Comscore Tracker

7 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Bikin Pancake, Jadi Bantat Deh!

Pantas saja gak bisa mirip sama yang di kafe-kafe

Bisa dibilang pancake merupakan makanan yang cukup menguji kesabaran. Kelihatannya simpel, dari segi bahan dan cara bikinnya. Ternyata begitu praktik, hasilnya jauh dari ekspektasi. Bahkan saat kita sudah pakai adonan instan yang banyak dijual di supermarket, tetap saja gagal dan  gak mirip dengan gambar di kemasannya.

Tapi jangan putus asa dulu, asal tau trips dan triknya, proses memasakmu bakal jauh lebih mudah. Salah satunya adalah menghindari tujuh kesalahan umum yang sering dilakukan di bawah ini.

1. Mengaduk adonan terlalu lama

7 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Bikin Pancake, Jadi Bantat Deh!chatelaine.com

Ini jadi kesalahan dasar yang sering banget dilakukan banyak orang. Karena gemas melihat gumpalan adonan yang kelihatannya kasar dan belum tercampur sempurna, kamu jadi mengaduknya terus-terusan sampai teksturnya halus. Padahal, semakin diaduk, gluten yang ada dalam tepung bakal bikin pancake tambah alot.

Demi pancake yang mengembang dan fluffy, aduk seperlunya saja, asal seluruh bahannya tercampur. Hiraukan gumpalan-gumpalan adonan yang terbentuk, karena akan hilang dengan sendirinya saat dipanggang. 

2. Menggunakan bahan di bawah standard

7 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Bikin Pancake, Jadi Bantat Deh!recipes.ilovepeanutbutter.com

Gak bisa dipungkiri, kalau ingin hasil terbaik, bahan yang digunakan harus baik pula. Selama bujetnya memadai, kamu bisa pilih bahan-bahan berkualitas tinggi, mulai dari tepung, telur, susu, sampai mentega. Karena itu semua akan mempengaruhi keseluruhan kualitas, mulai dari tekstur, rasa, hingga aroma.

3. Pengocok yang digunakan gak sesuai

7 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Bikin Pancake, Jadi Bantat Deh!chefsteps.com

Jenis pengocok yang kamu gunakan ternyata juga berpengaruh, lho. Pilih pengocok berbentuk bulat dengan kawat yang renggang. Tipe ini cocok untuk membuat pancake, karena renggang kawatnya akan menciptakan udara saat mengocok dan menjaga adonan tetap ringan.

4. Membiarkan adonan terlalu lama

7 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Bikin Pancake, Jadi Bantat Deh!joyofkosher.com

Setelah seluruh bahan tercampur, diamkan adonan selama lima menit sebelum dipanggang agar baking soda bekerja maksimal. Jangan biarkan adonan terlalu lama, apalagi dalam hitungan jam.

Baca Juga: 10 Dessert Terbaik di Seluruh Dunia, Ada Onde-onde dan Cendol Lho

5. Memasukkan terlalu banyak isian

7 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Bikin Pancake, Jadi Bantat Deh!tasteofhome.com

Biar gak bosan, seringkali kita menambahkan bahan campuran, seperti choco chips atau potongan buah ke dalam adonan. Tapi jumlahnya perlu diperhatikan supaya eksperimenmu gak berakhir tragis. 

Terlalu banyak isian bisa bikin adonan terlalu berat dan gak bisa mengembang. Selain itu, bahan-bahan tersebut biasanya akan mengendap di dasar pan  dan bisa meleleh atau gosong lebih dahulu. Jadi jangan harap bisa mendapat pancake dengan permukaan halus.

6. Memanggang menggunakan mentega

7 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Bikin Pancake, Jadi Bantat Deh!seriouseats.com

Kandungan susu dalam adonan akan cepat gosong kalau dipanggang dengan mentega. Untuk hasil terbaik, kamu bisa beralih pada minyak natural, seperti grapeseed oil atau canola oil.

Jangan menuang terlalu banyak minyak, cukup lapisi permukaannya saja. Bisa juga dengan cooking spray atau diolesi dengan kertas tisu.

7. Kapan waktu yang tepat membalik pancake?

7 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Bikin Pancake, Jadi Bantat Deh!electronicsmaker.info

Saat di permukaan adonan mulai terbentuk gelembung, itulah waktu yang tepat untuk membalik adonan pancake. Tapi perlu diperhatikan juga suhu memasak. Api terlalu besar jelas akan membuat dasar pancake gosong duluan sebelum gelembung terbentuk, tapi jika apinya terlalu kecil, gelembung akan tetap terbentuk padahal dasar pancake belum kecokelatan.

Memang cukup tricky, tapi yakin deh hasilnya bakalan enak banget. Jangan lupa cicipi dulu hasil pancake pertamamu sebelum memanggang adonan berikutnya ya. Selamat mencoba!

Baca Juga: 7 Makanan Enak dan Unik yang Muncul di Film Terkenal, Pernah Coba?

yummy-banner

Topic:

  • Putriana Cahya
  • Dewi Suci R.

Just For You