Comscore Tracker

Resep Brownies Cokelat Kukus untuk Mengawali Harimu, Bikin Semangat!

Jadi lebih hemat dan bisa makan sepuasnya

Siapa yang sih gak suka brownies? Kue cokelat ini biasa dijadikan camilan keluarga, bahkan saat acara-acara spesial. 

Biasanya brownies dijual dengan harga agak mahal. Kalau mau hemat, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Tenang, gak perlu memakai oven, kok.

Simak cara membuat dan resep brownies cokelat kukus tanpa oven di bawah ini!

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Brownies Cokelat Kukus untuk Mengawali Harimu, Bikin Semangat!medicalnewstoday.com

Bahan-bahan:

  • 300 gram gula
  • 240 gram mentega
  • 160 gram tepung terigu protein sedang
  • 150 gram DCC
  • 100 ml susu kental manis cokelat
  • 70 gram cokelat bubuk
  • 8 butir telur
  • 4 sendok teh SP
  • 2 sendok teh baking powder
  • 2 sendok teh bubuk vanili

2. Campurkan beberapa bahan di dalam wadah

Resep Brownies Cokelat Kukus untuk Mengawali Harimu, Bikin Semangat!foodnetwork.com

Gunakan metode tim untuk melelehkan mentega dan DCC. Gak perlu sampai mendidih, barulah dinginkan. Di sisi lain, campurkan tepung terigu, bubuk cokelat, dan baking powder. Ayak dahulu sebelum dicampurkan.

3. Mixer untuk mencampurkan semua bahan

Resep Brownies Cokelat Kukus untuk Mengawali Harimu, Bikin Semangat!tasteofhome.com

Kocok telur, gula, dan SP dengan mixer sampai mengembang. Tambahkan campuran tepung terigu, vanili, dan lelehan cokelat ke dalamnya. Gunakan mixer untuk mencampurkan kembali sampai merata.

Baca Juga: Resep Brownies Susu Cokelat Pakai Teflon, Anak Kos Bisa Ngemil Enak

4. Tuang adonan ke dalam loyang

Resep Brownies Cokelat Kukus untuk Mengawali Harimu, Bikin Semangat!butteryum.com

Ambil empat sendok makan adonan untuk dicampur dengan kental manis. Setelah itu, tuang setengah adonan ke dalam loyang yang telah diberi mentega dan tepung terigu. Kukus selama 10 menit, barulah tuang campuran kental manis.

5. Kukus sampai matang

Resep Brownies Cokelat Kukus untuk Mengawali Harimu, Bikin Semangat!thebigsweettooth.com

Kukus kembali selama sepuluh menit, sebelum menuangkan sisa adonan ke dalamnya. Masukkan kembali ke dalam panci kukusan, kemudian kukus selama setengah jam. Keluarkan dari loyang, brownies cokelat kukus siap disajikan!

Nah, itulah cara membuat dan resep brownies cokelat kukus yang sederhana. Gak perlu bahan atau alat yang ribet, bukan?

Baca Juga: Resep Brownies Pandan Kukus yang Enak, Teksturnya Lembut Banget

yummy-banner

Topic:

  • Prila Arofani
  • Dewi Suci R.
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya