Comscore Tracker

Resep Pancake Bayam Sederhana, Ide Menu MPASI yang Lezat 

penuhi kebutuhan asupan gizi si kecil 

Ketika bayi sudah memasuki usia 6 bulan, ia sudah mampu mengonsumsi makanan pendamping, yaitu ASI (MPASI). Dalam satu takaran menu makanan bayi, ibu harus bisa memastikan makanan tersebut mengandung protein, lemak, dan serat. Ibu juga dapat mengenalkan sayur dan buah sejak bayi berusia 6 bulan.

Sayur dan buah memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembang si bayi. Untuk bayi usia 6–12 bulan jenis sayur dan buah yang bisa disajikan adalah bayam, brokoli, wortel, alpukat, pisang dan lainnya. Nah, untuk olahan yang variatif, ibu bisa memasak aneka menu MPASI yang menarik dan tentu bergizi agar anak lahap makan. Langsung kita simak, yuk, cara membuat pancake bayam sederhana yang bisa jadi kreasi menu MPASI yang lezat, berikut ini!

1. Siapkan bahan untuk membuat pancake bayam 

Resep Pancake Bayam Sederhana, Ide Menu MPASI yang Lezat ilustrasi sayuran bayam (pexels.com/Pixabay)

Sebelum membuat pancake, pastikan ibu menyiapkan bahan-bahannya, ya!

Bahan

  • Bayam secukupnya
  • 1 butir telur
  • 1 buah kentang
  • Duo bawang bumbu MPASI
  • Keju parut secukupnya
  • Mentega secukupnya

2. Kupas, cuci, dan rebus kentang hingga matang

Resep Pancake Bayam Sederhana, Ide Menu MPASI yang Lezat ilustrasi orang mencuci kentang (pexels.com/Polina Tankilevitch)

Pilih kentang yang besar ataupun kecil menyesuaikan dengan persediaan di rumah, ya. Cuci bersih kentang dengan air mengalir. Tiriskan sebentar agar kentang tidak begitu basah saat dikukus. Lalu, siapkan panci yang sudah diisi dengan air.

Gunakan api kompor sedang untuk mempercepat kematangan kentang. Kukus kentang hingga matang dan teksturnya lebih empuk. Angkat semua kentang yang sudah matang, kemudian pisahkan antara kulit dan dagingnya. Kentang yang benar-benar matang dan empuk akan lebih mudah dihaluskan, sehingga pada tahap pengukusan sebaiknya kentang harus matang sempurna. 

3. Haluskan kentang yang sudah dikukus

Resep Pancake Bayam Sederhana, Ide Menu MPASI yang Lezat ilustrasi kentang yang sudah dikukus (pexels.com/Daisy Anderson)

Kupas kulit kentang terlebih dahulu, lalu haluskan kentang dengan menggunakan sendok atau garpu biasa. Kamu bisa juga menggunakan blender untuk lebih mudahnya. Haluskan hingga lembut, lalu tiriskan dan pindahkan ke dalam wadah.

Siapkan bayam yang sudah dihaluskan. Lalu, campurkan di tempat yang sama dengan kentang. Aduk-aduk hingga merata. 

4. Campurkan bahan adonan pancake

Resep Pancake Bayam Sederhana, Ide Menu MPASI yang Lezat Pexels

Pecahkan satu telur ke dalam wadah ukuran sedang dan kocok lepas. Kemudian, langsung masukkan adonan bayam dan kentang yang sudah dihaluskan, dan keju parut. Pindahkan campuran adonan ke dalam wadah.

Jangan lupa untuk memasukkan duo bawang pada tahap adonan terakhir. Coba cicipi sedikit adonan pancake. Jika dirasa kurang, bisa menambahkan garam sedikit saja.

5. Panggang pancake di atas pan

Resep Pancake Bayam Sederhana, Ide Menu MPASI yang Lezat ilustrasi pancake bayam sederhana (pexels.com/Monstera)

Siapkan pan ukuran sedang. Masak di atas pan yg sudah dipanaskan. Kamu bisa membentuk adonan bulat atau bisa disesuaikan.

Selanjutnya, bolak balik hingga pancake bayam matang merata. Sebaiknya gunakan api kecil saja agar adonan tidak mudah gosong. Jika bagian luar sudah berwarna kecokelatan, tandanya pancake sudah matang dan siap untuk disajikan. 

Pancake bayam adalah menu MPASI yang mudah dibuat dan kaya akan asupan gizi agar bayi tetap sehat dan terjaga kekebalan tubuhnya dari penyakit. Ibu dapat mencoba di rumah sebagai ide makanan pengganti ASI untuk si kecil. Semoga berhasil, ya!

Baca Juga: 5 Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk MPASI, Hindari!

Qoni'ah Musallamah Photo Verified Writer Qoni'ah Musallamah

Jika ingin melihat dunia bacalah. Jika ingin diingat dunia menulislah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya