk hingga merata.
  2. Masukkan kuning telur dan air dingin, lalu uleni adonan hingga rata dan setengah kalis. Lanjutkan dengan menambahkan mentega dan garam. Uleni adonan secara terus-menerus hingga kalis. Diamkan selama 15-20 menit. Tutup adonan menggunakan lap basah hingga adonan mengembang.
  3. Setelah adonan mengembang, buat bulatan-bulatan sedang. Jika ingin berlubang, buat lubang kecil di tengah lalu goreng dengan minyak panas di atas api sedang hingga warnanya berubah kuning keemasan. Sebaiknya, gunakan sumpit kayu atau bahan yang tidak mudah meleleh saat donat mulai mengembang, masukan sumpit di tengah lubang kecil donat sambil digoyang dengan berputar-putar sehingga lubang membesar dan rata.
  4. Angkat dan tiriskan. Hiasi dengan topping gula halus, coklat leleh, atau aneka topping yang lain.

2. Mudah diolah, sale pisang kering emang recomended nih

5 Resep Camilan Saat Musim Hujan, Bikinnya Super Gampang!primarasa.co.id

Camilan yang satu ini memang masuk golongan camilan tradisional, tapi soal rasa nggak perlu diragukan lagi. Selain manis, renyahnya juga bikin nagih lho. Yang pasti, bikin sale pisang ini bahan dan cara bikinnya simple banget guys!

Bahan:

  • 200 g tepung beras
  • 20 buah pisang ambon
  • 100 g tepung sagu
  • ½ sdt vanilli
  • 400 ml air
  • Air kapur sirih secukupnya
  • 5 sdm gula pasir

Cara membuat:

  1. Dalam wadah, campurkan tepung beras, tepung sagu, vanilli, air kapur sirih, gula pasir dan juga air. Aduk hingga tercampur rata.
  2. Iris memanjang tipis-tipis buah pisang yang sudah dikupas terlebih dahulu.
  3. Kemudian, jemur buah pisang di bawah sinar matahari hingga kering.
  4. Goreng pisang yang sudah dijemur kering tadi ke dalam minyak goreng hingga matang dan kering. Lalu, angkat dan tiriskan.
  5. Selanjutnya, celupkan irisan-irisan pisang yang sudah digoreng tadi ke dalam adonan yang sudah disiapkan.
  6. Goreng kembali hingga matang. Tiriskan.

Baca Juga: 6 Resep Creamy Popsicles dari Laura Vitale yang Yummy Abis, Gampang!

3. Sambil ngopi atau ngeteh, nikmat banget lho makan Dorayaki

5 Resep Camilan Saat Musim Hujan, Bikinnya Super Gampang!bakingsteel.com

Kue Dorayaki atau yang biasa kita kenal sebagai kue kesukaan doraemon ini memang nikmat banget buat teman minum teh atau kopi. Kue ini ternyata juga sangat mudah dibuat.

Bahan:

  • 3 butir telur
  • 100g gulapasir
  • 50 g madu
  • 150 ml susu hangat
  • 200 g tepung terigu
  • 5 g baking powder
  • 10 g coklat bubuk
  • 50 ml minyak sayur

Bahan isi:

  • 100 g kacang merah
  • 150 ml susu cair
  • 3 sdm gula pasir

Cara membuat adonan:

  1. Pertama, aduk-aduk telur, gula, madu, dan susu hangat hingga semua larut dan tercampur rata.
  2. Masukan terigu dan baking powder sambil diayak, campur hingga adonan rata.
  3. Tuang minyak sayur dan aduk lagi sampai semua tercampur rata.

Cara memasak:

  1. Panaskan wajan anti lengket atau teflon (ukuran ceplok telur), lalu berikan minyak tipis-tipis.
  2. Tuangkan adona dorayaki dengan menggunakan scop atau sendok kayu ke atas wajan dan biarkan hingga matang sempurna. Lakukan berulang sampai adonan habis.

Cara membuat isi:

  1. Rebus kacang merah hingga lunak, lalu angkat dan tiriskan. Haluskan.
  2. Selanjutnya, masak kembali kacang hingga sedikit mengental.
  3. Tambahkan susu cair dan gula pasir, masak sampai kental, lalu angkat dan dinginkan

Saat menyajikan, cukup ambil kue dorayaki yang sudah matang dan dingin, lalu beri olesan atau isian dorayaki. Kemudian, tutup dengan kue dorayaki yang lain. Lakukan proses ini sampai semua kue sudah di isi.

4. Tiramisu kukus enak banget jadi teman baca buku sambil santai di rumah

5 Resep Camilan Saat Musim Hujan, Bikinnya Super Gampang!cooking.nytimes.com

Pertama mendengar istilah tiramisu kukus mungkin akan sulit membayangkan. Biasanya, yang dikukus adalah semacam bolu atau brownis saja. Ternyata, tiramisu pun bisa dikukus dan cara pembuatannya juga mudah banget nih~

Bahan:

  • 120 g tepung terigu
  • 5 butir telur ayam
  • 110 ml minyak sayur
  • 128 g gula
  • 2 sendok makan rhum
  • Coklat bubuk sebagai hiasan atau taburan
  • 5 sdt emulsifier
  • 1 sdm kopi dengan kualitas bagus
  • Sedikit air panas

Cara membuat:

  1. Mulai dengan persiapkan kukusan yang sudah diolesi mentega atau minyak agar adonan nantinya tidak lengket.
  2. Campurkan emulsifier, telur dan gula dikocok hingga kental. Setelah itu masukkan rhum, minyak dan tepung terigu. Bagi adonan menjadi dua dan salah satunya diberi ekstrak air kopi.
  3. Adonan pertama yang tanpa kopi dikukus dahulu hingga matang dan angkat. Setelah itu tuangkan adonan yang sudah diberikan air kopi tadi di atasnya. Kemudian kukus kembali.  Taburi coklat bubuk untuk mempercantik kue. Setelah sekitar 10 menit, angkat dan sudah bisa disajikan selagi hangat.

5. Ngemil yang hangat dan crunchy, brokoli goreng aja nih!

5 Resep Camilan Saat Musim Hujan, Bikinnya Super Gampang!urbancookery.com

Pengen camilan yang nikmat tapi tetap sehat? Ada kok, bikin aja brokoli goreng yang pastinya gurih dan renyah. Coba deh cek bahan-bahannya di kulkas rumahmu, setelahnya langsung eksekusi di dapur ya!

Bahan:

  • 2-3 bonggol brokoli berukuran sedang, ambil kuntumnya saja
  • 4 sdm tepung terigu
  • 1 sdt maizena
  • Garam secukupnya
  • Merica secukupnya
  • Sedikit kaldu bubuk
  • 1 butir telur untuk celup

Cara membuat:

  1. Pertama-tama cuci dan rendam brokoli sampai bersih, lalu rebus hingga brokoli lebih empuk dan segar. Tiriskan.
  2. Selanjutnya, celupkan brokoli ke telur yg telah dikocok.
  3. Gulingkan ke adonan yang terdiri dari campuran tepung terigu, maizena, garam, merica dan kaldu bubuk.
  4. Goreng dengan minyak panas menggunakan api kecil. Angkat setelah gorengan menjadi kuning keemasan. Jangan lupa tiriskan di atas tisu penyerap minyak.

Nah, gimana? Gampang-gampang banget 'kan resep-resep di atas. Yuk ah daripada camilannya harus beli, mending masak sendiri. Enak, terjamin sehat, dan pastinya hemat guys! 

Baca Juga: Resep Membuat Kue Salju, Camilan Enak Saat Maraton Film di Rumah

Pagi Kusumardani Photo Community Writer Pagi Kusumardani

When in doubt, pray it out!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You